5 Langkah Menemukan Gagasan Kreatif di Tengah Pandemi

Sumber:Istimewa


Menjadi orang kreatif biasanya memiliki daya cipta tinggi terhadap sesuatu. Jika diibaratkan, kertas polos jika berada di tangan orang kreatif, bisa saja disulap menjadi sesuatu yang menarik bahkan bernilai jual tinggi. Karenanya, banyak perusahaan yang lebih memperkerjakaan orang kreatif.

Tapi dengan keajaiban tangan seorang kreatif itu, ternyata bisa dipelajari dari sekarang. Bagaimana caranya? Kamu bisa mencoba melakukan cara-cara dibawah ini untuk membentuk seorang yang kreatif dalam dirimu.

1. Miliki satu gagasan setiap hari

Memiliki satu gagasan atau ide setiap harinya bisa dimulai mencoba merenung kira-kira 10 menit setelah bekerja. Gagasan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah setiap hari yaitu jawaban dari pertanyaan "Apa yang akan kamu lakukan esok hari?". Karena dengan memikirkan aktivitas yang sudah dilakukan hari ini dan mengevaluasinya, kamu bisa mempunyai cara lebih baik untuk pekerjaanmu besok.

Nah, cara itulah yang disebut dengan gagasan atau ide. Kemudian, jika kamu sudah mendapatkan ide selama seminggu, kumpulkan dan lakukanlah evaluasi mana gagasan yang dirasa baik untuk pekerjaanmu selanjutnya.

2. Tidak harus besar

Ketika sudah berusaha mencari gagasan setiap harinya. Tenang. Tidak harus berupa gagasan besar dan mendalam. Karena proses menjadi lebih baik itu berawal dari hal yang kecil. Jika terlalu berat, takutnya malah membebankanmu untuk terus berproses mengeluarkan gagasan yang baru lagi setiap harinya.

Seperti kata pepatah, "Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit". Begitulah yang dilakukan seorang pengarang novel. Tidak mungkin ia langsung bisa mengarah satu novel full dalam waktu sehari. Pastinya dimulai dengan hal kecil, misal membuat alurnya terlebih dahulu, dan seterusnya.

3. Jangan ragu bertanya

Walaupun mencari gagasan harus dilakukan setiap hari. Tidak menutup kemungkinan kamu juga pernah merasa 'Mentok' dan sudah bingung menemukan gagasan. Hal ini bisa diatasi dengan mencoba bertanya pada teman-temanmu tentang gagasan yang akan kamu buat.

Nah, setelah bertanya dan mendapatkan solusi dari temanmu tentang gagasanmu. Maka selanjutnya, kamu harus mendengarkan mereka. Mungkin bukan hanya solusi yang kamu dapatkan, tapi juga wawasan dan pengetahuan pun bisa didapatkan.

4. Ciptakan gagasan berbeda

Berbeda itu menarik. Hal itu bisa didapatkan ketika kamu bisa mengupgrade gagasanmu setiap harinya. Dengan melihat kekurangan yang kemarin, mungkin bisa memunculkan ide baru yang berbeda di esok hari.

Seperti yang sudah disebutkan di point ketiga, ketika kamu mendapatkan hal baru dari orang lain. Boleh saja kamu terinspirasi dengan hal tersebut. Namun jangan meniru sepenuhnya gagasan mereka. Bila ingin mengadopsinya, bisa memadukannya dengan gagasanmu, tanpa harus merombak pemikiran orang lain.

5. Jangan lewatkan ide liar

Point kelima ini mungkin akar terciptanya gagasan-gagasan baru yang bisa kamu ciptakan. Karena gagasan liar bisa datang kapan dan dimana pun. Supaya kamu tidak melewatkan ide liar itu, maka selalu siapkan alat tulismu untuk mencatatnya. Selanjutnya, kamu bisa mencari waktu yang tepat untuk mewujudkan ide liar tersebut.[Riska]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,284,Beasiswa,2,Berita,1118,buku,1,cerpen,23,Corona virus,54,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,90,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,46,Keagamaan,34,Kesehatan,20,Komunikasi,3,Kuliah Online,14,Mahasiswa,234,Mendikbud,1,Muhammad,5,New Normal,15,Oase,276,Opini,187,opini mahasiswa,7,PBAK,17,Pendidikan,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,97,Resensi,17,Resensi Buku,17,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,65,Semarang,38,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,UIN Walisongo,282,UKM,5,ukt,10,Wisuda,39,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: 5 Langkah Menemukan Gagasan Kreatif di Tengah Pandemi
5 Langkah Menemukan Gagasan Kreatif di Tengah Pandemi
Menjadi orang kreatif biasanya memiliki daya cipta tinggi terhadap sesuatu. Jika diibaratkan, kertas polos jika berada di tangan orang kreatif, bisa s
https://1.bp.blogspot.com/-mkHNuI9Kykk/X5RN9OXMszI/AAAAAAAALEU/TNY9dsTWJuQPMZO2GbDraVc7T1IGnJqogCLcBGAsYHQ/w640-h360/4.png
https://1.bp.blogspot.com/-mkHNuI9Kykk/X5RN9OXMszI/AAAAAAAALEU/TNY9dsTWJuQPMZO2GbDraVc7T1IGnJqogCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/4.png
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/10/5-langkah-menemukan-gagasan-kreatif-di.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/10/5-langkah-menemukan-gagasan-kreatif-di.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin