Resmikan Rumah Moderasi Beragama UIN Walisongo, Ini Pesan Menteri Agama RI

Peresmian Rumah Moderasi Beragama UIN Walisongo, Kamis (19/12/19) 
Semarang, IDEAPERS.COM - Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Fachrul Razi telah meresmikan Rumah Moderasi Beragama UIN Walisongo, Kamis (19/12/19). Peresmian dilakukan di Auditorium Kampus III dengan dihadiri ratusan orang dari lintas agama.

Dalam kesempatan itu, Fachrul mengapresiasi indeks kerukunan umat beragama di Jawa Tengah. Ia mengatakan, kerukunan umat beragama di Jawa Tengah paling tinggi di Pulau Jawa.

“Luar biasa indeks kerukunan umat beragama di Jawa Tengah ini sangat tinggi, mencapai angka sekitar 74,8 persen,” ungkapnya.

Kemudian ia berpesan, adanya Rumah Moderasi Beragama UIN Walisongo dapat meningkatkan iklim toleransi di Jawa Tengah. Seperti yang pernah dilakukan para Walisongo pada zamannya.

“Senang UIN Walisongo telah melangkah sangat jauh. Nama besar Walisongo harus dipikul bersama demi menjaga nama baik. Saya lihat konsep moderasinya juga luar biasa,” kata Fachrul.

Baca Juga: Menteri Agama RI Harapkan Lulusan UIN Walisongo Jadi Teladan dalam Berdakwah

Sementara itu, Rektor UIN Walisongo, Imam Taufiq berkomitmen untuk menjadikan UIN Walisongo sebagai kampus yang mengikuti spirit dakwah para Walisongo. Yaitu dengan mengkolaborasikan ajaran Islam dan kearifan lokal. Salah satunya dengan mendirikan rumah modersi beragama ini.

“Keragaman beragama adalah wujud keramahan Allah. Toleransi perdamaian saling menyayangi menjadi sesuatu yg harus diwujudkan. Hal inilah yang menjadikan UIN Walisongo membangun rumah moderasi”, jelas Imam.

Boleh Ucapkan Natal 

Selanjutnya Fachrul juga menyinggung soal polemik mengucapkan selamat natal. Ia menegaskan, mengucapkan 'selamat Natal' kepada umat Kristen tidak melunturkan akidah seorang muslim. Namun ia tetap menghormati seseorang yang memiliki pendapat berbeda dengannya.

"Pasti jelas, tidak sedikit pun akan diganggu akidah orang yang mengucapkan (selamat Natal). Misalnya orang punya sikap, tidak boleh ada yang mengucapkan, ya silakan saja dia punya sikap begitu. Tapi, kalau ada orang lain yang mengucapkan 'selamat Natal' kepada temannya, ya semua orang punya haknya juga,” tegasnya, Kamis (19/12/19).

Baca Juga: Menteri Agama RI Resmikan Dua Gedung Baru UIN Walisongo

Fachrul berharap, umat beragama di Indonesia dapat menghormati dan saling menebarkan kedamaian agar tidak terjadi perpecahan.

"Pada dasarnya saya ingin katakan bahwa masalah memberikan kesempatan kepada semua agama untuk melaksanakan ibadahnya masing-masing sudah jadi budaya kita sejak dulu, bukan sesuatu yang aneh," ujarnya. [Rep. Mahfud/ Red. Ma]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,249,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,34,Keagamaan,29,Kesehatan,15,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,208,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,5,Oase,253,Opini,183,opini mahasiswa,5,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,95,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,63,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,263,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Resmikan Rumah Moderasi Beragama UIN Walisongo, Ini Pesan Menteri Agama RI
Resmikan Rumah Moderasi Beragama UIN Walisongo, Ini Pesan Menteri Agama RI
adanya Rumah Moderasi Beragama UIN Walisongo dapat meningkatkan iklim toleransi di Jawa Tengah. Seperti yang pernah dilakukan para Walisongo pada zamannya.
https://2.bp.blogspot.com/-ERpVHAYbo7w/XfxH7ECPzzI/AAAAAAAAJeY/Msbu-hsHfWkPyZsw_fqWRTNxve33S-5nQCK4BGAYYCw/s640/menag.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ERpVHAYbo7w/XfxH7ECPzzI/AAAAAAAAJeY/Msbu-hsHfWkPyZsw_fqWRTNxve33S-5nQCK4BGAYYCw/s72-c/menag.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/12/resmikan-rumah-moderasi-beragama-uin-walisongo-ini-pesan-menteri-agama-ri.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/12/resmikan-rumah-moderasi-beragama-uin-walisongo-ini-pesan-menteri-agama-ri.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin