'Kafir' Bukan Hanya Dimaknai 'Non-Muslim' Saja, Tapi Beragam

gambar: inspiringalquran.com
Pembahasan Munas dan Konbes NU 2019 berbuah bola panas yang digoreng gosong oleh beberapa pihak. Menanggapi kasus takfiriyah (mengkafirkan orang lain)  yang marak belakangan ini membuat NU, dalam Bahsul Masail-nya, membahas tentang status non-muslim Indonesia sehubungan dengan penamaan “kafir” dalam Islam. Hasilnya NU mengusulkan untuk  tidak menyebut orang yang beragama selain Islam sebagai kafir, tetapi “non-Muslim”.

Pro dan Kontra ramai menanggapi keputusan NU tersebut, bahkan ada yang mengatakan bahwa cara berpikir NU tentang hal ini menyesatkan. Seperti yang di ungkapkan Sekretaris Jenderal Forum Ulama Islam (FUI), Muhammad Al Khaththah  mencurigai adanya motif politik.

"Saya punya perkiraan, ada hoaks baru yang mengatakan bahwa kafir dianggap memiliki nilai negatif. Padahal menurut Islam, istilah kafir ini diungkapkan yang jauh lebih netral," kata Khaththath seperti yang dilansir cnnindonesia.com (2/3/19).

Baca Juga: Alasan Munas NU Soal Kafir yang Jadi Non-Muslim

Di lain pihak, Novel Bamukminin, salah satu tokoh Front Pembela Islam (FPI) menilai tidak ada kekerasan teologi dalam penyebutan kafir seperti yang menjadi alasan Sidang Komisi Bahstul Masail Munas NU dalam keputusan tidak menyebut non-Muslim sebagai kafir. Menurutnya, Indonesia sudah cukup diikat dengan Bhinneka Tinggal Ika dan Pancasila untuk menjaga toleranasi.

Padahal, keputusan NU tidak menggunakan term kafir untuk non-Muslin tersebut bukanlah tanpa alasan.  Menilik literatur kebahasaan, term kafir sebenarnya memiliki banyak makna. Tidak hanya bersifat teologi yang berhubungan dengan keagamaan. Penyebutan kafir disesuaikan dengan konteks peristiwa yang membersamainya.

Makna Plural Kafir

Dalam Lisan Al Arab karya Ibnu Mandzur, Kafir (plural: kuffâr) berasal dari kata kafara-yakfuru-kufran. Setidaknya ada empat klasifikasi mengenai makna kafir. Pertama, Kafir Inkar ialah orang yang tidak mengenal Allah, sekalipun mengenal, kafir inkar tidak mau mengakui-Nya.

Kedua Kafir Juhud, ialah orang yang mengingkari Allah dengan lisannya karena tidak mengenal Allah dengan hatinya.

Ketiga Kafir Nifaq, ialah orang yang munafik, mengakui dengan lisan tentang keesaan Allah, namun hatinya memberontak.

Terakhir, Kafir Inad. Jenis kafir ini berkebalikan dengan Kafir Nifaq di mana mengingkari keesaan Allah dengan lisan namun mempercayai Allah sepenuh hati meskipun tidak mau mentaati ajaran-Nya.

Para pengkritik keputusan NU tersebut nampaknya hanya menilai berdasarkan emosi semata, bukan dengan alasan yang jelas. Tidak mau mengklarifikasi dan mengidentifikasi makna term kafir yang dimaksudkan dalam Munas NU.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kafir  memiliki banyak makna. Hal ini menunjukan bahwa tidak serta merta dapat mengglobalkan kata kafir kepada orang-orang non-Muslim saja dan menyakiti mereka dengan sebutan itu. Bahkan term kafir tidak hanya berarti keempat  makna di atas. Dalam al-Qur'an pun, kata kafir juga merujuk kepada orang-orang yang tidak mensyukuri nikmat Allah, seperti yang termaktub dalam  QS Al-Lukman Ayat 12.

وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُلِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ  

Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu, "Bersyukurlah kepada Allah! Dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Maka, sudahkah kita mensyukuri segala yang diberikan-Nya? Atau alih-alih mengkafirkan orang lain, justru diri kita sendiri adalah orang kafir itu sendiri?

Lebih dalam, di posisi manakah jika kemudian muncul istilah Muslim Kafir, dan Kafir yang Muslim? [Adha]

Artikel Lain:

Al-Qur'an dan Politik Akal Sehat

Selain Soal "Kafir" yang Viral, Ini Tema-tema Lain yang Juga Dibahas dalam Munas NU

Komitmen NU Menolak Pemahaman Islam Radikal demi Menjaga Keutuhan NKRI

Ironi Masyarakat Tekstual

Wantimpres RI: Ada Empat Perubahan Fundamental yang Menuntut Mindset Baru

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,132,Berita,789,cerpen,19,Dosen,3,EkspreShe,22,Essay,71,Generasi Milenial,19,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,18,Keagamaan,4,Kesehatan,4,Mahasiswa,16,Oase,155,Opini,134,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,65,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,28,Surat Pembaca,7,Teknologi,6,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,22,Zodiak,1,
ltr
item
IDEApers: 'Kafir' Bukan Hanya Dimaknai 'Non-Muslim' Saja, Tapi Beragam
'Kafir' Bukan Hanya Dimaknai 'Non-Muslim' Saja, Tapi Beragam
Pro dan Kontra ramai menanggapi keputusan NU tersebut, bahkan ada yang mengatakan bahwa cara berpikir NU tentang hal ini menyesatkan. Seperti yang di ungkapkan Sekretaris Jenderal Forum Ulama Islam (FUI), Muhammad Al Khaththah mencurigai adanya motif politik.
https://4.bp.blogspot.com/-A9gsKKYNMw8/XIiii79qClI/AAAAAAAAHN0/I9Gaj6G9IOAY6mmlW11cjdOW5kgF46qBACK4BGAYYCw/s1600/%2527Kafir%2527-Bukan-Hanya-Dimaknai-%2527Non-Muslim%2527-Saja-Tapi-Beragam.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-A9gsKKYNMw8/XIiii79qClI/AAAAAAAAHN0/I9Gaj6G9IOAY6mmlW11cjdOW5kgF46qBACK4BGAYYCw/s72-c/%2527Kafir%2527-Bukan-Hanya-Dimaknai-%2527Non-Muslim%2527-Saja-Tapi-Beragam.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/03/kafir-bukan-hanya-dimaknai-non-muslim-tapi-beragam.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/03/kafir-bukan-hanya-dimaknai-non-muslim-tapi-beragam.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin