Deretan Aksi Protes Mahasiswa Gegerkan UIN Walisongo, Mulai Tolak UKT Mahal Hingga TOEFL-IMKA

Aksi Protes Mahasiswa UIN Walisongo Semarang (Dok. IDEAPERS.COM/Azka Dhia)
Setiap program dan kebijakan dalam implementasinya tidak selalu berjalan mulus. Selalu ada dinamika serta pro dan kontra yang mewarnainya. Tidak terkecuali dengan berbagai kebijakan yang diterapkan di kampus UIN Walisongo Semarang. 

Dari tahun ke tahun, UIN Walisongo menerapkan sejumlah kebijakan yang dianggap kurang menguntungkan atau justru merugikan mahasiswa. Hal tersebut membuat geram mahasiswa hingga akhirnya membuat gerakan penolakan. Mahasiswa melakukan aksi turun ke jalan sebagai bentuk protes atas kebijakan birokrasi kampus. 

Berdasarkan catatan LPM IDEA, ada sejumlah kebijakan yang membuat geger di lingkungan UIN Walisongo hingga akhirnya timbul aksi protes dari kalangan mahasiswa. Berikut deretan aksi protes mahasiswa yang menggegerkan UIN Walisongo. 

1. Keringanan UKT Saat Pandemi 

Permasalah Uang Kuliah Tunggal (UKT) seakan tidak ada akhirnya. Pada masa pandemi covid-19, tepatnya pada semester gasal 2021/2022, mahasiswa mengeluh karena tidak ada keringanan pembayaran UKT di saat situasi ekonomi sedang sulit. 

Mahasiswa merespon itu dengan membentuk Aliansi Mahasiswa UIN Walisongo dan melakukan aksi penolakan. Ratusan mahasiswa menggelar aksi di depan Gedung Rektorat, Rabu, 7 Juli 2021. 

Aksi tidak hanya dilakukan di dunia nyata, melainkan juga di dunia maya. Mahasiswa UIN Walisongo secara serentak menggerakkan tagar #uinwsmahal di media sosial hingga trending Twitter (kini X). 

Mahasiswa melayangkan sejumlah tuntutan, salah satunya meminta kampus meringankan biaya UKT di masa pandemi dengan tuntutan potongan sebesar 25 persen. Setelah melakukan audiensi, akhirnya kampus sepakat membuka ulang pengajuan keringanan UKT bagi mahasiswa. 

Baca Selengkapnya: Tuntut Keringanan UKT, Mahasiswa UIN Walisongo Aksi di Depan Rektorat

2. Regulasi Keuangan Pers Mahasiswa 

Selanjutnya ada audiensi Aliansi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) UIN Walisongo dengan pimpinan UIN Walisongo Semarang. Sejumlah perwakilan pers mahasiswa beraudiensi dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Achmad Arief Budiman, membahas regulasi baru anggaran LPM di Gedung Rektorat, Senin 26 Juni 2023. 

Aksi tersebut dilatarbelakangi karena tidak adanya kejelasan anggaran penerbitan LPM dan tidak adanya transparansi alokasi UKT di UIN Walisongo. Dalam audiensi terdapat enam tuntutan yang menjadi pokok pembahasan. 

Pertama, menuntut kejelasan SK Rektor mengenai perubahan kebijakan regulasi keuangan tahun 2023 di Lembaga Pers Mahasiswa. Kedua, menuntut kejelasan alur administrasi dari universitas ke fakultas. Ketiga, menuntut birokrasi kampus untuk memberikan transparasi anggaran dana Lembaga Pers Mahasiswa. 

Keempat, menuntut kejelasan dana penerbitan di tahun 2023 yang merupakan alokasi UKT ke Lembaga Pers Mahasiswa. Kelima, meminta dana LPM dibedakan dengan organisasi mahasiswa (Ormawa). Terakhir, menuntut dana penerbitan tahun 2023 dan tahun berikutnya. 

Salah satu perwakilan Aliansi LPM UIN Walisongo juga menyebutkan tidak adanya surat regulasi yang diterima LPM dari pihak birokrasi. Namun hingga saat ini, pihak kampus belum memberikan jawaban terkait keresahan para pengurus lembaga pers mahasiswa. 

Baca Selengkapnya: Aliansi LPM UIN Walisongo Tuntut Kejelasan Regulasi Anggaran Penerbitan

3. Program Wajib Ma'had 

Aksi protes berikutnya yang sampai sekarang masih terus menjadi topik hangat adalah program wajib ma'had bagi mahasiswa baru tahun 2023. Mahasiswa baru diwajibkan menetap di asrama ma'had dan pesantren mitra UIN Walisongo. 

Melalui surat edaran nomor 1901/Un.10.0/R1/DA.00.01/04/2023 yang ditanda tangani Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Mukhsin Jamil, kampus telah mengumumkan kewajiban bertempat tinggal di Ma'had Al-Jami'ah untuk seluruh mahasiswa baru tahun 2023. 

Imbas dari kebijakan ini langsung dirasakan oleh mahasiswa baru jalur SPAN-PTKIN 2023. Tidak hanya harus membayar UKT yang terbilang tinggi, mereka juga harus membayar biaya wajib ma'had yang terbilang mahal yaitu Rp3.000.000. 

Banyak calon mahasiswa baru (camaba) yang marasa biaya program tersebut terlalu besar dan di luar kemampuan mereka. Terlebih bagi mahasiswa dari kalangan kurang mampu. Bahkan saking mahalnya, ada calon mahasiswa yang berpikir ulang untuk melanjutkan pendidikan di UIN Walisongo. 

Baca Selengkapnya: Mahasiswa Hingga Orang Tua Keluhkan Program Wajib Ma'had

4. Kasus Makanan Basi di Ma'had 

Menindaklanjuti keputusan wajib ma'had, sejumlah mahasiswa yang telah tinggal di Ma'had Al-Jami'ah merasakan kekecewaan mendalam karena biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan fasilitas yang didapatkan. Biaya Rp 3.000.000 yang dikeluarkan ternyata tidak termasuk biaya makan. 

Di luar Rp 3.000.000, satu bulannya mahasiswa juga membayar Rp 450.000 khusus untuk makan katering. Dari biaya makan bulanan yang dibayar. mahasiswa merasa kecewa karena makanan yang didapat dianggap tidak layak konsumsi. 

Merasa kecewa, santri Ma'had Al-Jami'ah langsung memviralkan video makanan yang dianggap basi tersebut di media sosial. Video keluhan mahasiswa soal makanan basi itu pun viral dan bahkan menjadi topik pembahasan yang hangat diperbincangkan. 

Tidak berhenti di situ, ratusan mahasiswa melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Rektorat UIN Walisongo, pada hari Rabu, 9 Agustus 2023. Aksi tersebut menjadi bentuk protes mahasiswa atas kualitas layanan dan fasilitas di ma'had yang tidak sesuai dengan biaya. 

Baca Selengkapnya: Santri Ma'had UIN Walisongo Keluhkan Fasilitas Makanan Tak Layak Konsumsi

5. Potongan UKT bagi Mahasiswa Akhir 

Bagi mahasiswa akhir, membayar UKT secara penuh memang dirasa cukup memberatkan. Terlebih bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan seluruh mata kuliah dan tinggal mengerjakan skripsi. Banyak mahasiswa akhir yang mengeluh dan protes karena tidak ada potongan biaya UKT pada semester genap tahun 2023/2024. 

Akan tetapi, setelah banyaknya desakan dari mahasiswa, kampus memberikan keringanan dengan diterbitkannya surat edaran nomor 3270/Un.10.0/R.2/KU.02.3/06/2023. Selanjutnya mahasiswa semester 11 ke atas hanya dikenakan pembayaran 50 persen dari UKT keseluruhan. 

Tidak hanya untuk mahasiswa semester 11 ke atas saja, bagi mahasiswa semester sembilan dan sepuluh akan sama dikenakan potongan UKT dengan syarat telah menyelesaikan studi dan sedang mengerjakan skripsi sebagaimana dalam keputusan Rektor UIN Walisongo Semarang nomor 22 tahun 2024. 

Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Walisongo Semarang (DEMA U) juga memastikan kepada seluruh mahasiswa akhir tetap mendapatkan potongan UKT sebanyak 50 persen sekaligus bisa membayar 50 persen di awal. 

Baca Selengkapnya: DEMA Bersama Rektor Audensi Soal Potongan UKT Mahasiswa Semester Akhiir

6. TOEFL-IMKA Jadi Syarat Kelulusan 

Kebijakan kontroversi lainnya yang pernah ada di UIN Walisongo yaitu ujian bahasa atau TOEFL-IMKA yang menjadi syarat kelulusan mahasiswa. Hal tersebut dinilai menjadi penghambat mahasiswa untuk lulus. 

Massa aksi yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa Walisongo (KBMW) melakukan aksi yang bertemakan 'Tuntaskan Problematika Toefl-Imka' di Depan Gedung Rektorat pada Kamis, 2 Mei 2019. 

Aksi dimulai dengan dengan orasi, bakar ban, hingga pembakaran sertifikat TOEFL-IMKA. Aksi tersebut merupakan bentuk protes atas kebijakan UIN Walisongo terkait TOEFL-IMKA. 

Meskipun telah melakukan aksi selama empat jam lebih, massa aksi masih perlu menunggu respon terkait 7 tuntutan yang mereka layangkan hingga hari Senin, 6 Mei 2019. 

Koordinator Lapangan aksi, hingga mengancam jika tujuh tuntutan aksi tidak dipenuhi pihak birokrasi kampus, massa KBWM akan kembali menggelar aksi dan mengerahkan lebih banyak lagi massa aksi. 

Baca Selengkapnya: Aksi Mahasiswa Geruduk Rektorat Tolak Kebijakan TOEFL-IMKA

7. Wajib Ikut Program JKN 

Aksi selanjutnya dilakukan Forum Keluarga Besar Mahasiswa Walisongo (KBMW) yang menolak peraturan wajib memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi seluruh mahasiswa UIN Walisongo. Aksi digelar di Kampus I pada Jumat 12 Januari 2018. 

Massa aksi yang terdiri dari ratusan mahasiswa ini memulai aksinya dengan melakukan longmarch dari Kampus III hingga turun ke Kampus I. Tentu saja, massa aksi tetap memakai atribut dan properti yang merujuk pada penolakan adanya JKN. 

KBMW memaksa pihak birokrasi kampus agar mencabut SK Rektor yang mewajibkan setiap mahasiswa S1 dan S2 UIN Walisongo untuk memiliki kartu JKN. 

Di tengah aksi, demonstran melayangkan nota jawaban kepada pihak birokrasi kampus. Akhirnya massa aksi membubarkan diri setelah mendapat nota jawaban pada siang harinya.

Baca Selengkapnya: Tolak Peraturan JKN, Ratusan Mahasiswa UIN Walisongo Geruduk Rektorat

Demikian deretan aksi protes mahasiswa yang menggegerkan UIN Walisongo Semarang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. [Rifky Adi]

KOMENTAR

Name

17 agustus,1,2021,4,2023,1,22 Mei 2019,1,ab,1,Abu Nawas,1,academy,1,Advertorial,4,AFI,3,ai,5,al-ghazali,1,al-ikhlas,1,Al-Qur'an,4,Albert Camus,3,Albert Estein,2,Anak,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,aqidah dan filsafat islam,3,Artificial Intellgence,3,Artikel,520,Artikel sastra,1,atribut,1,audiensi,6,bali,3,Banding UKT 2023,2,banjir,2,bantuan ukt,2,Beasiswa,17,Begadang,1,belajar,5,berdoa,2,Berita,1581,berita potret,1,biografi,1,bonus demografi,1,buku,4,bulan muharram,2,Bulan Ramadan,9,calon wisudawan,1,camaba,10,camaba 2022,2,camaba 2023,1,Carl jung,2,ceremony,1,cerpen,30,Corona virus,65,critical thingking,1,cumlaude,2,cybersecurity. internet,1,darurat pernikahan dini,1,Daun kelor,1,dekan fuhum,1,dema,12,Demokrasi,1,demonstrasi,1,digital,2,diklatpimnas,1,diskon,1,Dokumen,1,dosen,2,dsign,1,Edukasi Seksual,1,ekologi,1,ekosistem,1,EkspreShe,35,era digital,1,Essay,121,fakultas kedokteran,5,Fasilitas,2,Fasilitas PKM,2,fdk,1,feature,2,film,5,Filsafat,38,FITK,1,fresh graduate,3,FUHUM,51,FUHum fest,2,FUPK,7,Gadis Kretek,1,Gagal Wisuda,3,gaya hidup,3,gender,2,General Library,2,Generasi Milenial,31,George Orwell,1,globalisasi,1,graduation cap,1,greencampus,1,Guru,3,hak cipta buku,1,Harapan,2,Hari Buku Internasional,1,Hari Buruh,1,Hari Buruh Internasional,3,hari guru,1,hari ibu,1,Hari Jumat,1,Hari Kartini,1,hari kemerdekaan,2,hari pahlawan,4,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,12,Hari Santri,6,Hari Santri Nasional 2022,6,Hari Sumpah Pemua 2022,2,heroisme,1,Hukum,1,Ibnu Sina,1,ide bisnis,1,idul adha,9,Ilmu Falak,1,Ilmu Pengetahuan,89,Imam Nawawi,1,Imlek,2,indonesia,4,info beasiswa,2,info kos ngaliyan,1,inspiratif,1,internasional,5,islam,2,isra' mi'raj,2,Iwan Fals,1,jawa timur,1,Jerat Hukuman,1,judul skripsi terbaik,4,Jurang Asmara,2,Kahlil Gibran,2,Kapitalis,1,Kasus Birokrasi,1,Keagamaan,71,Kebahagiaan,3,kebaya,1,kebudayaan,7,kecantikan,1,kecerdasan,2,Kedokteran,1,kekerasan seksual,2,kekerasan seksual anak,1,kemanusiaan,2,kemerdekaan,2,kerja,1,kesadaran,8,Kesehatan,27,KI Hajar Dewantara,1,KIP-K,6,Kitab Allah,1,kkl,12,KKN,20,Klarifikasi,2,Komunikasi,3,konten vidio,1,kopi,1,Korean Wave,1,korelasi,1,Korelasi 2023,3,Korupsi dosen,1,kos,1,ksr,1,KTT G20,3,KUHP,1,Kuliah,11,Kuliah luar negeri,4,Kuliah Online,21,Kuliah tatap muka,2,kuliner,1,kupi,1,kurban,3,Lahan Parkir,3,leaders declaration,1,liburan,2,lifestyle,1,Literasi,2,Logo HSN 2022,1,lukisan,1,Lulus Cepat,12,ma'had,9,maba 2023,6,maba2022,3,Machiavelli,1,Mahasiswa,632,mahasiswa baru,13,makna hidup,1,makna kembang api,1,Maksiat hati,1,Masa Jabatan,1,Masjid Kapal,1,media sosial,2,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,mengingat,1,mental,2,Menulis,1,menwa,1,metaverse,1,modernitas,1,motivasi,8,Muhammad,6,Muhammad Iqbal,1,Munaqosah,2,Musik,1,Nabi Muhammad,2,nasional,15,natal,1,New Normal,18,Ngaliyan,5,Oase,385,Olahraga,2,Opini,249,opini mahasiswa,22,ORKM,2,ormawa,1,orsenik,24,outfit,1,pameran isai,1,pancasila,2,Pandemi,5,PBAK,29,PBAK 2022,5,pbak 2023,14,Pedagogi,1,peluang,1,Pemalsuan,5,Pembayaran UKT,1,Pemilu 2024,2,pemuda,2,Pendidikan,12,penemuan ular,1,pengembangan diri,7,Penjara,1,Penyair,1,Penyesuaian UKT 2022,3,perang ukraina,1,Perempuan,7,peringatan harlah NU,1,pernikahan dini,1,perpustakaan,1,Pertemanan,1,Pidana,1,Plagiasi Rektor,1,PMB,8,politik,5,pondok pesantren,4,pormawa,1,Post-truth,1,Potret Berita,11,potret wisuda,5,ppb,6,praktikum,1,Pramoedya Ananta Toer,1,presidensi,1,profesi,2,Psikologi,34,Puasa,8,Puasa Ramadan,45,Puisi,140,Quotes,1,qurban,1,ramadhan 2023,9,Rasulullah,1,recriutment,2,recruitment,4,refrensi,1,regulasi,1,rektor,7,Resensi,22,Resensi Buku,21,Resensi Film,29,revolusi industri,1,Riset,5,SAA,1,Sahabat,2,Sampah Juras,2,santri Ma'had,4,Sastra,119,Second Sex,1,sedekah,1,sejarah,1,sema,4,Semarang,179,Shalawat,1,Sidang,2,Sistem akademik,1,SK Jabatan 6 Bulan,1,SK Wajib Mahad,11,skill,1,Skripsi,18,sky,1,socrates,2,sosial,2,Sosok,2,stoic,1,sufisme,2,sukses,2,sumpah pemuda,2,Surat Pembaca,9,tafsir,6,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,3,Taman Entrepreneur FEBI,1,TandaTangan,4,tasawuf,2,Taubat,1,teater,7,Teknologi,42,teladan,1,tips,4,Toefl-Imka,21,tokoh,1,Toxic,1,TP,1,tranformasi energi,1,Tugas Akhir,16,UHN,2,UIN Walisongo,749,UIN Walisongo Semarang,18,ujm,2,UKM,11,ukt,33,UKT 2024,2,UKT tinggi,1,ular piton,1,upz,1,video,2,Wajib mahad,4,wali camaba,2,wali wisuda,5,Walisongo Center,2,wanita,1,William Shakespeare,1,Wisuda,110,wisuda 2022,15,wisuda 2023,6,wisuda 2024,6,wisuda offline,5,wisudawan terbaik,28,Writer's block,1,Zodiak,3,zoom meeting,1,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Deretan Aksi Protes Mahasiswa Gegerkan UIN Walisongo, Mulai Tolak UKT Mahal Hingga TOEFL-IMKA
Deretan Aksi Protes Mahasiswa Gegerkan UIN Walisongo, Mulai Tolak UKT Mahal Hingga TOEFL-IMKA
Dari tahun ke tahun, UIN Walisongo menerapkan sejumlah kebijakan yang dianggap kurang menguntungkan atau justru merugikan mahasiswa.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi729I6sllgkK2hq63ybuE_dlGNCbA-x3qpc0uKmt-Z-9Yh91S1iT1hIyCbAe-xqlxPH2LCRC71awQjFbUIxCro9ybxm21WN37FlvdvOetUMNJfpHSMPbBQdmFoSkt8R0HaUgIBrVaZnKOMfhieEQDI_hF_PcdebKUGTHY_nGAgiKN92YWocB3eEIV01Z9T/s16000/WhatsApp%20Image%202023-08-09%20at%2019.58.09.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi729I6sllgkK2hq63ybuE_dlGNCbA-x3qpc0uKmt-Z-9Yh91S1iT1hIyCbAe-xqlxPH2LCRC71awQjFbUIxCro9ybxm21WN37FlvdvOetUMNJfpHSMPbBQdmFoSkt8R0HaUgIBrVaZnKOMfhieEQDI_hF_PcdebKUGTHY_nGAgiKN92YWocB3eEIV01Z9T/s72-c/WhatsApp%20Image%202023-08-09%20at%2019.58.09.jpeg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2024/02/deretan-aksi-protes-mahasiswa-gegerkan-uin-walisongo-mulai-tolak-ukt-mahal-hingga-toefl-imka.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2024/02/deretan-aksi-protes-mahasiswa-gegerkan-uin-walisongo-mulai-tolak-ukt-mahal-hingga-toefl-imka.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin