5 Skill Penting yang Dibutuhkan Mahasiswa Buat Menambah Penghasilan


Sebagai mahasiswa pastinya kamu sering dihadapkan dengan masalah finansial. Mengingat, jarak yang jauh dengan keluarga dan juga tuntutan untuk lebih mandiri. Dulu bisa dibilang sulit bagi mahasiswa untuk menambah penghasilan karena modal dan keterbatasan fasilitas untuk memulai usaha.

Tetapi, seiring berkembangnya zaman, kondisi lapangan pun berubah. Kehadiran teknologi internet mampu mempermudah mahasiswa dalam menambah penghasilan. Pasalnya, di era digital ini, banyak peluang yang dapat dimanfaatkan mahasiswa. Syaratnya, kamu harus punya skill yang tentunya dibutuhkan di sekarang ini.

Nah, buat kamu mahasiswa yang ingin menambah uang saku bulanan, berikut lima skill penting yang bisa menambah penghasilanmu.

1. Menulis

Kalau kamu termasuk mahasiswa yang suka menulis, jangan sia-siakan kemampuan kamu ini. Sekarang banyak situs-situs yang membutuhkan karya tulis. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menambah penghasilan. Ada banyak pilihan tulisan yang bisa kamu pilih, tinggal sesuaikan dengan gaya bahasa media tersebut.

Menulis bisa jadi satu jalan buat kamu yang masih duduk di perguruan tinggi. Menulis bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, cukup menggunakan gawai yang miliki. Jadi waktu dan tempat lebih fleksibel. Soal penghasilan, media-media online biasanya akan memberikan honor buat karyamu. Kamu bisa dapat penghasilan mulai dari Rp. 1,5 juta perbulannya. Waah, skill yang mendukung isi dompet juga, nih!

2. Desain Grafis

Punya skill desain? Bergabung sebagai freelance design di website yang menyediakan konten desain bisa jadi salah satu solusi buat kamu. Di sini kamu yang menentukan akan mengambil pekerjaan apa, jadi tentunya tidak akan mengganggu waktu kuliahmu karena tidak ada kontrak yang mengikat.

Kamu bisa cari perusahaan atau perorangan yang sedang membuat lomba desain. Ada banyak kategori yang dilombakan, mulai dari logo, poster, dan lain-lain. Kamu tinggal memilih jenis perlombaan apa yang akan kamu ikuti. Jika desainmu terpilih, uang yang masuk kantongmu cukup besar lho. Lumayan kan buat tambahan penghasilan.

3. Fotografi

Jika kamu termasuk salah satu mahasiswa yang suka mengambil foto, fotografi bisa jadi salah satu skill yang menghasilkan uang. Kamu bisa bekerja paruh waktu di studio foto atau mengambil pekerjaan di akhir pekan saja. Jika tidak bisa membagi waktu, kamu bisa jual karya fotomu ke situs yang menerima kontribusi foto dari fotografer lepas.

Karya fotomu yang menarik saat jalan-jalan bisa jadi modal untuk mengirim ke barbagai situs. Jadi tidak perlu khawatir dengan ikatan kontrak atau terkendala waktu. Lumayan kan, selain sebagai kegemaran juga bisa menghasilkan uang.

Baca Juga5 Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru

4. Videografi

Punya banyak video yang kamu kemas dengan menarik? Nah, ini juga bisa kamu gunakan sebagai pekerjaan. Hasil videomu bisa kamu manfaatkan untuk dijual di situs yang menerima karyamu itu. Kamu juga bisa menggunakannya untuk memulai kegiatan yang menghasilkan uang melalui media sosial. Meskipun butuh proses, tentu tidak ada salahnya mencoba.

5. Kemampuan Bahasa Asing

Salah satu pekerjaan yang banyak ditawarkan adalah penerjemah bahasa asing. Nah, kalau kamu mahasiswa dengan jurusan atau ikut kegiatan yang fokus ke bahasa asing, atau malah sudah pandai dan suka belajar berbagai bahasa, pekerjaan ini cocok banget buat kamu. Ada berbagai situs yang menerima pekerjaan ini, seperti sribulancer, upwork, gobann dan masih banyak lagi.

Selain itu kamu juga bisa menawarkan jasa les privat ke anak-anak sekolah,lho. Gunakan waktu luang saat tidak ada jam kuliah. Dengan begitu tidak akan terbentur dengan kewajibanmu sebagai mahasiswa. Selain bisa menularkan ilmu, tentu bisa menambah penghasilanmu.

Nah, itu tadi lima pekerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan tanpa mengganggu waktumu sebagai mahasiswa. Dengan itu, kamu akan lebih mandiri sebagai mahasiswa tanpa harus meminta uang saku kepada orang tua tiap bulannya. Kamu hanya tinggal memanfaatkan skill yang kamu punya saja. Selamat mencoba! [Devia]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,175,Berita,941,cerpen,20,Dosen,5,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,17,Kesehatan,8,Mahasiswa,103,Muharram,1,Oase,197,Opini,152,opini mahasiswa,2,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,79,Resensi,11,Resensi Buku,14,Resensi Film,22,Riset,4,Sastra,43,Semarang,1,Surat Pembaca,7,Suro,2,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,151,UKM,3,Wisuda,9,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: 5 Skill Penting yang Dibutuhkan Mahasiswa Buat Menambah Penghasilan
5 Skill Penting yang Dibutuhkan Mahasiswa Buat Menambah Penghasilan
Buat kamu mahasiswa yang ingin menambah uang saku bulanan, berikut lima skill penting yang bisa menambah penghasilanmu.
https://2.bp.blogspot.com/-JmjT6JOZe04/XW1NEmIAqUI/AAAAAAAAIsM/X3UU5yzXWEIN_cUqMPOz_H9BpmFXO2oVQCK4BGAYYCw/s1600/5%2Bskill%2Bmendapatkan%2Bpenghasilan.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-JmjT6JOZe04/XW1NEmIAqUI/AAAAAAAAIsM/X3UU5yzXWEIN_cUqMPOz_H9BpmFXO2oVQCK4BGAYYCw/s72-c/5%2Bskill%2Bmendapatkan%2Bpenghasilan.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/09/5-skill-penting-yang-dibutuhkan-mahasiswa-buat-menambah-penghasilan.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/09/5-skill-penting-yang-dibutuhkan-mahasiswa-buat-menambah-penghasilan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin