Kamu Suka Bernyanyi? Berikut 5 Manfaat Bernyanyi bagi Kesehatan Tubuh

Fanpop.com
Bernyanyi menjadi salah satu cara seseorang untuk mengekspresikan perasaan atau mengungkapan isi hati. Tidak sedikit orang mengekspresikan perasaannya dengan cara bernyanyi. Apalagi bagi mereka yang mempunyai suara merdu.

Selain itu, bernyanyi juga dapat dijadikan sebagai hiburan. Misalnya saat kita sedang stres setelah mengerjakan soal ujian atau punya banyak masalah dalam pekerjaan kantor. Kita bisa refreshing atau menghibur diri kita dengan cara bernyanyi.

Pada umumnya bernyanyi memang tidak dilakukan oleh orang yang punya suara merdu saja. Banyak orang yang menggemari kegiatan ini karena memang dapat menghibur.

Kamu suka bernyanyi? Kamu sudah tahu belum kalau bernyanyi mempunyai manfaat lho bagi kesehatan tubuh. Tidak percaya? Simak ulasan lima manfaat bernyanyi berikut ini:

1. Memacu Produksi Hormon Endorfin 

Ketika kita sedang bad mood, tentu kita akan mencari cara agar bisa membuat mood kita menjadi lebih baik lagi. Banyak orang yang mengatasi bad mood dengan cara bernyanyi atau mendengarkan musik. Dan ternyata bernyanyi bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan bad mood seseorang.

Alhasil, kita akan merasa lebih happy. Dan hal itu bisa memacu produksi hormon endofrin lho. Apa sih manfaat dari hormon tersebut? Nah, hormon endofrin ini bisa membantu meredakan nyeri, mengurangi stres, dan bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker. Tentu manfaat itu sangatlah penting bagi kesehatan kita.

2. Memperbaiki Postur Tubuh 

Bernyanyi dengan sikap yang benar mampu memperbaiki postur tubuh seseorang. Sikap tubuh bernyanyi yang benar yaitu berdiri atau duduk dengan tegak. Jika kita bernyanyi dengan posisi demikian, maka postur tubuh kita akan membaik pula.

Sedangkan postur tubuh yang baik dapat menguatkan tulang dan otot kita. Sehingga tubuh menjadi mudah dan fleksibel ketika digerakkan. Jadi, bernyanyilah dengan posisi yang baik ya, yaitu menegakkan tubuh, agar postur tubuhmu menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan Daya Ingat 

Ketika bernyanyi, tentu kita perlu mengatur pola pernapasan. Yaitu saat mengambil dan mengeluarkan oksigen. Perlu kamu ketahui nih, ternyata hal itu dapat memperlancar peredaran darah.

Sirkulasi darah yang lancar akan memperlancar pasokan darah ke otak. Sementara aliran darah ke otak dapat mempengaruhi daya ingat seseorang. Pada saat bernyanyi, secara tidak langsung, kita telah meningkatkan daya ingat kita. Boleh dicoba nih, bagi kamu yang sering lupa.

4. Meningkatkan Stamina 

Vokal yang lantang dan jelas menjadi unsur penting yang harus dipenuhi dalam bernyanyi. Artinya, kita membutuhkan oksigen yang banyak supaya vokal kita bisa terdengar lantang dan jelas.

Sebenarnya bernyanyi merupakan latihan yang baik bagi paru-paru dan tenggorokan. Paru-paru kita nanti akan terlatih menjadi lebih kuat. Dengan itu, bernyanyi sesungguhnya bisa meningkatkan stamina dalam tubuh kita.

5. Memperpanjang Umur 

Percobaan dari Universitas San Fransisco menunjukkan bahwa bernyanyi bisa mengurangi risiko kematian bagi lansia. Karena terbukti, ketika terbiasa bernyanyi dengan posisi berdiri atau duduk secara tegak, dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Sehingga memperkecil kemungkinan mereka jatuh dan kecelakaan yang bisa berdampak fatal.

Terkait hal ini, bertambahnya umur memang membuat tubuh menjadi lemah. Ketika orang yang sudah tua jatuh atau mengalami kecelakaan, tentu sangat rentan dan bisa berdampak fatal. Dan secara tidak langsung, bernyanyi dapat mengurangi risiko kematian atau memperpanjang umur kita.

Nah, itulah lima manfaat bernyanyi. Selain untuk wahana berekspresi dan menghibur diri, ternyata bernyanyi dapat bermanfaar bagi kesehatan tubuh kita, lho, guys. Dan bagi kamu yang suka bernyanyi, meskipun suaramu tidak bagus-bagus amat, jangan malu-malu. Anggaplah itu sebagai terapi untuk menyehatkan tubuh. Jadi tunggu apa lagi? Selamat bernyanyi ria!
[Mahfud]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,133,Berita,794,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,22,Essay,71,Generasi Milenial,18,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,18,Keagamaan,5,Kesehatan,4,Mahasiswa,18,Oase,156,Opini,135,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,65,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,28,Surat Pembaca,7,Teknologi,7,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,27,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Kamu Suka Bernyanyi? Berikut 5 Manfaat Bernyanyi bagi Kesehatan Tubuh
Kamu Suka Bernyanyi? Berikut 5 Manfaat Bernyanyi bagi Kesehatan Tubuh
Kamu suka bernyanyi? Kamu sudah tahu belum kalau bernyanyi mempunyai manfaat lho bagi kesehatan tubuh. Tidak percaya? Simak ulasan lima manfaat bernyanyi berikut ini:
https://2.bp.blogspot.com/-SdKVGjLuXx4/XR4xfM4JQII/AAAAAAAABhs/U2_9cPVfpr0i7JfyZsNClETBxK-GIQv9ACK4BGAYYCw/s640/manfaat-bernyanyi-bagi-kesehatan-tubuh.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-SdKVGjLuXx4/XR4xfM4JQII/AAAAAAAABhs/U2_9cPVfpr0i7JfyZsNClETBxK-GIQv9ACK4BGAYYCw/s72-c/manfaat-bernyanyi-bagi-kesehatan-tubuh.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/07/kamu-suka-bernyanyi-berikut-5-manfaat-bernyanyi-bagi-kesehatan-tubuh.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/07/kamu-suka-bernyanyi-berikut-5-manfaat-bernyanyi-bagi-kesehatan-tubuh.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin