Kuliah Online Lebih Efektif dengan 6 Tips Ini



Pemerintah telah mengumumkan pertambahan kasus virus corona (Covid- 19) setiap harinya. Meningkatnya kasus Covid- 19 di Indonesia ini mengakibatkan beberapa aktivitas dalam bersosialisasi sedikit terganggu. Penyebaran yang sangat cepat di masyarakat, perlu dilakukan penanganan cepat agar kasus ini tidak bertambah luas.

Imbauan pemerintah untuk melakukan physical distance dimaksudkan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang kian meluas. Hal ini juga berimbas pada dunia pendidikan. Beberapa instansi pendidikan telah mengumumkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah. Namun, bukan berarti seluruh kegiatan yang kita lakukan di rumah menjadi terbengkalai, kan?

Selama physical distancing seperti ini, seluruh kegiatan perkuliahan pun dilakukan di rumah. Tidak sedikit dari kamu yang mungkin merasa bosan dan malas untuk mengerjakannya. Eits, tapi jangan malas dulu ya. Berikut ada beberapa tips agar kuliah online kamu tetap berjalan dengan efektif.

1. Buat Ceklist Jadwal

Melakukan perkuliahan di rumah, tidak menjadi penghalang kamu melupakankewajibanmu sebagai mahasiswa. untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu perlu mencatat jadwal perkuliahan online mu. Biasanya dosen akan memberikan absensi untuk mengecek kehadiranmu dalam perkuliahan online. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya.

2. Simak Materi dengan Seksama 

Kuliah di rumah, bukan berarti kamu bisa seenaknya sendiri dalam melakukan perkuliahan. Kamu harus lebih bersemanagat dan memperhatikan materi yang disampaikan. Agar kuliah onlinemu berjalan lancar, kamu juga butuh konsentrasi tinggi loh.

3. Buat Catatan Penting

Bukan hanya sekadar menyimak saja. Kamu juga wajib mencatat hal-hal penting dalam materi perkuliahan. Meskipun kuliah online, tapi kamu masih bisa mendapatkan poin-poin dalam pembelajaran online yang disampaikan.

4. Cari Lokasi Belajar yang Tenang 

Kuliah di rumah akan berbeda rasanya dengan kuliah di dalam kelas. Pasti susah untuk berkonsentrasi. Ada beberapa hal yang men-distract kamu saat kuliah online berjalan. Nah, kamu harus mencari lokasi yang menunjangmu dalam berkonsentrasi dalam perkuliahan.

Kamar menjadi tempat yang cocok untuk kamu yang suka belajar dengan suasana tenang. Pastikan posisi badan duduk tegak dan tetap fokus pada pembelajaran, jangan sampai hilang fokus karena kamu berbaring lalu ketiduran.

5. Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Melakukan pengecekan jadwal kuliah online, kamu juga punya kewajiban untuk mencatat jadwal pengumpulan tugas yang diberikan dosenmu. karena semua sistem tercatat secara online, maka tidak ada toleransi bagi kamu yang telat mengumpulkan tuags. Jadi kamu harus pandai juga mengatur waktu mengumpulkan tugas.

6. Siapkan Waktu untuk Menghibur Diri

Belajar juga perlu istirahat ya. Kalau merasa jenuh di sela-sela belajar, jangan memaksakan diri. Buatlah waktu break sejenak untuk menghibur diri agar dapat selalu berkonsentrasi dalam proses belajar online.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan selama menerapkan perkuliahan online. Semoga efektif dan berjalan secara produktif meskipun hanya dilakukan di dalam rumah.
[Firda]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,260,Beasiswa,1,Berita,1103,buku,2,cerpen,23,Corona virus,51,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,36,Keagamaan,32,Kesehatan,17,Komunikasi,2,Kuliah Online,7,Mahasiswa,219,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,7,Oase,265,Opini,185,opini mahasiswa,7,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,96,Resensi,16,Resensi Buku,16,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,64,Semarang,36,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,267,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Kuliah Online Lebih Efektif dengan 6 Tips Ini
Kuliah Online Lebih Efektif dengan 6 Tips Ini
Selama physical distancing seperti ini, seluruh kegiatan perkuliahan pun dilakukan di rumah. Tidak sedikit dari kamu yang mungkin merasa bosan dan malas untuk mengerjakannya. Eits, tapi jangan malas dulu. Berikut ada beberapa tips agar kuliah online kamu tetap berjalan dengan efektif.
https://4.bp.blogspot.com/-n8km4wjmUic/XpH_VT0XV1I/AAAAAAAAKWI/YHyZ_4BJUSQXatPv9HrxfpQ1ZKX2Y6naQCK4BGAYYCw/s1600/online.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-n8km4wjmUic/XpH_VT0XV1I/AAAAAAAAKWI/YHyZ_4BJUSQXatPv9HrxfpQ1ZKX2Y6naQCK4BGAYYCw/s72-c/online.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/04/kuliah-online-lebih-efektif-dengan-6-tips-ini.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/04/kuliah-online-lebih-efektif-dengan-6-tips-ini.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin