4 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Kamu Bawa Pulang



Semarang menjadi ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki sederet alasan mengapa seseorang harus mengunjunginya. Ketika liburan, Kota Lunpia ini cocok dijadikan tempat untuk berkunjung. Selain tempat wisata bersejarah, Semarang juga memiliki banyak oleh-oleh khas.

Saat berkunjung ke sini, pastikan kamu telah membeli oleh-oleh khas Semarang, ya. Nantinya oleh-oleh itu bisa kamu berikan kepada orang tua, teman, atau pun orang lain. 

Nah apa aja sih oleh-oleh khas Semarang? Berikut 4 oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu bawa pulang ke rumah.

1. Bandeng Presto

Semarang identik dengan bandeng presto. Rasanya belum pernah ke Semarang kalau belum membawa oleh-oleh Bandeng Presto. Bandeng presto ini umumnya dikirim dari Juwana, sebuah daerah di Pati yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Semarang.

Bandeng presto merupakan ikan bandeng yang dipresto hingga lunak sampai ketulang-tulangnya. Hidangan satu ini sangat nikmat jika disajikan dengan sambal bawang atau sambal goreng dengan nasi hangat. Kamu bisa menemui toko bandeng presto yang nikmat di Semarang. Antara lain Bandeng Bonafide, Bandeng Juwana-Elrina, Bandeng Djoe, Bandeng Hj. Djum. Harga satu ekor bandeng prestro di bandrol mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah, tergantung bobot ikan.

2. Lumpia

Makanan legendaris ini memadukan cita rasa Tionghoa dan Jawa. Tidak heran jika lumpia ini menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa saat liburan ke Semarang. Bahan dasar Lumpia khas Semarang terdiri dari rebung, daging ayam, udang ebi dan telur yang di bungkus dengan kulit lumpia.

Di Semarang banyak sekali ditemui penjual lumpia yang tersebar di seluruh sudut kota. Tempat penjual lumpia yang terkenal seperti Lumpia Gang Lombok, Lumpia Mataram, Lumpia Cik Me Me. Ada pula Lumpia Mbak Lien, Lumpia Pak Sastro, Lumpia 57, Lumpia Sari Rasa, Lumpia Djoe dan masih banyak lagi. Harga rata-rata satu buah lumpia dihargai mulai dari Rp. 15.000.

3. Wingko Babat

Wingko atau sering disebut juga wingko babat adalah makanan tradisional khas Semarang. Jajanan sejenis kue yang terbuat dari parutan kelapa muda, tepung beras ketan dan gula pasir. Rasa manis bercampur legit membuat makanan ini selalu menjadi incaran wisatawan yang datang ke Semarang.

Tenang saja di Semarang terdapat banyak produk makanan jenis wingko. Banyak produk makanan ini dari berbagai merek yang bisa ditemukan.

4. Kue mochi

Kui mochi menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Semarang yang bisa dibawa pulang. Mochi berbahan dasar tepung ketan dengan isian kacang tumbuk yang dicampur gula atau karamel.

Jajanan satu ini bentuknya mirip onde-onde namun lebih kecil, lembek dan kenyal. Kue mochi khas Semarang terdapat taburan wijen di atasnya. Salah satu merek mochi terkenal di Semarang adalah mochi atau moaci gemini.


Nah itulah empat oleh-oleh khas semarang yang wajib kamu bawa pulang. Ketika berkunjung ke semarang, jangan lupa membeli empat oleh-oleh khas di atas ya. [Firda]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,284,Beasiswa,2,Berita,1118,buku,1,cerpen,23,Corona virus,54,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,90,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,46,Keagamaan,34,Kesehatan,20,Komunikasi,3,Kuliah Online,14,Mahasiswa,234,Mendikbud,1,Muhammad,5,New Normal,15,Oase,276,Opini,187,opini mahasiswa,7,PBAK,17,Pendidikan,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,97,Resensi,17,Resensi Buku,17,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,65,Semarang,38,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,UIN Walisongo,282,UKM,5,ukt,10,Wisuda,39,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: 4 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Kamu Bawa Pulang
4 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Kamu Bawa Pulang
Saat berkunjung ke sini, pastikan kamu telah membeli oleh-oleh khas Semarang, ya. Nantinya oleh-oleh itu bisa kamu berikan kepada orang tua, teman, atau pun orang lain.
https://3.bp.blogspot.com/-UCA2WMe7fBU/XiR9s_hh9xI/AAAAAAAAJvw/gDKBQ5M34DUEqC32cOZhXpGhBFh6gMX9ACK4BGAYYCw/s1600/oleh-oleh.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-UCA2WMe7fBU/XiR9s_hh9xI/AAAAAAAAJvw/gDKBQ5M34DUEqC32cOZhXpGhBFh6gMX9ACK4BGAYYCw/s72-c/oleh-oleh.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/01/4-oleh-oleh-khas-semarang-yang-wajib-kamu-bawa-pulang.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/01/4-oleh-oleh-khas-semarang-yang-wajib-kamu-bawa-pulang.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin