10 Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir



Bagi kamu yang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, dan meneruskan kuliah di universitas berbasis agama Islam jangan khawatir lagi. Jurusan yang mendalami ilmu agama Islam, khususnya Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir bisa mendapatkan peluang atau prospek kerja yang menjanjikan.

Selain kamu bisa mempelajari ayat Al- Qur’an dan Hadis serta menafsirkannya, juga bisa digunakan untuk penerapan dalam kehidupan bermasyarakat saat ini. Kamu juga bisa melanjutkan kehidupan dengan baik di masa depan setelah lulus.

Berikut prospek mahasiswa jurusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir

1. Dai/Mubaligh

Lulusan dari jurusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir, pasti memiliki pengetahuan tentang agama Islam yang cukup luas dan bisa disebarkan kepada masyarakat luas. Pelajaran selama delapan semester bisa kamu amalkan dengan pekerjaan berikut. Soal gaji, kamu tidak perlu khawatir, penghasilan akan kamu dapatkan setiap kali menghadiri kegiatan untuk memberi kajian.

2. Pegawai Kemeterian Agama 

Buat lulusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir juga mempunyai kesempatan untuk masuk di pemerintahan juga, terutama pada posisi yang tidak jauh dari keagamaan., misalnya Kementerian Agama. Karena keterampilannya dan pengalamannya juga dalam hal menyelesaikan masalah dalam hal keagamaan, membuat lulusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir banyak diburu dalam pekerjaan ini. Untuk kisaran gaji pegawai kementerian Agama bisa mencapai puluhan juta rupiah.

3. Peneliti

Ilmu mengenai penafsiran baik dalam hal hadist ataupun Al-Qur'an, merupakan ilmu yang masih banyak membutuhkan kontribusi dari para peneliti yang kompeten. Dengan pengalaman yang didapatkan selama praktikum lapangan bisa menimbulkan keterampilan dalam hal meneliti. Kisaran penghasilan dalam bidang ini, bervariatif sesuai dengan proyek yang dikerjakan.

4. Qori'

Pengetahuan mengenai bacaan-bacaan Al-Qur'an yang kamu dapatkan dari jurusan ini, bisa membuatmu menjadi qori' yang mengisi di berbagai acara. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kompetisi qori dan mendapatkan banyak prestasi.

5. Guru 

Selanjutnya, lulusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir juga mempunyai peluang untuk menjadi pengajar atau pendidik. Misalnya, kamu bisa mengajar di bidang keagamaan atau mengajar ngaji. Penghasilan dari pekerjaan ini, tidak sebanyak gaji dari seorang peneliti, yaitu sekitar Rp. 400.000,-.

6. Guru Madrasah 

Selain menjadi guru formal di sekolahan atau guru ngaji di sebuah TPQ, bagi kalian lulusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir juga bisa menjadi pengajar di sekolahan informal, yaitu di sekolah diniyyah. Sekolah yang hanya diajarkan ilmu keagamaan saja bisa menjadi peluang bagus untuk lulusan dari jurusan ini. Untuk gaji, tidak tanggung-tanggung bisa mencapai Rp. 1.500.000,-.

7. Mentor Membaca Al-Qur'an 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, lulusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir juga bisa mempunyai peluang bekerja sebagai pengajar. Saat ini, banyak orang yang membutuhkan jasa guru atau mentor secara privat untuk mengajari mereka ilmu membaca Al-Qur'an. Jasa ini tidak hanya dibutuhkan untuk anak kecil saja, tapi juga orang yang sudah lanjut usia, sangat membutuhkan pengajar di bidang ini.

8. Lembaga Islam

Ada banyak lembaga-lembaga Islam yang memiliki tugas untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan Islam, misalnya MUI. Para sarjana Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir sangat berpotensi mengisi berbagai posisi di lembaga-lembaga Islam ini. Karena pengalaman dalam hal menangani masalah keagamaan, dan ilmu yang didapatkan selama kuliah.

9. Pengurus Pondok Pesantren

Berasal dari pondok pesantren dan akan kembali ke pondok pesantren lagi. Begitu kehidupan dari lulusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir. Lulusan dari jurusan ini juga dibutuhkan di dunia pesantren untuk membantu para siswa menjawab berbagai permasalahan dan tantangan dunia kontemporer. Sehingga para siswa dari pondok pesantren bisa lebih mempunyai banyak wawasan tentang ilmu keagamaan di era sekarang ini.

10. Pengusaha

Sebagai lulusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir, kamu tidak melulu berpeluang bekerja dalam bidang keagamaan, tapi juga bisa merambah hingga dunia bisnis. Dengan memiliki pemahaman berbisnis dengan konsep syariah dan dengan tata cara yang diajarkan oleh Al-Qur'an dan Hadist. Penghasilan yang kamu dapatkan jika bisa terjun di dunia bisnis, sangat besar tergantung dengan bisnis yang sedang kamu kerjakan.

Nah, itulah 10 prospek kerja mahasiswa jurusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir. Kamu jangan pernah minder karena belajar dalam bidang keagamaan. Kamu tetap memiliki peluang kerja dan masa depan yang jelas sama halnya mahasiswa dari jurusan lainnya.
[Fine Jannati]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,260,Beasiswa,1,Berita,1103,buku,2,cerpen,23,Corona virus,51,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,36,Keagamaan,32,Kesehatan,17,Komunikasi,2,Kuliah Online,7,Mahasiswa,219,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,7,Oase,265,Opini,185,opini mahasiswa,7,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,96,Resensi,16,Resensi Buku,16,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,64,Semarang,36,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,267,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: 10 Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir
10 Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir
Lulusan dari jurusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir, pasti memiliki pengetahuan tentang agama Islam yang cukup luas dan bisa disebarkan kepada masyarakat luas. Pelajaran selama delapan semester bisa kamu amalkan dengan pekerjaan berikut. Soal gaji, kamu tidak perlu khawatir, penghasilan akan kamu dapatkan setiap kali menghadiri kegiatan untuk memberi kajian.
https://1.bp.blogspot.com/-5g2jfH_5XzQ/X1yTcW_N-AI/AAAAAAAAK7s/qJOIROdFJIEY4ECveH8Sk4QyklKco7d8QCK4BGAYYCw/s640/iat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5g2jfH_5XzQ/X1yTcW_N-AI/AAAAAAAAK7s/qJOIROdFJIEY4ECveH8Sk4QyklKco7d8QCK4BGAYYCw/s72-c/iat.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/09/10-prospek-kerja-mahasiswa-jurusan-ilmu-alquran-dan-tafsir.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/09/10-prospek-kerja-mahasiswa-jurusan-ilmu-alquran-dan-tafsir.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin