5 Ciri- ciri Testimoni Palsu saat Belanja Online, Jangan Sampai Tertipu



Ketika kita ingin belanja di toko online, biasanya kita akan melihat terlebih dahulu ulasan atau testimoni yang telah disampaikan konsumen lainya. Testimoni ini sangatlah penting bagi calon pembeli untuk menilai kualitas produk yang akan di belinya. Tak heran jika kecurangan pembuatan testimoni palsu dilakukan oleh penjual demi menarik banyak konsumen untuk membeli barang daganganya.

Testimoni palsu ini tidak banyak perbedaan dengan testimoni yang asli. Jika dilihat sekilas, testimoni  ini tidak ada perbedaan. Tapi belajarlah jadi orang yang cerdas dalam belanja di toko online. Jangan mau tertipu, sayang uangnya jika barangnya tak sesuai. Simak dulu nih lima ciri-cirinya testimoni palsu berikut agar kamu tidak mudah tertipu saat hendak belanja di toko online.

1. Kerap menggunakan bahasa yang berlebih- lebihan tanpa penjelasan pengalaman yang rinci

Biasanya testimoni yang palsu itu menggunakan bahasa yang berlebih- lebihan dan jauh dari logis. Contohnya, “berkat minum susu ini, tinggi badan saya sehari mencapai 5 cm.” Selain itu, hal- hal rinci pun jarang disebutkan, apalagi ulasan tentang jasa. Misalnya pesan villa atau hotel, isi komentarnya hanya yang positif saja tanpa penjelasan bagaimana fasilitas serta pengalaman selama menginap di sana secara detail.

2. Foto dan kalimat testimoni yang tercantum sama persis dengan yang tercantum di toko lain

Testimoni palsu kerap tak akan buang- buang waktu untuk merangkai kata dan mengambil gambar yang dicantumkan di kolom komentar. Gambar biasanya jiplakan dari toko lain. Maka dari itu, jika kalian melihat testimoni dengan gambar yang familiar, dan pernah kalian lihat di toko lain, bisa dipastikan itulah salah satu testimoni palsu.

3. Penyebutan nama produk secara lengkap dan berulang

Penyebutan produk yang berulang-ulang dan secara lengkap yakni bermaksud untuk sekalian promosi dilakukan sesering mungkin. Kata- katanya pun jarang digunakan pada testimoni- testimoni lainya, dan sangat ramah dengan mesin Google agar mudah dalam pencarian bagi pembeli.

4. Jumlah bintang atau peringkat testimoni palsu tidak sesuai dengan kenyataan

Jumlah peringkat atau bintang hasil dari testimoni hanya beberapa ulasan saja itu bisa dikatakan testimoni palsu. Kalian harus memeriksa peringkat tersebut sesuai dengan jumlah orang yang telah mengulas produk dan memasukan peringkat. Kalau peringkatnya tinggi tapi ulasanya hanya ada beberapa saja, bisa jadi itu testimoni palsu.

5. Periksa identitas orang yang memberikan testimoni. 

Untuk mengecek testimoni tersebut asli atau palsu, klik akun yang memberikan testimoni. Akun tersebut akan dapat diakses ke identitas aslinya. Pastikan Jika akun tersebut menulis beberapa ulasan di toko online yang berbeda. Jika akun tersebut hanya menulis satu atau banyak dalam sekali waktu, bisa kita curigai kebenaranya.

Marilah kita bersama-sama mewaspadai toko online yang mencantumkan testimoni yang banyak. Apalagi dengan kata-kata yang positif semua, toh bukan berarti toko online tersebut terpercaya. Jadi, haruslah pintar dan teliti dalam membeli produk atau jasa, apalagi di jual di toko online yang mana kita belum melihat barang tersebut  sesuai aslinya. Hati- hati sebelum kecewa ya!

[Sofia Najma]

Artikel Lain:

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,151,Berita,825,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,8,Kesehatan,8,Mahasiswa,34,Oase,174,Opini,142,opini mahasiswa,1,PBAK,5,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,68,Resensi,10,Resensi Buku,14,Resensi Film,21,Riset,4,Sastra,31,Surat Pembaca,7,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,50,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: 5 Ciri- ciri Testimoni Palsu saat Belanja Online, Jangan Sampai Tertipu
5 Ciri- ciri Testimoni Palsu saat Belanja Online, Jangan Sampai Tertipu
Generasi Milenial banyak berkutat dengan teknologi. Hati-hati ketika belanja di Online Shop. Kenali ciri-ciri testimoni yang asli dan yang palsu
https://3.bp.blogspot.com/-L7dmARTG5qg/XOoBU3jbfOI/AAAAAAAAH_4/YKOHMqUS0LU8ISUc6VNy3_ExEWGfyEn8ACK4BGAYYCw/s1600/5-Ciri-ciri-Testimoni-Palsu-saat-Belanja-Online%252C-Jangan-Sampai-Tertipu.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-L7dmARTG5qg/XOoBU3jbfOI/AAAAAAAAH_4/YKOHMqUS0LU8ISUc6VNy3_ExEWGfyEn8ACK4BGAYYCw/s72-c/5-Ciri-ciri-Testimoni-Palsu-saat-Belanja-Online%252C-Jangan-Sampai-Tertipu.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/05/5-ciri-ciri-testimoni-palsu-saat-belanja-online-jangan-sampai-tertipi.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/05/5-ciri-ciri-testimoni-palsu-saat-belanja-online-jangan-sampai-tertipi.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin