Kisah Teladan Perempuan yang Istikamah Berzikir di Bulan Rajab

Gambar: Istimewa
ADA sebuah kisah tentang seorang perempuan yang istikamah berzikir kepada Allah SWT di Baitul Maqdis. Setiap bulan Rajab tiba, dia selalu membaca surat al- Ikhlas sebanyak 12.000 kali setiap harinya. Berkat amalannya, perempuan tersebut mendapatkan karomah. Setelah meninggal dunia, jenazahnya diangkat oleh Allah dari kuburan.

Imam al-Ghazali dalam kitab Mukasyafatul Qulub dan Syaikh Utsman bin Hasan al-Khaubari dalam kitab Durratun Nashihin menceritakan, di samping membaca al- Ikhlas pada bulan Rajab, perempuan itu juga mengenakan pakaian yang terbuat dari bulu kambing (kain wol). Kain wol adalah pakaian yang paling sederhana pada waktu itu.

Dia benar-benar ingin mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak zikir dan tidak memakai pakaian yang mewah. Amalan tadi selalu dilakukannya setiap bulan Rajab sampai maut mejemputnya.

Hingga tibalah suatu hari perempuan tadi sakit keras. Dia berwasiat kepada putranya, jika dia kelak meninggal dunia, jenazahnya supaya dikuburkan bersama kain wol yang sering dia gunakan saat berzikir.

Baca Juga: 7 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Rajab

Tetapi wasiat itu tidak dilaksanakan dengan baik oleh sang anak. Ia malah mengkafani jenazah ibunya dengan kain dan pakaian yang mahal, bukan pakaian dari wol yang digunakan untuk beribadah ketika bulan Rajab.

Karena hal itu, perempuan itu menemui putranya di dalam mimpi. Dia marah karena wasiatnya tidak dijalankan. "Wahai anakku, aku tidak ridha kepadamu, karena kamu tidak melaksanakan wasiatku," kata perempuan tadi.

Sang putra pun terkejut setelah mendapatkan mimpi itu. Dia merasa menyesal karena tidak mengikuti wasiat terakhir ibunya. Kemudian tanpa pikir panjang, dia mengambil pakaian yang terbuat dari bulu domba milik ibunya dan bergegas menuju pemakaman. Dia bermaksud menguburkan pakaian itu di makam ibunya.

Baca Juga: 6 Tradisi Khas Jawa di Bulan Rajab

Tetapi sesampainya di pemakaman, dia mendapati jenazah sang ibu tidak ada di dalam kuburannya. Dia semakin terkejut dan ketakuan. Dan tiba-tiba terdengar sebuah suara, "Tidakkah kamu tahu, bahwa barangsiapa taat dan beribadah kepada kami di bulan Rajab, maka dia tidak akan kami tinggalkan sendirian di dalam kuburnya."

Mendengar suara itu, dia tersenyum di sisa penyesalannya. Dia tahu bahwa jenazah ibunya berada di tempat terindah di sisi sang pencipta. Hal ini karena keistikomahannya dalam beribadah dan berzikir di bulan Rajab.

Kisah perempuan tersebut menunjukkan keutamaan memperbanyak amalan atau zikir di bulan Rajab. Seperti yang tercantum dalam Al- Quran bahwa Rajab adalah bulan yang disucikan karena dilarang melakukan peperangan. Selain itu pada bulan ini juga terjadi berbagai peristiwa besar dalam sejarah Islam. Seperti Isra Miraj, hijrah Rasulullah ke Habasyah, dan pembebasan Baitul Maqdis dari cengkeraman Pasukan Salib.
[Mahfud]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,251,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,34,Keagamaan,30,Kesehatan,16,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,210,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,5,Oase,256,Opini,184,opini mahasiswa,6,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,95,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,63,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,264,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Kisah Teladan Perempuan yang Istikamah Berzikir di Bulan Rajab
Kisah Teladan Perempuan yang Istikamah Berzikir di Bulan Rajab
Kisah tentang seorang perempuan yang istikomah berzikir kepada Allah SWT di Baitul Maqdis. Setiap bulan Rajab tiba, dia selalu membaca surat al- Ikhlas sebanyak 12.000 kali setiap harinya.
https://1.bp.blogspot.com/-uEGSS5-wWeA/XlU78nwvCzI/AAAAAAAAKCg/U0ELZS1Gmp46-wm8mx91yMV2bZH1qTIegCK4BGAYYCw/s640/baru%2Buin%2B%25282%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-uEGSS5-wWeA/XlU78nwvCzI/AAAAAAAAKCg/U0ELZS1Gmp46-wm8mx91yMV2bZH1qTIegCK4BGAYYCw/s72-c/baru%2Buin%2B%25282%2529.jpeg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/02/kisah-teladan-perempuan-yang-istikamah-berzikir-di-bulan-rajab28.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/02/kisah-teladan-perempuan-yang-istikamah-berzikir-di-bulan-rajab28.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin