5 Tips Buat Maba Arsitektur agar Tidak Tegang Dalam Menghadapi Perkuliahan

Arsitekturrumah.com
Menjadi mahasiswa baru (Maba) di suatu universitas ternama, pastinya didambakan setiap murid lulusan SMA. Segala hal tentang dunia perkuliahan tentu akan dipersiapkan dengan baik. Mulai dari perlengkapan Ospek sampai berbagai rencana di bangku perkuliahan.

Kondisi itu juga berlaku bagi (Maba) jurusan arsitektur. Pastinya hal pertama yang perlu dipersiapkan yakni mental. Banyak yang bilang kalau (Maba) jurusan arsitektur harus siap-siap bergadang setiap hari karena banyak tugas yang menumpuk. Tentunya tugas tersebut akan menguras tenaga dan pikiranmu, kan?

Nah, agar tidak terlalu tegang, ada lima tips yang bisa kamu terapkan dalam menghadapi perkuliahan di jurusan arsitektur. Apa saja sih, kelima hal tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

1. Luruskan Niat

Poin paling penting di sini adalah niat. Kalau kamu sudah punya tujuan yang jelas, pastinya kamu berkomitmen dengan tujuan tersebut. Kamu berani melakukan apapun demi terwujud cita-citamu itu. Jadi, kamu harus selalu ingat dengan tujuan utamamu berkuliah di jurusan arsitektur, betapa pun sulitnya.

2. Jangan Takut

Ada banyak stigma yang dimunculkan kakak-kakak senior di jurusan artsitektur nih. Katanya, anak arsitektur itu tidak akan bisa menikmati liburan karena terus-menerus dikejar deadline, dan apapun kesibukan khas anak arsitektur lainnya. Tapi tenang saja. Jangan takut. Kamu harus percaya kalau kamu bisa.

3. Tahu Menggambar

Jurusan arsitektur pastinya tidak lepas dari kegiatan menggambar. Entah cuma garis lurus saja atau sudah ke pembuatan maket. Kamu, Maba jurusan arsitektur, tidak perlu pandai-pandai menggambar kok. Minimal kamu harus tahu menggambar. Toh nantinya, ketika sudah mulai perkuliahan pun akan diajari bagaimana cara menggambar yang baik dan benar. Yang penting, harus tahu  bagaimana caranya untuk selalu improve.

Baca Juga : 6 Fakta Menarik Tentang Mahasiswa UIN Walisongo

4. Banyakin Baca Buku

Sebenarnya, tidak hanya Maba jurusan arsitektur saja yang seharusnya punya hobi membaca. Buku adalah jendela dunia. Dari buku, kamu bisa tahu banyak hal. Entah itu sejarah, politik, dan tentunya arsitektur. Nah khusus buat kamu, para mahasiswa baru jurusan arsitektur, hidup anak arsitekur bukan sekadar berkutat dengan kertas, penggaris, dan pensil saja. Tapi juga harus banyak buku yang dibaca. Ada banyak istilah-istilah di bidang arsitektur yang sebaiknya sudah kamu pahami sebelum pembelajaran dimulai. So, kamu harus banyakin baca buku.

5. Sering-sering Traveling

Ini nih yang paling asik dari jurusan arsitektur. Kamu sangat dianjurkan untuk mengunjungi banyak tempat. Mengunjungi tempat-tempat Instagramable ataupun tempat-tempat wisata, sambil mencari inspirasi dari desain bangunan tersebut. Kamu bisa mengamati struktur bangunannya dan bahkan bisa belajar sejarahnya juga. Dari situ, kamu akan mendapatkan banyak ide dan mulai berimajinasi.

Itulah lima tips yang bisa mengatasi rasa tegangmu sebagai Maba jurusan arsitektur. Intinya, kamu hanya perlu beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru. [Salsa]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,175,Berita,936,cerpen,20,Dosen,5,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,17,Kesehatan,8,Mahasiswa,98,Muharram,1,Oase,197,Opini,152,opini mahasiswa,2,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,79,Resensi,11,Resensi Buku,14,Resensi Film,22,Riset,4,Sastra,43,Semarang,1,Surat Pembaca,7,Suro,2,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,147,UKM,3,Wisuda,5,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: 5 Tips Buat Maba Arsitektur agar Tidak Tegang Dalam Menghadapi Perkuliahan
5 Tips Buat Maba Arsitektur agar Tidak Tegang Dalam Menghadapi Perkuliahan
Banyak yang bilang kalau (Maba) jurusan arsitektur harus siap-siap bergadang setiap hari karena banyak tugas yang menumpuk. Tentunya tugas tersebut akan menguras tenaga dan pikiranmu, kan? Nah, agar tidak terlalu tegang, ada lima tips yang bisa kamu terapkan dalam menghadapi perkuliahan di jurusan arsitektur.
https://4.bp.blogspot.com/-mFKThM_owvU/XW1Dt8phRMI/AAAAAAAAIsA/B1Qpr43aHNYfLdz2kmU5tOeOqEq6pLM5ACK4BGAYYCw/s1600/maba%2Bjurusan%2Barsitektur.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-mFKThM_owvU/XW1Dt8phRMI/AAAAAAAAIsA/B1Qpr43aHNYfLdz2kmU5tOeOqEq6pLM5ACK4BGAYYCw/s72-c/maba%2Bjurusan%2Barsitektur.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/09/5-tips-buat-maba-arsitektur-agar-tidak-tegang-dalam-menghadapi-perkuliahan.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/09/5-tips-buat-maba-arsitektur-agar-tidak-tegang-dalam-menghadapi-perkuliahan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin