Peristiwa Penting di Bulan Ramadan dalam Hidup Nabi Muhammad



Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ramadan dianggap sebagai bulan yang mulia dan penuh berkah. Selain berpuasa, umat Islam juga berlomba-lomba dalam mengerjakan ibadah lain.

Namun, tahukah kamu apa saja peristiwa penting yang terjadi dalam hidup Rasulullah di bulan Ramadhan? Berikut uraiannya.

1. Bulan diturunkannya Al-Qur’an

Menurut pakar astronomi, Syekh Mahmud Baya  menuturkan bahwa diturunkannya Al- Qur’an terjadi pada awal bulan Februari tahun 610 Masehi, tepatnya tanggal 17 Ramadan 13 tahun sebelum Hijriyah.

Saat itu, Nabi sering berkhalwat di Gua Hira, menjauh dari manusia dan beribadah selama beberapa hari. Terkadang, Nabi berkhalwat sampai satu bulan lamanya. Dalam hal ini, Nabi mengikuti tata cara yang dilakukan oleh kakeknya, Nabi Ibrahim.

Di tengah-tengah peribadatannya di Gua Hira, Nabi didatangi sosok yang tidak pernah ditemui sebelumnya. Sosok itu adalah Malaikat Jibril yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada Nabi.

Kemudian Jibril menyuruh Nabi untuk membaca, tetapi Nabi menjawab tidak bisa. Bahkan, Jibril mengulang perintah itu sampai tiga kali, namun Nabi tetap menjawab tidak bisa. Kemudian, Jibril membacakan wahyu pertama, Surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

2. Perang Badar

Perang Badar terjadi pada hari Jumat 17 Ramadan tahun 2 Hijriyah, bertepatan dengan 13 Maret 624 Masehi.

Perang Badar atau Ghazwah Badr al-Kubra merupakan perang yang menandai awal kejayaan umat Islam. Dalam perang ini, Nabi membawa 313 pasukan muslimin, sedangkan pasukan non-muslim berjumlah 950 orang.

Perbedaan jumlah pasukan tidak menjadikan kaum muslimin gentar menghadapi lawan. Melalui bantuan Allah dengan perantara malaikat-malaikat, kaum muslimin berhasil memporak-porandakan pertahanan pasukan kafir.

Dalam perang ini, sebanyak 14 pasukan muslimin yang gugur dalam keadaan syahid. Sedangkan pasukan kafir, terdapat 70 orang yang terbunuh dan tertawan. Abu Jahal merupakan salah satu pasukan kafir yang terbunuh.

3. Pembebasan Kota Makah

Pada tanggal 20 Ramadhan tahun 8 Hijriyah, Nabi dan para sahabat berhasil menaklukan Kota Makah dalam sebuah peperangan yang dikenal dengan nama Fathu Makah.

Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh orang Quraisy yang melanggar salah satu isi dari perjanjian Hudaibiyah. Orang-orang Quraisy tersebut bersekutu dengan kabilah lain untuk memerangi suku-suku yang berdamai dengan Rasulullah.

Dalam pertempuran ini, Rasulullah membawa sahabat sebanyak 10.000 pasukan muslimin. Rasulullah menunjuk Khalid bin Walid sebagai panglima perang, serta memerintahkannya agar tidak memulai perang terlebih dahulu sebelum diserang. Dalam keadaan ini, Rasulullah dan para sahabat membatalkan puasanya karena mengalami keberatan (masyaqah).

Pada akhirnya, peperangan antara kaum muslimin dan pasukan kafir tidak dapat dihindari. Dalam peperangan tersebut, kaum muslimin berhasil menaklukan pasukan kafir dan kota Makah berhasil ditakulukan. Kemudian, Nabi memerintahkan  untuk menghancurkan sebanyak 360 berhala yang mengelilingi Ka’bah. Setelah itu, kaum muslimin mengumandangkan takbir, Rasulullah kemudian salat di Maqam Ibrahim dan meminum air Zam Zam.

Pada saat itu, kaum kafir Quraisy sudah tidak memiliki harapan lagi. Mereka yang dulunya menyakiti, mengusir, bahkan berencana membunuh Nabi Muhammad menunggu keputusan beliau terhadap tindakan mereka terdahulu. Namun, atas kebaikan hatinya, Nabi Muhammad membebaskan mereka.

Demikian tiga peristiwa penting dalam sejarah hidup Nabi yang terhadi di bulan Ramadhan. Semoga keberkahan serta kasih sayang-Nya selalu menyertai kita semua. Amin. [Mita]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,251,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,34,Keagamaan,30,Kesehatan,16,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,210,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,6,Oase,257,Opini,184,opini mahasiswa,6,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,96,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,64,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,264,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Peristiwa Penting di Bulan Ramadan dalam Hidup Nabi Muhammad
Peristiwa Penting di Bulan Ramadan dalam Hidup Nabi Muhammad
Dalam sejarah hidup Nabi Muhammad, terdapat peristiwa penting yang terjadi pada bulan Ramadan
https://3.bp.blogspot.com/-kEcpbvyTC6c/Xp8wfv0zmOI/AAAAAAAAKX0/ZwD3xyNjdwgVYlmcQtDZojdL8RmPxd5CQCK4BGAYYCw/s640/rmadan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-kEcpbvyTC6c/Xp8wfv0zmOI/AAAAAAAAKX0/ZwD3xyNjdwgVYlmcQtDZojdL8RmPxd5CQCK4BGAYYCw/s72-c/rmadan.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/04/3-peristiwa-penting-di-bulan-ramadan-dalam-hidup-nabi-muhammad.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/04/3-peristiwa-penting-di-bulan-ramadan-dalam-hidup-nabi-muhammad.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin