4 Hal Ini Bisa Membuatmu Beradaptasi di Era New Normal

Sumber: Istimewa


Pandemi Covid-19 membuat berbagai sistem kehidupan mengalami perubahan. Banyaknya perubahan sekarang ini mengharuskan manusia bisa menerima dan beradaptasi dengan lingkungan baru (New Normal). Sebagian orang menganggapnya sebuah tantangan besar.

Beradaptasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan jika masih kesulitan menyesuaikan lingkungan, tidak menutup kemungkinan bisa timbul gangguan psikologis yang serius. Lalu bagaimana mengantisipasinya? Seperti dilansir dari Kompas.com berikut langkah yang bisa kamu lakukan ketika beradptasi dengan berbagai rutinitas di 'New Normal' sekarang ini.

1. Berdamai dengan keadaan

Menurut psikolog klinis Adam Borland, hal pertama yang bisa dilakukan ketika beradaptasi dengan era "new normal" adalah dengan menerima kenyataan. Dengan ini kamu menjadi mudah mneyesuaikan dengan semua perubahan yang terjadi.

Walaupun masih merasa frustasi karena tidak bisa beraktifitas biasanya sebelum pandemi. Namun kita disarankan untuk tetap melakukan rutinitas baru setiap harinya.

2. Menjaga komunikasi dengan orang lain 

Seperti yang diketahui, selama pandemi kita diusahakan untuk menghindari terhubung langsung dengan orang lain. Sudah hampir 8 bulan kita hanya bepergian di sekitar rumah saja, dan bertemu orang lain juga tidak sesering biasanya. Hal ini lah yang bisa membuat rasa frustasi dan stres muncul.

Untuk menghindari terjadinya stres pada diri sendiri. Sebaiknya selama pandemi, usahakan terus terhubung dengan orang lain, walaupun hanya lewat smartphone. Cara ini akan membantu kita agar tidak merasa sendiri atau kesepian.

Bukan hanya berlaku ketika di rumah saja, namun juga dalam dunia kerja juga. Selain bisa berkomunikasi, dengan menjaga komunikasi dengan rekan kerja bisa menambah wawasan karena sering diskusi bersama.

3. Mempertahankan keseimbangan emosi

Ketika sudah merasa frustasi dan kecewa dengan keadaan yang sedang terjadi sekarang. Cenderung membuat kita tidak bisa menjaga keseimbangan emosi. Walaupun tidak mudah, namun berusahalah untuk tetap tenang menghadapi keadaan yang penuh ketidakpastian ini.

Selain itu, keseimbangan emosi juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Sehingga hal yang bisa kita lakukan adalah menerima perasaan yang tengah kita alami tanpa melakukan penghakiman. Kesalahan apapun yang sudah kita lakukan selama pandemi, terima saja tanpa harus menyesali dan menyalahkan diri sendiri.

4. Fokus pada masa sekarang

Borland mengatakan jika situasi pandemi membuat kita takut akan masa depan dan menyesali apa yang kita lakukan di masa lalu. Jangan terlalu fokus. Hal ini malah membuatmu kesulitan beradaptasi dan tidak fokus terhadap apa yang sedang kamu kerjakan saat ini. 

Apa yang terjadi kemarin lupakan, kamu hanya boleh mengevaluasinya jika terdapat kesalahan. Dan selanjutnya kamu fokus pada terget yang mau kamu capai hari ini. Kemudian, susun target di hari selanjutnya. Kesibukan ini mungkin bisa melupakanmu pada kesalahan-kesalahan di masa lalu.[Firda]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,284,Beasiswa,2,Berita,1118,buku,1,cerpen,23,Corona virus,54,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,90,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,46,Keagamaan,34,Kesehatan,20,Komunikasi,3,Kuliah Online,14,Mahasiswa,234,Mendikbud,1,Muhammad,5,New Normal,15,Oase,276,Opini,187,opini mahasiswa,7,PBAK,17,Pendidikan,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,97,Resensi,17,Resensi Buku,17,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,65,Semarang,38,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,UIN Walisongo,282,UKM,5,ukt,10,Wisuda,39,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: 4 Hal Ini Bisa Membuatmu Beradaptasi di Era New Normal
4 Hal Ini Bisa Membuatmu Beradaptasi di Era New Normal
Pandemi Covid-19 membuat berbagai sistem kehidupan mengalami perubahan. Banyaknya perubahan sekarang ini mengharuskan manusia bisa menerima dan berada
https://1.bp.blogspot.com/-iJqzls2oNRE/X5RL6ILIXzI/AAAAAAAALD4/KG1XOz9i834Gkk675fwH33x3xX_HQjxjgCLcBGAsYHQ/w640-h360/1.png
https://1.bp.blogspot.com/-iJqzls2oNRE/X5RL6ILIXzI/AAAAAAAALD4/KG1XOz9i834Gkk675fwH33x3xX_HQjxjgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/1.png
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/10/4-hal-ini-bisa-membuatmu-beradaptasi-di.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/10/4-hal-ini-bisa-membuatmu-beradaptasi-di.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin