Beasiswa Bidikmisi Diganti, Ini Info Lengkap Tentang KIP Kuliah!

Gambar: Kompas
Semarang, IDEAPERS.COM - Memasuki penerimaan mahasiswa baru, pemerintah memberikan bantuan ekonomi kepada calon mahasiswa yang kurang mampu. Jika sebelumnya pemerintah memberikan bantuan berupa Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi), pada tahun 2020 ini, beasiswa tersebut bakal diganti dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan sebanyak 818.000 mahasiswa akan menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Nantinya penerima KIP kuliah bakal mendapatkan bantuan biaya kuliah sebesar Rp. 2.400.000 per semester dan bantuan biaya hidup Rp. 4.200.000 juta per semester.

Baca Juga: Tahun 2020 Ini, Beasiswa Bidikmisi Bakal Diganti KIP Kuliah

Berdasarkan keterangan resmi dari SNMPTN tahun 2020, menyatakan bahwa siswa SMA yang berasal dari ekonomi bawah jika ingin melanjutkan pendidikan dapat mengajukan bantuan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Tapi sebelumnya, calon penerima KIP Kuliah harus mengetahui siapa saja yang bisa menerima dan bagaimana prosedur pendaftarannya.

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Pendaftaran KIP-Kuliah bisa dilakukan secara online untuk memberikan keleluasan akses sampai ke pelosok negeri.

Siswa lulusan SMA atau sederajat, dibebaskan uang pendaftaran KIP-Kuliah dan juga seleksi jalur masuk dari mulai SBMPTN sampai jalur yang disediakan oleh panitia atau perguruan tinggi masing-masing. Setelah masuk ke perguruan tinggi yang sudah diinginkan, mahasiswa tidak perlu membayar biaya pendidikan selama kuliah.

Baca Juga: Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka 21 Februari 2020, Begini Caranya!

Untuk biaya hidup, mahasiswa akan disubsidi sebesar Rp 700.000/bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di wilayah masing-masing. Walaupun dari pendaftaran sampai biaya hidup selama kuliah, pendaftar hanya dimintai pergantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar yang ditetapkan sebagai penerima KIP-Kuliah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Bagi siswa yang menginginkan lolos daftar KIP-Kuliah, harus mengikuti persyaratan-persyaratan. Mulai dari siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya. Harus memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Baca Juga: Target Kemendikbud, 818 Ribu Mahasiswa Terima KIP Kuliah

Selanjutnya untuk mahasiwa yang belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, dapat diberikan bantuan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan. Persyaratan yang terakhir yaitu siswa yang sudah dinyatakan lulus seleksi dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi dengan akreditasi C.

Persyaratan untuk pendaftaran bukan hanya diperuntukkan siswa saja, tapi juga Perguruan Tinggi Negeri yang menerima KIP-Kuliah. PTN maupun PTS harus masuk dalam daftar penerima KIP-Kuliah. Untuk mengetahui Perguruan Tinggi mana saja yang masuk daftar, bisa dlihat melalui laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/panduan. [Rep. Fine/ Red. Mahfud]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,251,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,34,Keagamaan,30,Kesehatan,16,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,210,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,6,Oase,257,Opini,184,opini mahasiswa,6,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,96,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,64,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,264,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Beasiswa Bidikmisi Diganti, Ini Info Lengkap Tentang KIP Kuliah!
Beasiswa Bidikmisi Diganti, Ini Info Lengkap Tentang KIP Kuliah!
Info lengkap tentang Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah yang menggantikan beasiswa Bidikmisi pada tahun 2020
https://1.bp.blogspot.com/-VhlO-t7xhRA/Xk9Of0x8OjI/AAAAAAAAKAo/l9GvVfPIepsaq4jF-tIOPqHTB56jMEfcgCK4BGAYYCw/s1600/ilustrasi-kartu-indonesia-pintar-kip-kuliah.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VhlO-t7xhRA/Xk9Of0x8OjI/AAAAAAAAKAo/l9GvVfPIepsaq4jF-tIOPqHTB56jMEfcgCK4BGAYYCw/s72-c/ilustrasi-kartu-indonesia-pintar-kip-kuliah.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/02/beasiswa-bidikmisi-diganti-ini-info-lengkap-kip-kuliah.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/02/beasiswa-bidikmisi-diganti-ini-info-lengkap-kip-kuliah.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin