Mengenal Sosok M. Iqbal, Penyair Sekaligus Intelektual Muslim Pakistan

Sir Muhammad Iqbal atau lebih dikenali dengan panggilan Allama Iqbal, lahir di Sialkot pada 22 Februari 1873. Ia seorang pembaru gerakan Islam di India dan Pakistan, yang juga dikenal sebagai inteletual muslim yang kritis dan berani. Gagasan filosofisnya berhasil mendialogkan antara pemikiran timur dan pemikiran barat telah memberikan pengaruh  pada abad 20. 

Reconstruction of Religious Thought in Islam dan The Reconstruction of Muslim Jurisprudence sebagai karyanya pemikirannya. Melalui dua karya tersebut Iqbal mendeskontruksikan pemikiran tentang ajaran dan hukum Islam yang dianggap masih konservatif. Sehingga ia di kenal juga sebagai pemikir intelektual muslim modern. 

Iqbal menjadi salah satu tokoh penting dalam sastra Urdu, dengan karya sastra yang ditulis baik dalam bahasa Urdu maupun Persia. Iqbal dikagumi sebagai penyair klasik menonjol oleh sarjana-sarjana sastra dari Pakistan, India, maupun secara internasional. 

Pandangan dan pemikirannya dalam dunia Islam juga dituangkan dalam karya sastra seperti puisi. Bagi Iqbal puisi merupakan kuasa batiniah untuk membangunkan muslim yang lama tertidur. Puisi kendaraan bagi gerak fikirnya. Ia berkhutbah, berdakwah, menyuarakan kebenaran, dan memberi penilaian melalui puisi. 

Puisi-puisi milik Iqbal berisi tentang kebebasan dan keterbukaan dan beberapa karyanya berhasil membangkitkan semangat umat Islam yang cenderung berpikiran jumud. Melalui puisi-puisinya Iqbal juga telah memberikan pengaruh yang sangat besar pada perselisihan budaya, sosial, religius dan politik selama bertahun-tahun. 

Sebagai penyair, Iqbal telah menerbitkan kurang-lebih 14 antologi puisi: Shikwa, Jawab-i Shikwa, Sham’a aur Sya’ir, Bang-i Dira, Asrar-i Khudi, Rumuz-i Bekhudi, Payam-i Masyriq, Zabur-i Ajam, Javid Namah, Musafir, Bal-i Jira’il, Pas Chai Bayad Kard ay Aqwam-i Sharq, Darb-i Kalimdan Armughan-i Hijaz. Puisi-puisinya sebagian besar menyuarakan ajaran neo-sufisme yang ia gali dari akar-akar filsafat Barat dan Timur.

Asrar-i-Khudi (Rahsia Diri) merupakan antologi puisi Iqbal yang ditulis dalam bahsa Parsi. Ini bukan sekadar puisi, tapi terkandung filsafat agama. Berisi tentang pentingnya Ego. Bagi Iqbal, jawapan atas pertanyaan-pertanyaan esensial berkenaan dengan Ego sangatlah penting untuk persoalan moral, baik untuk individual ataupun masyarakat.

Setelah itu, Iqbal menerbitkan karnyanya Rumuz-i-Bekhudi (Rahsia Kedirian). Tema utamanya berisi tentang masyarakat ideal, etika dan prinsip sosial dalam Islam, dan hubungan antara individu dan masyarakat. Di sini, Iqbal juga menjelaskan aspek-aspek penting dari agama lain. Iqbal melihat bahawa individu dan masyarakatnya sebenarnya saling mencerminkan satu dengan lainnya. Individu harus menjadi jiwa yang kuat sebelum bersatu dengan masyarakatnya. Dan, dengan berinteraksi dengan anggota masyarakat lainnya, Ego belajar menerima batas-batasan kebebasannya dan makna cinta.

Nyanyian Waktu

 Aku derita mahupun penawar

Kesederhanaan mahupun kemegahan.

Aku pedang yang menghancurkan

Aku mata air kekekalan

Aku api yang membinasakan

Aku taman kebaqaan

Pertentanganku nyata

(Anggaplah itu tipu-muslihat):

Berubah selalu, diam senantiasa

Tak berubah dalam dada yang berubah.

Seperti jiwa manusia aku tak terikat

Pada lambang-lambang bilangan-

Aku tak terikat pada masa dan keluasan

Pada pergantian dan tahun kabisat

Kau adalah rahasia terpendam dalam dirimu

Aku adalah rahasia dari wujudmu.

Aku hidup karena kau memiliki jiwa

Dan tempat tinggalku adalah kesendirian jiwamu

[Gita]

KOMENTAR

Name

2021,4,22 Mei 2019,1,Advertorial,3,al-ikhlas,1,Al-Qur'an,3,Albert Camus,2,Albert Estein,2,Anak,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,Artikel,398,Beasiswa,4,Begadang,1,belajar,1,berdoa,2,Berita,1195,buku,2,Bulan Ramadan,3,Carl jung,1,cerpen,24,Corona virus,63,Daun kelor,1,Demokrasi,1,EkspreShe,31,Essay,116,Filsafat,20,FUHUM,3,Generasi Milenial,27,George Orwell,1,globalisasi,1,Guru,1,hak cipta buku,1,Harapan,2,Hari Buku Internasional,1,Hari Buruh,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Jumat,1,Hari Kartini,1,hari kemerdekaan,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,11,Hari Santri,4,idul adha,3,Ilmu Pengetahuan,63,Imam Nawawi,1,Iwan Fals,1,Kahlil Gibran,2,Kapitalis,1,Keagamaan,56,Kebahagiaan,2,kecerdasan,1,kemerdekaan,1,Kesehatan,26,KI Hajar Dewantara,1,Kitab Allah,1,KKN,6,Komunikasi,3,kopi,1,Korean Wave,1,Kuliah,3,Kuliah luar negeri,1,Kuliah Online,21,Kuliah tatap muka,1,Literasi,1,Machiavelli,1,Mahasiswa,308,makna hidup,1,Maksiat hati,1,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,mental,1,Menulis,1,modernitas,1,Muhammad,5,Muhammad Iqbal,1,Musik,1,Nabi Muhammad,2,New Normal,18,Ngaliyan,1,Oase,315,Olahraga,1,Opini,225,opini mahasiswa,17,pancasila,1,Pandemi,4,PBAK,24,Pendidikan,4,Penyair,1,Perempuan,5,Pertemanan,1,politik,3,Post-truth,1,Potret Berita,4,Pramoedya Ananta Toer,1,Psikologi,14,Puasa,8,Puasa Ramadan,40,Puisi,119,Quotes,1,Rasulullah,1,Resensi,20,Resensi Buku,19,Resensi Film,26,revolusi industri,1,Riset,4,Sahabat,2,Sastra,94,Second Sex,1,Semarang,41,Shalawat,1,Skripsi,3,stoic,1,sufisme,1,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,tafsir,2,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,2,tasawuf,1,Taubat,1,Teknologi,28,tips,1,Toefl-Imka,15,Toxic,1,UIN Walisongo,363,UKM,6,ukt,21,Wisuda,52,Writer's block,1,Zodiak,3,zoom meeting,1,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Mengenal Sosok M. Iqbal, Penyair Sekaligus Intelektual Muslim Pakistan
Mengenal Sosok M. Iqbal, Penyair Sekaligus Intelektual Muslim Pakistan
Sir Muhammad Iqbal atau lebih dikenali dengan panggilan Allama Iqbal, lahir di Sialkot pada 22 Februari 1873. Ia seorang pembaru gerakan Islam di Indi
https://4.bp.blogspot.com/-Or_0q70V69o/YBWT7h8eWCI/AAAAAAAALXY/bFjP-fo9pNYbmkbaeOklXKQi1nNiCEVMwCLcBGAsYHQ/s16000/m.%2BIqbal.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Or_0q70V69o/YBWT7h8eWCI/AAAAAAAALXY/bFjP-fo9pNYbmkbaeOklXKQi1nNiCEVMwCLcBGAsYHQ/s72-c/m.%2BIqbal.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2021/02/mengenal-sosok-m-iqbal-penyair-sekaligus-intelektual-muslim-pakistan.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2021/02/mengenal-sosok-m-iqbal-penyair-sekaligus-intelektual-muslim-pakistan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin