7 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Rajab

Gambar: Islami.co
DALAM kalender Islam, Rajab termasuk bulan yang dimuliakan selain Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram. Hal itu karena keempat bulan tersebut memiliki keutamaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya. Umat Islam dilarang melakukan peperangan pada keempat bulan itu, termasuk Rajab.

Khusus pada bulan Rajab, sejarah mencatat terdapat beberapa peristiwa besar yang layak untuk diketahui umat Islam. Apa saja peristiwa yang pernah terjadi pada bulan ini? Berikut ulasannya:

1. Lahirnya Ali bin Abi Thalib

Peristiwa besar yang pertama di bulan Rajab adalah kelahiran Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Ia lahir pada tanggal 13 Rajab 23 tahun sebelum hijrah. Ali merupakan anak dari paman Rasulullah, Abu Thalib. Ketika dewasa ia dinikahkan dengan Sayyidah Fatimah Azzahra, putri Rasulullah. Ali termasuk orang pertama yang memeluk Islam dan menjadi khalifah ke empat setelah Rasulullah wafat.

2. Hijrah ke Habasyah

Peristiwa kedua yakni perintah Nabi Muhammad kepada umatnya untuk hijrah ke Habasyah. Peristiwa yang menjadi hijrah pertama nabi ini dilatarbelakangi oleh kafir Quraisy yang selalu mengganggu dakwah nabi. Bahkan mereka tidak segan untuk menyiksa orang-orang yang menerima ajaran nabi.

Perintah hijrah terjadi pada bulan Rajab tahun ke- 5 kenabian. Saat itu Habasyah dipimpin oleh Raja Najasy dan berkat kebaikannya umat Islam disambut baik oleh penduduk Habasyah.

3. Isra' Mi'raj

Peristiwa besar selanjutnya adalah Isra' Mi'raj yang terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun ke- 10 kenabian. Isra' merupakan perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram Makah ke Masjidil Aqsa Palestina. Kemudian dilanjutkan peristiwa Mi'raj, naiknya Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha di langit ke tujuh.

Bagi sebagian orang peristiwa Mi'raj ini dianggap suatu kemustahilan, namun saat ini beberapa ilmuwan telah melakukan penelitian atas kemungkinan peristiwa tersebut. Terlepas dari semua itu, pasca peristiwa Mi'raj, Rasulullah mewajibkan umatnya untuk menjalankan salat 5 waktu.

4. Perang Tabuk

Di antara sekian banyak peperangan yang dilakukan umat Islam, Perang Tabuk menjadi salah satu peperangan yang istimewa. Perang ini terjadi pada tanggal 19 Rajab tahun 9 H. Dalam perang ini, ada 30.000 pasukan yang dipimpin langsung oleh Rasulullah untuk menghadapi pasukan Romawi.

Besarnya pasukan umat Islam seketika membuat mereka gentar hingga akhirnya memutuskan untuk mundur. Akhirnya, kemenangan mutlak bagi pasukan Islam. Hal tersebut semakin mengokohkan kedudukan Islam di seluruh Jazirah Arab. Namun menurut sejarah, perang Tabuk merupakan perang terakhir yang diikuti Rasulullah SAW.

5. Kelahiran Imam Syafi'i

Bulan mulia ini juga menjadi bulan lahir seorang ulama' besar, yaitu Imam Syafi'i. Beliau lahir pada bulan Rajab tahun 150 H. Nama lengkapnya Abu Abdillah Muhammad bin Idris As-Syafi'i Al-Muttalibi Al-Qurashi.

Dari jalur ayah, Imam Syafi'i memiliki nasab yang bersambung hingga Nabi Muhammad SAW. Tokoh pendiri mazhab Syafi'i ini meletakkan dua dasar dalam pemikirannya, Qaulun Qadim dan Qaulun Jadid.

6. Pembebasan Baitul Maqdis

Baitul Maqdis menjadi tempat yang bersejarah bagi umat Islam karena peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.  Tempat bersejarah yang terletak di Yerussalem, Palestina ini sebelumnya dikuasai oleh pasukan Salib.

Hingga akhirnya seorang panglima Islam bernama Salahuddin Al-Ayyubi mampu membebaskan Baitul Maqdis. Peperangan yang dikenal dengan perang Hattin tersebut terjadi pada Bulan Rajab tahun 583 H. Dan kelak pada masanya, Salahuddin Al-Ayyubi ini mendirikan Dinasti Ayyubiyah di Mesir.

7. Runtuhnya Turki Utsmani

Keruntuhan Turki Utsmani menjadi peristiwa terakhir dalam catatan sejarah yang terjadi pada bulan Rajab. Mustafa Kemal At-Tartuk resmi menghapus sistem kekhalifahan Turki Utsmani dan mengubahnya menjadi negara sekuler pada tanggal 28 Rajab tahun 1924 M. Dalam sejarah Islam, Turki Utsmani menjadi salah satu dinasti besar selain Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbasiyah.
[Diyah Hadiyatullah]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,284,Beasiswa,2,Berita,1118,buku,1,cerpen,23,Corona virus,54,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,90,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,46,Keagamaan,34,Kesehatan,20,Komunikasi,3,Kuliah Online,14,Mahasiswa,234,Mendikbud,1,Muhammad,5,New Normal,15,Oase,276,Opini,187,opini mahasiswa,7,PBAK,17,Pendidikan,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,97,Resensi,17,Resensi Buku,17,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,65,Semarang,38,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,UIN Walisongo,282,UKM,5,ukt,10,Wisuda,39,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: 7 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Rajab
7 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Rajab
Rajab menjadi bulan penting dalam umat Islam. Pada bulan Rajab ini, terjadi banyak peristiwa besar.
https://4.bp.blogspot.com/-W99mBSt1MgQ/XlfpF0m_IqI/AAAAAAAAKDk/-Fs48gAJHUk2wGj1ZEKfPprAxTS0dq45gCK4BGAYYCw/s1600/rajab.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-W99mBSt1MgQ/XlfpF0m_IqI/AAAAAAAAKDk/-Fs48gAJHUk2wGj1ZEKfPprAxTS0dq45gCK4BGAYYCw/s72-c/rajab.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/02/7-peristiwa-penting-yang-terjadi-di-bulan-rajab.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/02/7-peristiwa-penting-yang-terjadi-di-bulan-rajab.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin