Kreatif, KKN UIN Walisongo Manfaatkan Sampah Plastik Jadi Ecobrick


Semarang, IDEAPERS.COM - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) posko 76 Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kebupaten Jepara memanfaatkan sampah botol plastik menjadi Ecobrick.

Ecobrick menjadi salah satu program kerja bidang lingkungan. Program ini digagas untuk meningkatkan kreativitas warga dan menggaet minat wisatawan. Selain itu program ini juga berupaya untuk melestarikan lingkungan dengan mendaur ulang sampah botol plastik yang berserakan di Pulau Bengkoang, Kecamatan Karimunjawa.

Bekerjasama dengan Pemuda Desa Kemujan, Divisi Lingkungan posko 76 KKN MIT UIN Walisongo menyisir Pulau Bengkoang guna membersihkan botol-botol yang mengotori pantai, Sabtu (25/01/20).

Baca Juga: Lepas 1.200 Mahasiswa, Rektor UIN Walisongo Tegaskan KKN Bukan Liburan

Anwar, Pemuda Dusun Batulawang, Desa Kemujan menyatakan bahwa warga Dusun Batulawang biasanya hanya memanfaatkan botol plastik untuk menanam rumput laut saja. Ditambah, sebelumnya, belum ada inisiatif memanfaatkan sampah untuk Ecobrick.

"Biasanya warga di sini memanfaatkan sampah botol plastik untuk menanam rumput laut saja, tidak ada inisiatif lain untuk dibuat apapun" ungkapnya.

Nantinya, Ecobrick akan dibentuk menjadi meja dan kursi dan ditempatkan di Alun-alun Kampung Bugis Dusun Batulawang.

Baca Juga: Terjun di Karimunjawa, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Dituntut Kreatif

Hamka, Ketua Pemuda Desa Batulawang, mengapresiasi kegiatan kelompok KKN MIT UIN Walisongo posko 76. Ia berharap bisa melanjutkan pembuatan Ecobrick saat mahasiswa menyelesaikan masa KKN.

"Program kerjanya bagus dan cukup menginspirasi warga, harapannya nanti setelah mahasiswa selesai KKN, warga bisa melanjutkan pembuatan Ecobrick" ujarnya.

Sementara itu, Jajang Muhariyansah, Koordinator Divisi Lingkungan posko 76 KKN MIT UIN Walisongo mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya peduli lingkungan, juga meningkatkan kreativitas masyarakat.

"Diadakannya kegiatan ini sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat dusun Batulawang akan pentingnya peduli lingkungan yang semakin hari semakin tercemar akan banyaknya sampah. Juga agar masyarakat bisa meningkatkan kreativitas memanfaatkan sampah" tuturnya.

Baca Juga: Rektor UIN Walisongo: Setelah KKN Mahasiswa Harus Lulus Tepat Waktu

Ia pun berharap, setelah diadakan kegiatan ini, masyarakat bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan sampah plastik sebagai media kreativitas warga.

"Semoga kedepannya warga akan lebih kreativitas dalam memanfaatkan sampah plastik yang ada di lingkungan nya masing-masing" pungkasnya. [Rep. Nizar/ Red. Mahfud]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,284,Beasiswa,2,Berita,1118,buku,1,cerpen,23,Corona virus,54,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,90,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,46,Keagamaan,34,Kesehatan,20,Komunikasi,3,Kuliah Online,14,Mahasiswa,234,Mendikbud,1,Muhammad,5,New Normal,15,Oase,276,Opini,187,opini mahasiswa,7,PBAK,17,Pendidikan,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,97,Resensi,17,Resensi Buku,17,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,65,Semarang,38,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,UIN Walisongo,282,UKM,5,ukt,10,Wisuda,39,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Kreatif, KKN UIN Walisongo Manfaatkan Sampah Plastik Jadi Ecobrick
Kreatif, KKN UIN Walisongo Manfaatkan Sampah Plastik Jadi Ecobrick
Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) posko 76 Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kebupaten Jepara memanfaatkan sampah botol plastik menjadi Ecobrick.
https://2.bp.blogspot.com/-s04y_9CIlCo/XixejtZRp3I/AAAAAAAAJxY/SqIEV9U6Pncye9gVTx8975HhsrBgc-ObgCK4BGAYYCw/s640/kkn%2Bidea.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-s04y_9CIlCo/XixejtZRp3I/AAAAAAAAJxY/SqIEV9U6Pncye9gVTx8975HhsrBgc-ObgCK4BGAYYCw/s72-c/kkn%2Bidea.jpeg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/01/kreatif-kkn-uin-walisongo-manfaatkan-sampah-plastik-jadi-ecobrik.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/01/kreatif-kkn-uin-walisongo-manfaatkan-sampah-plastik-jadi-ecobrik.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin