Keuntungan di Balik Pribadi Introvert yang Melankolis

Wowkeren.com 
Kondisi diam atau murungnya seseorang bukan berarti tidak paham atau tidak peduli. Hal ini bisa jadi menunjukkan sesuatu yang berbeda.

Penelitian mengungkapkan, orang introvert yang cenderung melankolis mempunyai bakat menjadi psikolog. Mereka mampu memberikan penilaian pada perilaku sosial manusia. Hal ini dapat dilakukan tanpa adanya alat atau pembelajaran secara khusus.

Jurnal Social Psychology menuliskan, para peneliti, Anton Gollwitzer dan John Bargh menemukan, orang introvert melankolis lebih mudah menilai situasi sosial dibanding orang ekstrovert. Mereka dinilai lebih baik dalam memahami sifat manusia.

Para peneliti melakukan survei yang melibatkan 1000 sukarelawan. Survei yang terbuka untuk umum di situs Yale University menanyakan tentang bagaimana rata-rata orang berpikir, merasa, dan bertindak dalam berbagai kejadian sosial.

Setelah riset dilakukan, penulis juga melakukan serangkaian tes psikologi pada individu dengan skor tertinggi. Tes ini dilakukan untuk melihat dimana titik kesamaan dari masing-masing individu. Hasilnya, responden dengan kepribadian tertutup, kesepian dan kurang percaya diri cenderung lebih cerdas dan penasaran dengan masalah yang kompleks.

Dari hasil tersebut, orang yang introvert dan cenderung melankolis dinilai lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengamati sifat manusia daripada berinteraksi dengan oranglain. Mereka cenderung memiliki motivasi yang lebih sedikit, akan tetapi lebih akurat dalam introspeksi.

"Cenderung sendu tapi lebih bijak. Mereka tidak melihat dunia melalui kacamata berwarna layaknya orang kepribadian riang atau ekstrovert," kata Gollwitzer.

Gollwitzer juga menambahkan, orang introvert cenderung lebih memahami fenomena sosial. Mereka juga memiliki kemungkinan dapat menafsirkan, bahkan memprediksi perubahan sosial masyarakat. Ia merasa, orang dengan kepribadian ini merupakan potongan puzzle yang hilang dari pemerintahan dan penguasa saat ini.

Di balik keunggulan tersebut, penulis menekankan, tanpa adanya pelatihan atau pendidikan formal tentu saja kemampuan mereka tidak akan berkembang dengan baik. Dengan demikian, keberadaan mereka tidak akan mampu bersaing dengan psikolog profesional.

Apabila kamu termasuk orang dengan kepribadian introvert yang cenderung melankolis dan bercita-cita menjadi seorang psikolog, jangan pernah berkecil hati. Tidak ada salahnya mencoba segala kemungkinan yang ada. Bisa jadi, ada bakat yang terpendam dalam dirimu. [Devia]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,166,Berita,904,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,11,Kesehatan,8,Mahasiswa,70,Muharram,1,Oase,191,Opini,147,opini mahasiswa,2,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,78,Resensi,11,Resensi Buku,14,Resensi Film,22,Riset,4,Sastra,41,Surat Pembaca,7,Suro,2,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,117,Wisuda,5,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Keuntungan di Balik Pribadi Introvert yang Melankolis
Keuntungan di Balik Pribadi Introvert yang Melankolis
Penelitian mengungkapkan, orang introvert yang cenderung melankolis mempunyai bakat menjadi psikolog. Mereka mampu memberikan penilaian pada perilaku sosial manusia. Hal ini dapat dilakukan tanpa adanya alat atau pembelajaran secara khusus.
https://3.bp.blogspot.com/-m8VE6n3BQuQ/XUBmS04ZH8I/AAAAAAAAIVo/Vl3R4ji5mMQ2OWfq4V4GkYnwkjikyV1ywCK4BGAYYCw/s640/pribadi-intovet-melankolis.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-m8VE6n3BQuQ/XUBmS04ZH8I/AAAAAAAAIVo/Vl3R4ji5mMQ2OWfq4V4GkYnwkjikyV1ywCK4BGAYYCw/s72-c/pribadi-intovet-melankolis.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/08/keuntungan-di-balik-pribadi-introvert-yang-melankolis.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/08/keuntungan-di-balik-pribadi-introvert-yang-melankolis.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin