Virus Corona Meluas, Dikti Minta Kampus Berlakukan Kuliah Online

Doc : minews.id
Semarang, IDEAPERS.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) meminta perguruan tinggi untuk memberlakukan kegiatan perkuliahan secara jarak jauh atau secara online. Plt Dikti Kemendikbud, Nizam mengatakan, hal tersebut dilakukan guna mencegah peyebaran virus Corona di Indonesia yang semakin luas.

"Kami imbau, kampus bisa mengambil langkah cepat yaitu perkuliahan bisa diganti jarak jauh tanpa tatap muka," katanya.

Sampai saat ini Virus Corona telah menyebar ke berbagai daerah. Jakarta, Bandung, Tangerang, Solo, Yogyakarta, Bali, Manado dan Pontianak menjadi dearah yang terdapat kasus positif Corona.

Baca Juga: Siaga Virus Corona, UIN Walisongo Terapkan Kuliah Online Dua Pekan

Pemerintah mengumumkan pada Sabtu (14/03/20) sudah 96 orang dinyatakan positif terjangkit, delapan orang sembuh dan lima orang meninggal dunia.

Meluasnya virus corona, Nizam merekomendasikan kampus untuk menghentikan kuliah yang bersifat tatap muka. Terlebih bagi kampus yang berada di daerah yang sudah positif terjangkit.

Baca Juga: Tak Hanya Kuliah, Bimbingan Tugas Akhir Juga Dialihkan Online

Namun, lanjut Nizam, kampus harus tetap bertanggung jawab dalam pemenuhan Satuan Kredit Semester (SKS). Ia menyarankan proses belajar mengajar tetap dilakukan dari rumah.

"Dianjurkan untuk pembelajaran dari rumah dan sekarang bisa dengan online. Nanti kita imbau masing-masing kampus untuk bisa mengambil langkah seperti itu," katanya.

Lebih lanjut, Nizam menekankan bahwa kegiatan perkuliahan secara online merupakan wewenang masing-masing perguruan tinggi.

"Keputusan ada di Rektor," ungkapnya.

Baca Juga: UIN Walisongo Tunda PPL, KKL, dan KKN ke Luar Daerah Imbas Corona

Selain itu, Nizam juga mengimbau kepada semua pihak kampus untuk selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan menunda acara yang menghadirkan banyak orang.

"Cuci tangan sebelum masuk kelas, tidak bersentuhan, kemudian juga kegiatan-kegiatan berkumpul itu dihindari dikurangi, wisuda kalau perlu ditunda," pungkas Nizam.
[Rep. Zamzami/ Red. Mahfud]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,249,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,34,Keagamaan,29,Kesehatan,15,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,208,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,5,Oase,253,Opini,183,opini mahasiswa,5,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,95,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,63,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,263,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Virus Corona Meluas, Dikti Minta Kampus Berlakukan Kuliah Online
Virus Corona Meluas, Dikti Minta Kampus Berlakukan Kuliah Online
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) meminta perguruan tinggi untuk memberlakukan kegiatan perkuliahan secara jarak jauh atau secara online. Plt Dikti Kemendikbud, Nizam mengatakan, hal tersebut dilakukan guna mencegah peyebaran virus Corona di Indonesia yang semakin luas
https://3.bp.blogspot.com/-MrWAiCDaSi8/Xm2rzdVyuSI/AAAAAAAAKKw/lvCxd3ypfhgXXats6TTKFp5u6X2ZBiqrgCK4BGAYYCw/s640/berita%2B3.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-MrWAiCDaSi8/Xm2rzdVyuSI/AAAAAAAAKKw/lvCxd3ypfhgXXats6TTKFp5u6X2ZBiqrgCK4BGAYYCw/s72-c/berita%2B3.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/03/virus-corona-meluas-dikit-minta-kampus-berlakukan-kuliah-online.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/03/virus-corona-meluas-dikit-minta-kampus-berlakukan-kuliah-online.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin