Inilah 5 Pertanyaan yang Membuat Percakapan Lebih Bermakna

Terlalu banyak informasi soal virus corona, bisa mempengaruhi pembahasan dengan lawan bicara. Pembicaraan sama tentang peristiwa ini membuat semakin stress akibat pembahasan corona yang tak kunjung berhenti. Apalagi kalimat pembuka berupa pertanyaan yang sudah sering didengar.

Misalnya, kapan virus Covid-19 ini akan berakhir? apakah virus ini benar-benar ada? dan lain sebagainya. Dengan kondisi yang sangat membosankan saat ini, ditambah dengan pembahasan yang tidak pernah berubah, bukannya memperbaiki keadaan. Tapi, justru malah memperburuk suasana.

Ada banyak cara untuk menciptakan sebuah obrolan yang berkesan dan menyenangkan. Seperti merubah kalimat pembuka sebuah obrolan. Masih seputar pertanyaan, namun dengan diksi yang lain. Apa saja? Berikut contoh pertanyaan atau kalimat pembuka sebuah obrolan yang menyenangkan.


1. Apa yang paling kamu syukuri?

Contoh dari pertanyaan pertama ini, membuat kalian bisa lebih berfikir positif terhadap kejadian saat ini. Baik dari lingkungan sekitar, maupun dalam diri sendiri. Sehingga kalian tidak melulu memikirkan masa lalu dan stagnan tanpa memikirkan target hidup kedepannya.

Meskipun pembahasan masih sekitar soal pandemi. Tidak masalah. Itu tergantung bagaimana kalian mencari sudut pandang yang baik dalam suatu pembahasan. Karena tidak semua permasalahan adalah negatif. Kalian bisa mencoba membahas soal celah yang ada dalam sebuah masalah.


2. Sedang mengerjakan hal menarik apa belakangan ini? 

Pertanyaan seperti ini, bukan hanya membuat pemikiranmu menjadi positif. Juga bisa meminta solusi dari orang lain yang dianggap sudah berpengalaman soal ini. Usaha bisa menjadi sukses dan maju, karena adanya pembaharuan terhadap sistem yang ada didalamnya.

Karena seseorang cenderung senang untuk berbagi hal baru yang sedang dilakukan. Temukan cara bagaimana membuat orang lain bercerita tentang apa yang mereka sukai. Banyak orang memiliki pekerjaan sampingan yang luar biasa dan mereka dengan senang hati akan bercerita kemajuan yang mereka capai. 


3. Apa yang bekerja dengan baik pada dirimu saat ini? 

Salah satu cara untuk mengubah energi negatif menjadi energi positif dalam sebuah percakapan adalah fokus. Termasuk pada hal-hal baik yang yang terjadi dalam hidup dan pekerjaan seseorang. Gunakan pertanyaan ini untuk saling berbagi tentang cara meningkatkan hal baik dalam diri sendiri.

Dengan adanya obrolan ini, seseorang bisa mengatasi rintangan yang sedang menghalangi kehidupannya. Obrolan bisa mengalir jika antara lawan bicara bisa saling memberi timbal balik yang baik terhadap pembahasan.


4. Apa yang kamu pilih saat mengisi waktu luang? 

Adanya kebijakan Physical Distancing, membuat banyak orang menghabiskan waktunya di rumah saja. Mengisi waktu luang bisa diisi dengan berbagai aktifitas yang bermanfaat. Akhir ini, banyak orang yang memanfaatkan media sosialnya untuk sekedar berselancar dan mencari informasi. Pertanyaan seperti ini, bisa menimbulkan obrolan menarik dengan lawan bicaramu. 


5. Apa yang kamu lakukan untuk menghilangkan stress? 

Dibatasinya segala aktifitas di luar rumah, dapat menimbulkan gangguan mental selama pandemi. Pembahasan soal solusi menangkal stress ini bisa menjadi pembahasan positif antara kalian dengan lawan bicara. Setiap orang memiliki cara yang berbeda soal ini. Karena dengan ini, kalian bisa saling tukar pendapat.

[Umi Nurfaizah]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,284,Beasiswa,2,Berita,1118,buku,1,cerpen,23,Corona virus,54,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,90,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,46,Keagamaan,34,Kesehatan,20,Komunikasi,3,Kuliah Online,14,Mahasiswa,234,Mendikbud,1,Muhammad,5,New Normal,15,Oase,276,Opini,187,opini mahasiswa,7,PBAK,17,Pendidikan,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,97,Resensi,17,Resensi Buku,17,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,65,Semarang,38,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,UIN Walisongo,282,UKM,5,ukt,10,Wisuda,39,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Inilah 5 Pertanyaan yang Membuat Percakapan Lebih Bermakna
Inilah 5 Pertanyaan yang Membuat Percakapan Lebih Bermakna
Pembicaraan sama tentang peristiwa ini membuat semakin stress akibat pembahasan corona yang tak kunjung berhenti.
https://1.bp.blogspot.com/-0LzWCkYOqQs/X7STSikE4DI/AAAAAAAALKM/nwM-ufXsREgPc4gDEdRztG2kmlbzLDZtwCLcBGAsYHQ/s320/16.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0LzWCkYOqQs/X7STSikE4DI/AAAAAAAALKM/nwM-ufXsREgPc4gDEdRztG2kmlbzLDZtwCLcBGAsYHQ/s72-c/16.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/11/inilah-5-pertanyaan-yang-membuat.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/11/inilah-5-pertanyaan-yang-membuat.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin