Kamu Harus Tahu Perbedaan IQ dan EQ


Kecerdasan seseorang terkadang hanya dinilai dari akademiknya atau berpatok pada IQ (inteleligent Quutient) saja. Padahal kecerdasan bukan hanya tentang IQ, tapi ada juga EQ (Emotional Questiont). Namun sayangnya, belum banyak orang yang memahami tentang EQ.

Supaya tidak salah lagi memahami tentang kecerdasan, yuk kita baca perbedaan diantara keduanya!

IQ merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan cara seseorang bernalar dan memecahkan suatu masalah menggunakan unsur matematiks dan logika. Kecerdasaan ini berkaitan dengan cara seseorang memproses  visual dan spasial, menelaah informasi dan pengetahuan, serta kuat lemahnya memori.

Sementara EQ, merupakan kecerdasan dalam memahami, mengendalikan, mengevaluasi ,dan mengekspresikan emosi. Kecerdasan ini akan membantu seseorang untuk mengidentifikasi dan mengontrol emosinya sendiri,  bagaimana berkomunikasi dengan orang lain, serta memahami perasaan orang lain.

IQ bawaan lahir, EQ bisa di latih 

Kecerdasan IQ dipengaruhi dari faktor genetik sehingga dibawa sejak lahir. Namun, lingkungan juga dianggap berpengaruh sehingga bisa dikembangkan lewat proses akademik.

Sementara EQ, perlu diajarkan, dilatih, dan diperkuat sejak dini dengan cara pendidikan karakter, dibiasakan berperilaku positif, berempati terhadap orang lain sehingga mampu memahami perasaan orang lain.

IQ pandai mengolah angka, EQ mengelola emosi

Seseorang yang memiliki IQ tinggi akan unggul dalam memproses persoalan yang berkaitan dengan angka dan analisis data, sedangkan orang yang memiliki EQ tinggi bisa berdamai dengan emosinya sendiri ketika mengalami stress, cemas, atau bahkan depresi. Sehingga mereka juga bisa memahamai perasaan orang lain dengan baik.

IQ baik di akademis, EQ baik bersosialisasi 

Orang yang memiliki IQ tinggi rata-rata memiliki nilai yang bagus dalam bidang akademis. Namun, ini bukan jaminan mereka bisa membangun hubungan yang baik dengan orang lain, sementara orang yang memiliki EQ tinggi bisa bersosialisasi dengan mudah dan memecahkan persoalan yang berkaitan dengan hal sosial.

IQ sukses individu, EQ bisa bekerja tim 

Seseorang dengan IQ tinggi cenderung mencapai kesuksesan dengan cara Individual, karena mereka menggunakan nalarnya untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Sedangkan orang ber-EQ tinggi bisa bekerja dalam tim dengan baik, dan berpotensi menjadi Leader. Sebab kemampuan mereka untuk memahami orang lain, menjadikan mereka mudah untuk mendapatkan perhatian khalayak.

Cara meningkatkan IQ dan EQ

Hanya memiliki kemapuan dalam IQ atau EQ saja, tidaklah cukup untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Sehingga keduanya haruslah berimbang. Jika kamu merasa kemampuanmu dalam IQ masih kurang, berikut beberapa hal yang bisa dicoba:

Mengasah memori 

Mengasah memori bukan hanya bermanfaat untuk mempertajam memori atau ingatan, tetapi bisa mengembangan kemampuan dalam bernalar dan berbahasa. Hal ini bisa dilakukan dengan bermain teka-teki silang, mencocokkan kartu, atau sudoku.

Bermain instrumen musik 

Bermian instrument musik bisa meningkatkan IQ, dengan melatih memori. Sebuah studi mengungkapkan bahwa seorang musisi memiliki ingatan yang lebih baik ketimbang mereka yang bukan musisi.

Belajar bahasa baru

Belajar Bahasa baru terbukti bermanfaat bagi otak manusia. Sebuah penelitian yang menyelidiki hubungan antara mempelajari bahasa baru dengan IQ, mengungkapkan bahwa pembelajaran bahasa bermanfaat untuk kemampuan kognitif.

Bagi kamu yang merasa kemampuan EQ-mu masih rendah, berikut beberapa hal yang bisa dicoba:

Berlatih mengenal dan mengandalikan emosi 

Penting bagi kita untuk mengenali dan mengandalikan emosi diri sendiri. Sebab, ketika kita mampu melakukan itu, berbagai tekanan ataupun stress yang datang menghampiri bisa kita kendalikan dengan baik. Dengan cara tetap berpikir jernih, mengandalikan diri sendiri, dan beradaptasi sesegara mungkin dengan keadaan yang kita alami.

Memahami orang lain 

Penting bagi kita untuk belajar memahami orang lain. Melakukan aktivitas bersama, mengobrol, saling berbagi cerita, bisa menjadi hal yang dilakukan untuk memahami dan mengerti perasaan serta emosi orang lain. Sehingga bisa menumbuhkan empati dan rasa nyaman.

Mengembangkan keterampilan sosial

Mengembangkan ketrampilan sosial, penting bagi kita untuk meningkatkan EQ. Sebab hal ini menjadikan hubungan dengan orang lain menjadi lebih baik dan efektif. Belajarlah untuk menerima konflik sebagai peluang untuk lebih dekat dan mengenal orang lain, serta jadikan humor untuk membuat suasana menjadi lebih cair.

Hanya mengunggulkan salah satunya saja, tentu kurang baik. Sebab IQ dan EQ merupakan hal yang berbeda, dan harus dimiliki seimbang dalam diri untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Sehingga tidak ada salahnya jika kita terus berusaha untuk mengasah kedua kecerdasan tersebut. [Umi]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,235,Beasiswa,1,Berita,1079,buku,1,cerpen,22,Corona virus,48,download,1,EkspreShe,29,Essay,83,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,31,Keagamaan,27,Kesehatan,13,Komunikasi,1,Kuliah Online,6,Mahasiswa,189,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,2,Oase,242,Opini,178,opini mahasiswa,3,PBAK,10,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,90,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,57,Semarang,35,Surat Pembaca,7,Teknologi,22,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,241,UKM,3,ukt,10,Wisuda,27,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Kamu Harus Tahu Perbedaan IQ dan EQ
Kamu Harus Tahu Perbedaan IQ dan EQ
Kecerdasan seseorang terkadang hanya dinilai dari akademiknya atau berpatok pada IQ (inteleligent Quutient) saja. Padahal kecerdasan bukan hanya tentang IQ, tapi ada juga EQ (Emotional Questiont). Namun sayangnya, belum banyak orang yang memahami tentang EQ.
https://1.bp.blogspot.com/-x8Ezw9xVGF4/XuWBrVfC3gI/AAAAAAAAKjk/wP2yFrrlFl0YluZSZuyqosr1qc3Ca9mbwCLcBGAsYHQ/s1600/20200614_071711.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-x8Ezw9xVGF4/XuWBrVfC3gI/AAAAAAAAKjk/wP2yFrrlFl0YluZSZuyqosr1qc3Ca9mbwCLcBGAsYHQ/s72-c/20200614_071711.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/06/kamu-harus-tahu-perbedaan-antara-iq-dan-eq.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/06/kamu-harus-tahu-perbedaan-antara-iq-dan-eq.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin