Jurang Informasi Media Sosial

Sumber: Istimewa 
Munculnya media sosial telah menjadi wadah komunikasi dan interaksi seseorang satu sama lain. Terlebih dalam masa Pandemi Covid-19, di mana segala aktivitas sudah dialihkan menggunakan sistem online. Hal tersebut mengakibatkan mobilitas sosial perlahan tersendat serta belum sepenuhnya pulih kembali.

Tak ayal dari situlah masyarkat semakin akrab dengan smartphone. Mereka meng-explore ruang bebas berekspresi pada laman media sosial ketika dihantui kebosanan #dirumahaja. Beragam hal dilakukan untuk mengusir rasa jenuh dan menghibur diri, mulai bermain aplikasi TikTok, menonton vidio di YouTube, sampai melampiaskan kekesalan di media sosial masing-masing.

Media sosial yang menjadi ruang kebebasan dalam menyampaikan pendapat, terkadang tidak luput dari manipulasi. Kita sebagai konsumen, perlu memverifikasi konten yang ada. Agar tidak menjadi korban hoaks dan disinformasi.

Baca Juga: Candu Medsos Setingkat dengan Candu Narkoba, Benarkah?

Di tengah Pandemi Covid-19 ini, media sosial Di tengah Pandemi Covid-19 ini, media sosial juga ramai menampilkan informasi seputar hal tersebut. Mulai dari teori konspirasi, oknum di balik corona, hingga penemuan obat herbal untuk mencegah penyebarannya. Informasi yang masih samar tak jarang pula dijadikan konten didalam platform digital.

Berbagai informasi yang masih bias kerap kali membuat resah bahkan menjadi kontroversi. Seperti konten vidio YouTube musisi Anji mengenai penemuan obat Covid-19. Pasalnya riwayat pendidikan medis dari narasumber belum jelas sehingga otoritas keilmuannya masih diragukan. Alhasil selain konten tersebut di-take down, narasumber beserta YouTuber dalam vidio wawancara juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena dianggap menyebarkan berita bohong (Tirto.id, 04/08/20).

Baca Juga: Media Sosial; antara Cinta dan Benci

Kasus di atas dapat dijadikan pembelajaran bagi semua orang agar lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Terutama bagi influencer untuk mempertimbangkan membuat konten. Karena dapat berdampak menggiring opini publik. Apalagi konten berisikan Covid-19 yang nyaris seluruh elemen masyarakat dunia merasakan dampaknya. Alangkah baiknya, influencer mengusung konten bernilai positif yang dapat memberikan edukasi kepada masyarakat.

Di sinilah pentingnya menyaring informasi ketika berselancar di media sosial. Dimulai dengan mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya. Tujuannya supaya lebih mudah menyaring informasi dari suatu media. Setelah itu, harus cross check isi konten dengan literatur buku maupun beragam sumber lainnya.

Baca Juga: Negara dan Platform Media Sosial

Meski begitu, kembali kepada pribadi masing-masing. Apakah ingin tetap menjadi konsumen yang menelan mentah-mentah suatu informasi ataukah konsumen kritis yang melakukan verifikasi terlebih dahulu. Media sosial memang tempat berekspresi bagi siapapun. Namun apabila menyampaikan pendapat, haruslah memperhatikan kapasitas pengetahuan yang kita miliki. Tidak semua hal dapat kita komentari. Jangan sampai hanya ingin terlihat eksis, kita berujung menggiring publik ke dalam jurang informasi yang palsu.
[Rida Fahima]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,251,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,34,Keagamaan,30,Kesehatan,16,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,210,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,6,Oase,257,Opini,184,opini mahasiswa,6,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,96,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,64,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,264,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Jurang Informasi Media Sosial
Jurang Informasi Media Sosial
Media sosial yang menjadi ruang kebebasan dalam menyampaikan pendapat, terkadang tidak luput dari manipulasi
https://1.bp.blogspot.com/-Mpf7oUpVK4w/X0VO1GMd2rI/AAAAAAAAK1M/H3M0McknDUsE6IT3VD5y2jI9hOjSSg4twCLcBGAsYHQ/w640-h359/jurang%2Bmedia%2Bsosial.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Mpf7oUpVK4w/X0VO1GMd2rI/AAAAAAAAK1M/H3M0McknDUsE6IT3VD5y2jI9hOjSSg4twCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h359/jurang%2Bmedia%2Bsosial.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/08/jurang-informasi-media-sosial.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/08/jurang-informasi-media-sosial.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin