Lezat! Ini 7 Makanan Favorit Khas Idul Adha

Aremafood.com
Puncak ibadah haji akan tiba, seluruh umat muslim di dunia akan merayakan Idul Adha. Selain salat ied, penyembelihan hewan kurban seperti domba, kambing, sapi, atau unta pun tidak kalah dinanti. Nuansa berbeda inilah yang ditunggu umat muslim di tiap tahunnya.

Akhir pekan ini kamu akan menikmati berbagai olahan daging di rumah. Tidak jarang orang merasa bingung akan membuat apa dengan daging yang tersedia. Tentu kamu akan bosan  bila masakanmu hanya itu itu saja. Nah, ini tujuh makanan berbahan daging yang bisa kamu masak di Idul Adha nanti.

1. Gule atau Gulai

Gule dan Gulai apa bedanya? Jangan salah, nama yang mirip ini ternyata mempunyai racikan bumbu yang berbeda. Gule merupakan nama yang lebih dikenal di Jawa, sedangkan gulai dari Sumatra. Gulai dimasak dengan kuah penuh rempah dan bercitarasa gurih sedangkan gule memiliki kuah yang cenderung lebih cair. Penggunaan santan yang lebih encer atau kaldu kambing membuat kesan gule tidak segurih gulai. Akan tetapi keduanya enak dengan ciri khas daerah masing-masing.

2. Rendang

Rendang bukan lagi makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya saat Idul Adha, rendang memang salah satu makanan yang terkenal kelezatannya. Bahkan rendang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, lho! Olahan rendang bisa kamu coba sendiri di rumah dengan daging kambing atau sapi. Pastikan kamu mengolah dagingnya dengan baik agar tidak menyisakan amis saat dimakan.

3. Sate

Makanan yang memiliki ciri ditusuk ini juga tidak kalah terkenal. Sate seringkali kamu temukan di pinggir jalan. Umumnya olahan sate dihidangkan dengan bumbu kacang dan kecap manis. Cukup dengan dibakar, kamu akan menikmati kelezatan makanan ini di rumah. Pastikan matang dengan sempurna. Daging sapi atau kambing yang kurang matang beresiko membawa penyakit Toxoplasmosis.

4. Bakso

Masakan daging yang berbentuk bulat ini tidak kalah menggodanya. Bakso bisa jadi salah satu pilihan memasak daging di momen Idul Adha. Cara membuat bakso pun tidak begitu sulit. Kamu bisa mencobanya di rumah. Jangan lupa menghidangkan bakso dengan pelengkapnya, seperti kuah yang segar dan gurih, mie atau bihun, taoge, tahu, atau sesuai selera. Sederhana tapi nikmat, lho!

5. Kambing Oven

Bagi kamu yang mempunyai oven di rumah, masakan khas Mesir ini bisa kamu coba. Kambing oven ini biasanya menggunakan bagian paha yang cepat empuk bila dimasak. Cara masaknya mudah, oleskan bumbu di permukaan daging dan masukkan oven dengan suhu 200 derajat celsius selama kurang lebih 45 menit. Kamu bisa cek kematangan dengan menusuk daging menggunakan garpu. Kambing oven bisa kamu nikmati saat Idul Adha nanti.

6. Sop Buntut

Hidangan berkuah yang satu ini tidak kalah nikmat dengan masakan kuah lainnya. Makanan berbahan buntut sapi ini memang meningkatkan nafsu makan. Jika kamu memasaknya dengan baik, daging akan terasa empuk. Campuran kuah kaldu sapi bening ditambah irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri, serta taburan bawang goreng akan menambah nikmat makanan yang satu ini. Selain lezat, makanan ini juga sehat.

7. Tengkleng

Makanan khas Solo yang satu ini bisa juga jadi variasi masakan di Idul Adha nanti. Tengkleng ini seperti gulai kambing, akan tetapi cenderung lebih encer. Makanan yang satu ini merupakan perpaduan antara tulang, daging, jeroan, dengan bumbu rempah khusus yang khas. Tengkleng biasanya disajikan bersamaan dengan nasi hangat dan sate. Nah. aroma rempahnya akan membuatmu ketagihan makan.

Itulah tujuh makanan yang bisa kamu jadikan opsi buat Idul Adha nanti. Jadi ingin segera makan kan? Selamat hari raya Idul Adha, ya!
[Devia]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,171,Berita,914,cerpen,19,Dosen,5,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,15,Kesehatan,8,Mahasiswa,79,Muharram,1,Oase,194,Opini,150,opini mahasiswa,2,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,78,Resensi,11,Resensi Buku,14,Resensi Film,22,Riset,4,Sastra,41,Surat Pembaca,7,Suro,2,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,127,UKM,1,Wisuda,5,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Lezat! Ini 7 Makanan Favorit Khas Idul Adha
Lezat! Ini 7 Makanan Favorit Khas Idul Adha
Akhir pekan ini kamu akan menikmati berbagai olahan daging di rumah. Tidak jarang orang merasa bingung akan membuat apa dengan daging yang tersedia. Tentu kamu akan bosan bila masakanmu hanya itu itu saja. Nah, ini tujuh makanan berbahan daging yang bisa kamu masak di Idul Adha nanti.
https://3.bp.blogspot.com/-2v09u_e3rqo/XU75PwQD1ZI/AAAAAAAAIdY/cq6gCYmBBV0RUuWu4SbZ3JqU144JTAsTgCK4BGAYYCw/s1600/makanan%2Bidul%2Badha.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-2v09u_e3rqo/XU75PwQD1ZI/AAAAAAAAIdY/cq6gCYmBBV0RUuWu4SbZ3JqU144JTAsTgCK4BGAYYCw/s72-c/makanan%2Bidul%2Badha.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/08/lezat-ini-7-makanan-favorit-khas-idul-adha.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/08/lezat-ini-7-makanan-favorit-khas-idul-adha.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin