Farid Esack Imbau Mahasiswa Agar Tidak Tergesa-gesa Dalam Menafsirkan Al-Qur'an

Sobirin Sahal (kiri) mendampingi Farid Esack (kanan) yang menyampaikan materi dalam acara Ngaji Bareng Farid Esack dalam rangka Dies Natalis UIN Walisongo ke-49 di auditorium I kampus I lantai 2, Senin (25/03/19).
Semarang, IDEAPERS.COM - Pakar Tafsir University Of Johannesbung South Africa, Farid Esack mengimbau kepada mahasiswa supaya tidak terburu-buru dalam membaca (baca: menafsirkan) al-Qur'an. Hal itu ia sampaikan dalam acara Ngaji Bareng Farid Esack yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHum) UIN Walisongo Semarang di audit I kampus I lantai 2, Senin (25/03/19).

Dalam acara yang bertema "On Being A Muslim In The Today World : Learning To Live Together and The Quranic Liberation Theology"  Farid mengatakan bahwa yang menjadi akar dari radikalisme dalam hermeunetik tafsir adalah tidak dijadikannya ayat-ayat kunci di dalam al-Qur'an sebagai fundamental untuk membaca al-Qur'an. Beberapa orang terlalu tergesa-gesa dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur'an.

"Beberapa orang atau kelompok terlalu tergesa-gesa dalam menafsirkan al-Qur'an, sehingga menyebabkan pemaknaan yang menyimpang," kata Farid yang sudah ditranslate oleh moderator acara, Sobirin Sahal.

Baca Juga: Tidak Dapat Kursi, Peserta Ngaji Bareng Farid Esack Duduk Lesehan di Lantai

Farid memberikan istilah 'al-isti'jal fil qiro'ah' yang berarti tergesa-gesa dalam membaca al-Qur'an. Hal itu dapat menimbulkan pemahaman yang tidak sesuai sehingga dengan mudahnya mengecam orang lain sebagai kafir.

"Begini dianggap kafir, begini dianggap sebagai sesuatu yang menyimpang. Ini yang menjadi bagian dari adanya pandangan keagamaan berbasis pada Qur'an yang keras yaitu disebut radikalisme," imbuhnya.

Selanjutnya, Farid juga menyebutkan bahwa radikal bisa dilihat dari konteks relasi. Ia mengatakan bahwa problem yang mendasar selama ini sudah terjadi sejak sejarah sebelum kita ada yaitu bagaimana sikap kita terhadap isu-isu muslim.

"Problem yang mendasar selama ini sudah terjadi sejak dulu yaitu bagaimana sikap kita terhadap isu muslim dan sekarang ada muslim dan ethnis chinese. Dan ini harus diberi perhatian khusus oleh kalangan muslim moderat," jelasnya.

Sebagai informasi, acara Ngaji Bareng Esack ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis UIN Walisongo ke-49. Acara ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dan puluhan dosen UIN Walisongo Semarang. [Rep. Fine/Red. eL]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,126,Berita,777,cerpen,19,Dosen,3,EkspreShe,22,Essay,70,Generasi Milenial,16,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,17,Keagamaan,4,Kesehatan,4,Mahasiswa,8,Oase,146,Opini,132,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,63,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,25,Surat Pembaca,7,Teknologi,6,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,17,Zodiak,1,
ltr
item
IDEApers: Farid Esack Imbau Mahasiswa Agar Tidak Tergesa-gesa Dalam Menafsirkan Al-Qur'an
Farid Esack Imbau Mahasiswa Agar Tidak Tergesa-gesa Dalam Menafsirkan Al-Qur'an
Farid Esack Imbau Mahasiswa Agar Tidak Tergesa-gesa Dalam Menafsirkan Al-Qur'an. Hal itu ia sampaikan dalam acara Ngaji Bareng Farid Esack yang diselenggarakan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang.
https://3.bp.blogspot.com/-4s17LBFFqaM/XJitTzV91aI/AAAAAAAAHYg/kgTW40gsIhIegYyOOqfYUtQxKFkgspWugCK4BGAYYCw/s1600/Farid-Esack-Imbau-Mahasiswa-Agar-Tidak-Tergesa-gesa-Dalam-Menafsirkan-Al-Qur%2527an.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-4s17LBFFqaM/XJitTzV91aI/AAAAAAAAHYg/kgTW40gsIhIegYyOOqfYUtQxKFkgspWugCK4BGAYYCw/s72-c/Farid-Esack-Imbau-Mahasiswa-Agar-Tidak-Tergesa-gesa-Dalam-Menafsirkan-Al-Qur%2527an.jpeg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/03/farid-esack-imbau-mahasiswa-agar-tidak-tergesa-gesa-dalam-menafsirkan-al-quran.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/03/farid-esack-imbau-mahasiswa-agar-tidak-tergesa-gesa-dalam-menafsirkan-al-quran.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin