5 Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru



Tahun ajaran baru, waktu dimana semua kampus menerima mahasiswa baru. Variasi latar belakang mahasiswa baru pastinya memiliki pengalaman yang berbeda. Mahasiswa yang baru memasuki dunia kampus, perlu beradaptasi dengan lingkungannya. Banyak hal yang tidak sejalan dengan apa yang terpikirkan diawal. Oleh karena itu, mengenal dunia kampus menjadi salah satu syarat bagi kamu ketika menjadi mahasiswa baru.

Bagi kamu mahasiswa baru, ada 5 hal yang harus kamu ketahui di semester awal perkuliahanmu.

1. Kenali Karakter Dosen

Dosen dan guru  mempunyai tujuan yang sama yaitu memberikan pemahaman dari yang tidak kamu ketahui agar menjadi tahu. Akan tetapi, keduanya mempunyai kebiasaan yang berbeda dalam mengajar. Setiap dosen memiliki karakter yang berbeda-beda pula.

Tidak ada salahnya jika kamu bertanya kepada senior di kampus yang kamu kenali tentang karakter dosen dalam mengajar. Hal ini akan mempermudah kamu menyesuaikan diri ketika belajar di kelas. Tidak hanya itu, kamu akan tahu sikap seperti apa yang akan kamu lakukan jika sudah paham karakter dosen yang sedang mengajar.

2. Tradisi Senior/Kating

Setiap mahasiswa baru tentu akan memiliki kakak tingkat (kating) yang terlebih dahulu masuk di kampus tersebut. Mereka tentu mempunyai cara atau tradisi tersendiri untuk menyambut dan menyikapi datangnya mahasiswa baru. Sikap dan sifat kating tentunya akan bervariasi.

Tidak ada salahnya jika kamu mencari tahu bagaimana kakak tingkat memperlakukan adik tingkatnya. Informasi ini bisa kamu tanyakan pada orang-orang disekitarmu yang saat ini juga sedang menempuh jenjang perkuliahan. Hal ini berguna agar kamu bisa menentukan sikap ke depannya dalam menghadapi kating di kampusmu.

3. Manajemen Waktu

Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya. Hal ini juga berlaku pada "waktu". Pastikan selama awal perkuliahan kamu sudah mulai belajar membagi waktu dengan baik. Selain menghindari penyesalan karena membuang waktu di masa kuliah dengan sia-sia, kamu juga akan menjadi orang yang berdisiplin waktu.

Manajemen waktu ini bisa kamu mulai dengan memahami jadwal kuliah. Ketika sudah paham dengan jadwal kuliah, kamu akan bisa menyesuaikan waktu kuliah dengan kebiasaan tidur, belajar, bermain gawai, maupun nongkrong atau jalan-jalan dengan teman-temanmu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan beberapa sisa waktumu di kampus untuk mengikuti kegiatan mahasiswa, agar waktumu tidak terbuang begitu saja.

4. Cara Mendapat Beasiswa Maupun Penghasilan Sendiri

Tentu semua anak ingin meringankan beban orang tua bukan? Nah, untuk meringankan beban ekonomi keluargamu, kamu bisa mencari informasi mengenai beasiswa yang tersedia di dalam ataupun di luar kampus. Persiapkan sedini mungkin dan cari info sebanyak mungkin.

Selain beasiswa kamu juga bisa mecari pekerjaan paruh waktu yang tidak mengganggu jam kuliah kamu. Selain menghasilkan uang dengan keringatmu sendiri, kamu akan lebih mandiri dari sebelumnya. Kamu juga bisa mencoba pekerjaan yang berhubungan dengan keahlian yang kamu miliki, seperti jasa penerjemah, desain grafis, videografis, fotografer, atau bidang jurnalistik.

5. Buat Rencana Ke Depan

Ketika masuk kampus, pastikan kamu sudah memiliki rencana ke depannya. Kamu harus mulai menentukan target-target tertentu, misalnya berapa tahun kamu harus kuliah, berapa SKS yang ingin diprogram, ataupun pengalaman seperti apa yang ingin kamu rasakan.
Selain untuk pencapaianmu sendiri, ini berguna agar kamu tidak merasa terbebani ketika ada teman yang lebih dulu meraih hasil.

Bagi kamu yang masuk kategori mahasiswa baru, persiapkan diri untuk menikmati dunia kampus. Selamat menikmati nuansa jenjang pendidikan baru! [D]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,159,Berita,867,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,9,Kesehatan,8,Mahasiswa,47,Muharram,1,Oase,185,Opini,144,opini mahasiswa,2,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,75,Resensi,10,Resensi Buku,14,Resensi Film,21,Riset,4,Sastra,38,Surat Pembaca,7,Suro,2,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,83,Wisuda,5,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: 5 Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru
5 Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru
mahasiswa baru. Awal masuk kuliah. Mahasiswa yang baru memasuki dunia kampus, perlu beradaptasi dengan lingkungannya.
https://4.bp.blogspot.com/-8CxI6B0LBRQ/XWtLBF4iWiI/AAAAAAAAIrk/XnHRV4goOkQpBviP7A43Nky0f0m3g2mXgCK4BGAYYCw/s1600/maba.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-8CxI6B0LBRQ/XWtLBF4iWiI/AAAAAAAAIrk/XnHRV4goOkQpBviP7A43Nky0f0m3g2mXgCK4BGAYYCw/s72-c/maba.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/09/5-hal-yang-perlu-diketahui-mahasiswa-baru.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/09/5-hal-yang-perlu-diketahui-mahasiswa-baru.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin