2 Tahun Prodi Pendidikan Matematika Jadwalkan Ujian Sempro, Mahasiswa: Harus Menyesuaikan Dengan Kuliah

Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang  (Dok. Istimewa)

Semarang, IDEAPERS.COM - Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) menjadwalkan ujian seminar proposal Skripsi (Sempro) mahasiswa sebagai program pendukung percepatan kelulusan.

Kaprodi Pendidikan Matematika, Yulia Romadiastri mengatakan pihaknya telah menjalankan kebijakan penjadwalan sempro selama dua tahun belakangan, tepatnya pada mahasiswa angkatan 2019 dan 2020.

Kebijakan ini, kata Yulia, sebagai upaya percepatan kelulusan mahasiswa yang baru-baru ini diatur oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yang mengatakan bahwa setiap prodi harus meluluskan mahasiswa sebanyak 40 persen dengan predikat tepat waktu, 8 semester.

Sehingga, lanjutnya, penjadwalan sempro baru dilakukan pertama kali pada angkatan 2019, tepatnya pada Januari hingga Maret 2023.

"Karena memang ketentuan untuk BAN PT itu memang baru. Jadi akhirnya kita upayanya ya itu (penjadwalan sempro)," ujar Yulia saat ditemui kru IDEAPERS.COM di kantornya, pada Senin (29/05/23).

Di sisi lain, terangnya, angkatan selanjutnya juga mengejar target 40 persen kelulusan dengan penjadwalan sempro ini. Ia menyebutkan mahasiswa angkatan 2020 sudah selesai dijadwalkan sempro sejak Maret hingga 31 Mei lalu.

"Terus untuk adik tingkatnya berarti harus lulusnya tahun depan, maka mulailah dari sekarang itu sudah diupayakan untuk mengarah ke sana juga. Karena ini memang nggak bisa mendadak gitu loh," terangnya.

Ia menjelaskan persentase sebanyak 40 persen tingkat kelulusan tepat waktu mahasiswa ini, akan terus dipantau oleh BAN-PT.

Lebih lanjut, pihaknya bertanggung jawab secara penuh terkait kelangsungan akreditasi prodi. Dimana, tambahnya, segala persyaratan akreditasi harus selesai diurus hingga Oktober mendatang.

"Apalagi kami mau akreditasi kan, itu harus mengajukan permohonan akreditasi itu paling engga oktober nanti. Kita (prodi) harus menjaga atau memastikan bahwa semuanya aman, artinya bisa lolos pantauan, sehingga proses akreditasi bisa berjalan," jelasnya kepada kru IDEAPERS.COM.

Tanggapan Mahasiswa

Salah satu mahasiswa Pendidikan Matematika semester 6 (angkatan 2020), Alabretta Zileiha menceritakan proses penjadwalan sempro yang ia alami.

Ia menceritakan bahwa kebijakan ini telah dipersiapkan sejak masih semester 5, tepatnya dalam mata kuliah (makul) Metodologi Penelitian.

Dalam Makul itu, katanya, mereka diberi tugas akhir untuk menentukan judul skripsi dan mulai mengerjakan proposal skripsi untuk uji sempro.

"Saat makul metodologi penelitian, dosen saya meminta untuk segera ngajukan judul, agar segera diberikan dosen pembimbing," ucap Alabretta saat diwawancarai kru IDEAPERS.COM melalui whatsapp, pada Jumat, (02/06/23).

Baca Juga : Penjadwalan Ujian Sempro Jadi Program Percepatan Kelulusan Mahasiswa Jurusan Matematika UIN Walisongo 

Kemudian di semester 6, kata Alabretta, mereka dijadwalkan sempro dalam makul berbeda, yakni seminar proposal. Ia mengungkapkan, jika tahun-tahun sebelumnya mata kuliah tersebut hanya sebagai ajang latihan (simulasi) sempro semata, namun mulai angkatan mereka diberlakukan ujian sempro secara sungguhan dalam makul itu.

Secara teknis, katanya, penjadwalan sempro membagikan mahasiswa semester 6 ke dalam 19 kelompok, dimulai bulan Maret dan berakhir 31 Mei lalu. 

"Ada 19 kelompok (sempro), setiap kelompoknya 4 orang, Saya kebagian kelompok akhir di kelompok 16, jadi dapet tanggal 25 mei kemaren," akunya.

Mendekati jadwal ujian sempro, Alabretta menyampaikan harus menyesuaikan waktu dengan tugas-tugas perkuliahan semester 6, bersamaan dengan itu ia juga harus merampungkan proposal skripsi.

"karena kami masih ada mata kuliah lainnya, jadi lebih terasa berat gitu. Karena bertumpukan dengan tugas lain, sedangkan juga harus ngerjain proposal," ungkapnya.

"kalau menurut saya (sempro berjadwal) si efektif tergantung pribadinya sendiri mau atau tidak berusaha maksimal dalam program ini," pungkasnya.

Selain Alabretta, mahasiswa semester 8 Pendidikan Matematika, Halimatus mengaku mendapatkan jadwal sempro di kelompok pertama. 

Pembagian jadwal, jelas Halima, dibagi dengan beberapa ketentuan. Ia mengungkapkan giliran kelompok pertama diisi oleh mahasiswa dengan dosbing wakil dekan 1 FST, Pak Saminarto.

Selanjutnya, sambungnya, Kelompok kedua terdiri dari mahasiswa yang inisiatif mengajukan judul proposal skripsi lebih dahulu. Kemudian, katanya, urutan kelompok 3 hingga 19 dijadwalkan secara acak atau diundi.

"Pak sam ini emang minta 'anak bimbingannya saya yang pertama kali' gitu, terus empat orang (kelompok) kedua itu yang ngajuin sendiri yang emang pengen sempro duluan. Terus yang lainnya kocokan-kocokan kayak arisan itu loh, ngambil nomor," jelas Halima saat ditanyai oleh kru IDEAPERS.COM secara online whatsapp, pada Jumat, (02/06/23).

Untuk dapat menyelesaikan proposal skripsi, Halima mengaku mengalami berbagai kendala. Menurutnya, hasil proposal yang ia kerjakan belum maksimal, dan mengalami berbagai revisi berkali-kali dari dosbing.

"Sebulan pertama kuliah (semester 6) aku tuh masih amburadul proposalnya pas itu, ya enggak amburadul banget sih. Pas itu ya sering bimbingan, ya enggak langsung ACC juga kan masih ada yang revisi-revisi," jelasnya.

"Bab 2 dan 3 itu full ngebut, dan bimbingannya by WA soalnya pak sam itu emang lebih ke WA sih, dan waktu itu pak Sam sibuk juga. Kita kirim file nanti dicoret-coret, di screenshoot sama pak sam," ungkapnya.

Secara efektifitas waktu, Ia menilai kelompok akhir seharusnya dapat menyelesaikan proposal skripsi lebih maksimal, dibanding kelompok pertama sepertinya.

Selain itu, program penjadwalan sempro ini, menurut Halimah termasuk efektif. Pasalnya, mahasiswa menjadi terdorong untuk menyelesaikan proposal skripsi sesuai jadwal yang didapat.

"Kayak udah tahu sempro kapan ya harusnya uda prepare jauh-jauh hari, bahkan yang dapet jadwal akhiran harusnya udah perfect," terangnya.

"Efektif sih menurutku cuma ya tergantung dari mahasiswanya, bisa nggak menyesuaikan sama tuntutan prodi. Kalo nggak ada pressure mahasiswa kadang nggak gerak," tambahnya.

Baca Juga : Program Percepatan Kelulusan Dinilai Mahasiswa Kurang Efektif

Tak hanya Alabretta dan Halimah, mahasiswa Matematika Pendidikan semester 6 lainnya, Mahmudah menceritakan pengalamannya usai menyelesaikan sempro terjadwal, tepatnya pada 28 maret lalu.

Ia menambahkan, ketika sempro mahasiswa diberi waktu lima menit untuk  mempresentasikan proposal skripsi. Kemudian, lanjut Mahmudah, sempro diisi dengan sesi tanya jawab oleh empat penguji.

"Kita kalau pagi dari 9 sampai 10, kalau siang dari jam 13 sampai 16 gitu. Nah pas aku kemarin kebagian jadwal sempro siang," tutur Mahmuda saat dihubungi oleh kru IDEAPERS.COM secara online

Ketika ditanyai soal kendala, ia mengaku harus melawan sifat menunda dalam  menyelesaikan proposal skripsi.

"Kalau kendala utamanya itu males, males yang ada pada diri kita. Jadi kalau kita malas ngerjain proposal itu ya ditunda-tunda terus, besoklah-besoklah. Terus kan kalau kita enggak ada progres, kita males buat bimbingan soalnya apa yang mau kita bimbingin," akunya.

Menurut Mahmudah, penjadwalan sempro ini cukup efektif bagi mahasiswa. Seperti halnya Halimah, ia menyebutkan mahasiswa jadi cenderung lebih semangat dan didorong untuk dapat menyelesaikan proposal skripsi dan melaksanakan ujian sempro.

"Menurutku ini sebuah kesempatan, kayaknya menurut temen-temen yang lain juga gitu, kapan lagi kita diberikan kesempatan sebesar ini biar bisa lulus cepat, jadi sebisa mungkin dimanfaatkan dengan baik," ungkapnya.

"Soalnya mau nggak mau mahasiswa harus maju sempro, dari situ mau nggak mau harus ngerjain proposal, dan harus bimbingan," tambahnya.[Rep. Riska/Red. Gita].


KOMENTAR

Name

17 agustus,1,2021,4,2023,1,22 Mei 2019,1,ab,1,Abu Nawas,1,academy,1,Advertorial,4,AFI,3,ai,5,al-ghazali,1,al-ikhlas,1,Al-Qur'an,4,Albert Camus,3,Albert Estein,2,Anak,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,aqidah dan filsafat islam,3,Artificial Intellgence,3,Artikel,520,Artikel sastra,1,atribut,1,audiensi,6,bali,3,Banding UKT 2023,2,banjir,2,bantuan ukt,2,Beasiswa,17,Begadang,1,belajar,5,berdoa,2,Berita,1581,berita potret,1,biografi,1,bonus demografi,1,buku,4,bulan muharram,2,Bulan Ramadan,9,calon wisudawan,1,camaba,10,camaba 2022,2,camaba 2023,1,Carl jung,2,ceremony,1,cerpen,30,Corona virus,65,critical thingking,1,cumlaude,2,cybersecurity. internet,1,darurat pernikahan dini,1,Daun kelor,1,dekan fuhum,1,dema,12,Demokrasi,1,demonstrasi,1,digital,2,diklatpimnas,1,diskon,1,Dokumen,1,dosen,2,dsign,1,Edukasi Seksual,1,ekologi,1,ekosistem,1,EkspreShe,35,era digital,1,Essay,121,fakultas kedokteran,5,Fasilitas,2,Fasilitas PKM,2,fdk,1,feature,2,film,5,Filsafat,38,FITK,1,fresh graduate,3,FUHUM,51,FUHum fest,2,FUPK,7,Gadis Kretek,1,Gagal Wisuda,3,gaya hidup,3,gender,2,General Library,2,Generasi Milenial,31,George Orwell,1,globalisasi,1,graduation cap,1,greencampus,1,Guru,3,hak cipta buku,1,Harapan,2,Hari Buku Internasional,1,Hari Buruh,1,Hari Buruh Internasional,3,hari guru,1,hari ibu,1,Hari Jumat,1,Hari Kartini,1,hari kemerdekaan,2,hari pahlawan,4,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,12,Hari Santri,6,Hari Santri Nasional 2022,6,Hari Sumpah Pemua 2022,2,heroisme,1,Hukum,1,Ibnu Sina,1,ide bisnis,1,idul adha,9,Ilmu Falak,1,Ilmu Pengetahuan,89,Imam Nawawi,1,Imlek,2,indonesia,4,info beasiswa,2,info kos ngaliyan,1,inspiratif,1,internasional,5,islam,2,isra' mi'raj,2,Iwan Fals,1,jawa timur,1,Jerat Hukuman,1,judul skripsi terbaik,4,Jurang Asmara,2,Kahlil Gibran,2,Kapitalis,1,Kasus Birokrasi,1,Keagamaan,71,Kebahagiaan,3,kebaya,1,kebudayaan,7,kecantikan,1,kecerdasan,2,Kedokteran,1,kekerasan seksual,2,kekerasan seksual anak,1,kemanusiaan,2,kemerdekaan,2,kerja,1,kesadaran,8,Kesehatan,27,KI Hajar Dewantara,1,KIP-K,6,Kitab Allah,1,kkl,12,KKN,20,Klarifikasi,2,Komunikasi,3,konten vidio,1,kopi,1,Korean Wave,1,korelasi,1,Korelasi 2023,3,Korupsi dosen,1,kos,1,ksr,1,KTT G20,3,KUHP,1,Kuliah,11,Kuliah luar negeri,4,Kuliah Online,21,Kuliah tatap muka,2,kuliner,1,kupi,1,kurban,3,Lahan Parkir,3,leaders declaration,1,liburan,2,lifestyle,1,Literasi,2,Logo HSN 2022,1,lukisan,1,Lulus Cepat,12,ma'had,9,maba 2023,6,maba2022,3,Machiavelli,1,Mahasiswa,632,mahasiswa baru,13,makna hidup,1,makna kembang api,1,Maksiat hati,1,Masa Jabatan,1,Masjid Kapal,1,media sosial,2,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,mengingat,1,mental,2,Menulis,1,menwa,1,metaverse,1,modernitas,1,motivasi,8,Muhammad,6,Muhammad Iqbal,1,Munaqosah,2,Musik,1,Nabi Muhammad,2,nasional,15,natal,1,New Normal,18,Ngaliyan,5,Oase,385,Olahraga,2,Opini,249,opini mahasiswa,22,ORKM,2,ormawa,1,orsenik,24,outfit,1,pameran isai,1,pancasila,2,Pandemi,5,PBAK,29,PBAK 2022,5,pbak 2023,14,Pedagogi,1,peluang,1,Pemalsuan,5,Pembayaran UKT,1,Pemilu 2024,2,pemuda,2,Pendidikan,12,penemuan ular,1,pengembangan diri,7,Penjara,1,Penyair,1,Penyesuaian UKT 2022,3,perang ukraina,1,Perempuan,7,peringatan harlah NU,1,pernikahan dini,1,perpustakaan,1,Pertemanan,1,Pidana,1,Plagiasi Rektor,1,PMB,8,politik,5,pondok pesantren,4,pormawa,1,Post-truth,1,Potret Berita,11,potret wisuda,5,ppb,6,praktikum,1,Pramoedya Ananta Toer,1,presidensi,1,profesi,2,Psikologi,34,Puasa,8,Puasa Ramadan,45,Puisi,140,Quotes,1,qurban,1,ramadhan 2023,9,Rasulullah,1,recriutment,2,recruitment,4,refrensi,1,regulasi,1,rektor,7,Resensi,22,Resensi Buku,21,Resensi Film,29,revolusi industri,1,Riset,5,SAA,1,Sahabat,2,Sampah Juras,2,santri Ma'had,4,Sastra,119,Second Sex,1,sedekah,1,sejarah,1,sema,4,Semarang,179,Shalawat,1,Sidang,2,Sistem akademik,1,SK Jabatan 6 Bulan,1,SK Wajib Mahad,11,skill,1,Skripsi,18,sky,1,socrates,2,sosial,2,Sosok,2,stoic,1,sufisme,2,sukses,2,sumpah pemuda,2,Surat Pembaca,9,tafsir,6,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,3,Taman Entrepreneur FEBI,1,TandaTangan,4,tasawuf,2,Taubat,1,teater,7,Teknologi,42,teladan,1,tips,4,Toefl-Imka,21,tokoh,1,Toxic,1,TP,1,tranformasi energi,1,Tugas Akhir,16,UHN,2,UIN Walisongo,749,UIN Walisongo Semarang,18,ujm,2,UKM,11,ukt,33,UKT 2024,2,UKT tinggi,1,ular piton,1,upz,1,video,2,Wajib mahad,4,wali camaba,2,wali wisuda,5,Walisongo Center,2,wanita,1,William Shakespeare,1,Wisuda,110,wisuda 2022,15,wisuda 2023,6,wisuda 2024,6,wisuda offline,5,wisudawan terbaik,28,Writer's block,1,Zodiak,3,zoom meeting,1,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: 2 Tahun Prodi Pendidikan Matematika Jadwalkan Ujian Sempro, Mahasiswa: Harus Menyesuaikan Dengan Kuliah
2 Tahun Prodi Pendidikan Matematika Jadwalkan Ujian Sempro, Mahasiswa: Harus Menyesuaikan Dengan Kuliah
Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) menjadwalkan ujian seminar proposal Skripsi (Sempro) mahasiswa sebagai
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3CDWtYMM5ZmH9rMVDGn32Xryoi5RbIF36aLQzBUIFgnxsA4ZJGyrJ0y3gORCmMeEizW51hMnJlp05EEPCC7AXKEguDtlAI10sdUljIrrwGJCVcS3spncG2ondOqgqz_NI7eE-nS-i0dFMPYdyr9T5YaMm86jvVa_mv5oJcykHfF7QzrPmmynMb2ekRQ/w320-h240/IMG-20201229-WA0004.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3CDWtYMM5ZmH9rMVDGn32Xryoi5RbIF36aLQzBUIFgnxsA4ZJGyrJ0y3gORCmMeEizW51hMnJlp05EEPCC7AXKEguDtlAI10sdUljIrrwGJCVcS3spncG2ondOqgqz_NI7eE-nS-i0dFMPYdyr9T5YaMm86jvVa_mv5oJcykHfF7QzrPmmynMb2ekRQ/s72-w320-c-h240/IMG-20201229-WA0004.webp
IDEApers
http://www.ideapers.com/2023/06/2-tahun-prodi-pendidikan-matematika-jadwalkan-sempro-mahasiswa-harus-menyesuaikan-dengan-kuliah.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2023/06/2-tahun-prodi-pendidikan-matematika-jadwalkan-sempro-mahasiswa-harus-menyesuaikan-dengan-kuliah.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin