Sulitnya Menjadi Diri Sendiri dan Cara Mengatasinya


Menjadi diri sendiri merupakan kalimat yang seringkali digaungkan orang-orang sebagai ungkapan penerimaan untuk menjalani kehidupan. Bagaimana hidup apa adanya yang selalu identik dengan kenyamanan dan hilangnya beban sebab kita tidak perlu menjadi orang lain. Tentu menyenangkan jika bisa dilakukan. Namun, benarkah setiap orang telah menjadi dirinya sendiri sepanjang hidupnya? 

Saat berada di lingkungan sosial, baik di tempat bekerja, sekolah, kuliah, atau tongkrongan dengan orang lain, pastinya kita melakukan interkasi baik secara verbal maupun non verbal. Berhadapan dengan orang lain membuat kita harus menyesuaikan diri untuk menjalin komunikasi sesuai lawan bicara dan kondisinya. 

Pasalnya, ada ketakutan tersendiri ketika harus menunjukkan diri kita yang sebenarnya di hadapan orang lain. Penolakan salah satu alasannya. Akhirnya, kita memilih bertindak sesuai dengan lingkungan kita. Barangkali hal tersebut bukan hanya dilakukan oleh diri kita saja, orang-orang di sekitar kita mungkin juga berperilaku yang sama saat bertemu orang lain, mereka seperti "tidak menjadi dirinya sendiri".

Munculnya konflik dan salah paham antara satu dengan lainnya juga menjadi alasan seseorang sulit menjadi diri sendiri. Anggapan dan pikiran negatif yang muncul terhadap apa yang sedang dipikirkan orang lain membuat kita cenderung menunjukkan bagian yang bukan diri kita. 

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum, jika kita harus menggunakan topeng yang berbeda di setiap lingkungan yang berbeda juga. Sebagaimana bunglon yang dapat mengubah warna tubuhnya, kita mengubah diri kita menjadi sosok yang lain agar bisa berbaur dengan lingkungan sosial kita. 

Menjadi diri sendiri sepenuhnya bukan hal yang mudah. Butuh keberanian dan latihan agar bisa menjadi diri sendiri tanpa beban. Kita memerlukan solusi yang efektif untuk menghadapi hal ini, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. 

Solusi Menjadi Diri Sendiri

Melatih keterampilan sosial menjadi bagian penting dalam penyelesaian masalah ini. Menjadi komunikator yang baik, membangun kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan bertindak sesuai dengan  yang kita bisa merupakan jalan terang untuk memulai menjadi diri sendiri. Selain itu, mulailah menghindari obrolan yang membuat diri kita tidak nyaman. 

Beberapa di antara kita mungkin berpikir, lebih baik menjadi orang lain agar di nilai baik di mata orang lain. Beberapa momen juga terkadang membuat kita ingin menujukan yang terbaik dari sisi lain kita kepada orang lain. Bukan begitu? 

Membuat kesan yang baik saat menjalin hubungan dengan orang lain memang diperlukan. Namun, jika dilakukan secara terus menerus dan salah, malah akan mengarahkan kita pada hubungan palsu. Hal ini justru semakin menyiksa diri kita dengan ketidaknyamanan. 

Setiap orang memiliki kesulitan yang membuat mereka merasa menderita di tiap-tiap fasenya. Namun, jika setiap orang dapat memahami dan mengetahui dirinya sendiri, tentu akan mempermudah dirinya dalam berinteraksi dengan orang lain.

Diri kita adalah pengendali dari setiap apa yang kita lakukan. Tidak perlu mengkhawatirkan yang dipikirkan orang lain. Berusaha memenuhi yang orang lain harapkan, akan membuat diri kita tidak nyaman. Berfikir dan bertindaklah sesuai pilihan dirimu dan bisa membuat pengembangan diri. 

Tentang bagaimana kita menjalani hidup dan menjadi diri sendiri, sudahkah kita berusaha melakukannya dengan baik? 

[Devia]

KOMENTAR

Name

2021,4,22 Mei 2019,1,Advertorial,3,al-ikhlas,1,Al-Qur'an,3,Albert Camus,2,Albert Estein,2,Anak,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,Artikel,398,Beasiswa,4,Begadang,1,belajar,1,berdoa,2,Berita,1195,buku,2,Bulan Ramadan,3,Carl jung,1,cerpen,24,Corona virus,63,Daun kelor,1,Demokrasi,1,EkspreShe,31,Essay,116,Filsafat,20,FUHUM,3,Generasi Milenial,27,George Orwell,1,globalisasi,1,Guru,1,hak cipta buku,1,Harapan,2,Hari Buku Internasional,1,Hari Buruh,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Jumat,1,Hari Kartini,1,hari kemerdekaan,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,11,Hari Santri,4,idul adha,3,Ilmu Pengetahuan,63,Imam Nawawi,1,Iwan Fals,1,Kahlil Gibran,2,Kapitalis,1,Keagamaan,56,Kebahagiaan,2,kecerdasan,1,kemerdekaan,1,Kesehatan,26,KI Hajar Dewantara,1,Kitab Allah,1,KKN,6,Komunikasi,3,kopi,1,Korean Wave,1,Kuliah,3,Kuliah luar negeri,1,Kuliah Online,21,Kuliah tatap muka,1,Literasi,1,Machiavelli,1,Mahasiswa,308,makna hidup,1,Maksiat hati,1,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,mental,1,Menulis,1,modernitas,1,Muhammad,5,Muhammad Iqbal,1,Musik,1,Nabi Muhammad,2,New Normal,18,Ngaliyan,1,Oase,315,Olahraga,1,Opini,225,opini mahasiswa,17,pancasila,1,Pandemi,4,PBAK,24,Pendidikan,4,Penyair,1,Perempuan,5,Pertemanan,1,politik,3,Post-truth,1,Potret Berita,4,Pramoedya Ananta Toer,1,Psikologi,14,Puasa,8,Puasa Ramadan,40,Puisi,119,Quotes,1,Rasulullah,1,Resensi,20,Resensi Buku,19,Resensi Film,26,revolusi industri,1,Riset,4,Sahabat,2,Sastra,94,Second Sex,1,Semarang,41,Shalawat,1,Skripsi,3,stoic,1,sufisme,1,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,tafsir,2,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,2,tasawuf,1,Taubat,1,Teknologi,28,tips,1,Toefl-Imka,15,Toxic,1,UIN Walisongo,363,UKM,6,ukt,21,Wisuda,52,Writer's block,1,Zodiak,3,zoom meeting,1,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Sulitnya Menjadi Diri Sendiri dan Cara Mengatasinya
Sulitnya Menjadi Diri Sendiri dan Cara Mengatasinya
Menjadi diri sendiri merupakan kalimat yang seringkali digaungkan orang-orang sebagai ungkapan penerimaan untuk menjalani kehidupan.
https://1.bp.blogspot.com/-RnoRFXV16J4/YNbo5-T8ddI/AAAAAAAALyA/gyRJ31C_vYQ8Ih5W2B9QO4K-MrK2nd9RQCLcBGAsYHQ/s16000/Desain%2Btanpa%2Bjudul.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RnoRFXV16J4/YNbo5-T8ddI/AAAAAAAALyA/gyRJ31C_vYQ8Ih5W2B9QO4K-MrK2nd9RQCLcBGAsYHQ/s72-c/Desain%2Btanpa%2Bjudul.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2021/06/sulitnya-menjadi-diri-sendiri-dan-cara-mengatasinya.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2021/06/sulitnya-menjadi-diri-sendiri-dan-cara-mengatasinya.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin