Bahaya Suka Menggigit Kuku



Bagi kalian yang mempunyai kebiasaan menggigit kuku, atau mungkin teman dan sudara kalian yang mempunyai kebiasaan tersebut, sebaiknya saling mengingatkan untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Karena, menurut Profesor Madya dalam bidang dermatologi di University George Washington, Adam Friedman, kebiasaan menggigit kuku jari memiliki banyak efek negatif untuk kesehatan. Dilansir dari Prevention dan Men's Health, ada beberapa masalah kesehatan, seperti yang dijelaskan oleh Friedman tentang menggigit kuku.

1. Infeksi

Jika kalian menggigit kuku dengan potongan kuku yang terlalu besar, maka hal itu dapat mengekspos kulit halus yang ada di bawah kuku. Sehingga bakteri atau patogen dari mulut dapat dengan mudah menempel di sana.

"Semua yang berasal dari mulut kita ini penuh dengan bakteri, sehingga anda dapat dengan mudah menginfeksi diri anda sendiri," kata Friedman dilansir dari Tempo.co.

Bentuk infeksi yang paling umum disebut paronychia. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, nyeri, dan benjolan berisi nanah. Infeksi tersebut dipercaya mampu bertahan selama berminggu-minggu.

2. Penyakit

Jika sebelumnya Friedman membahas tentang efek negatif bagi kuku, mikoorganisme jahat di jari-jari kalian dan masuk ke mulut mungkin lebih buruk.

"Tangan kita bersentuhan dengan semua jenis patogen, dan virus-virus jahat cenderung tersangkut di bawah kuku kita," kata Friedman. Oleh karena itu, memasukkan kuku ke mulut dapat membahayakan tubuh. Hal ini meliputi flu hingga virus pada perut yang serius.

3. Peradangan

Menurut Friedman, komposisi kimia dari air liur memungkinkan untuk memecah lemak dan molekul makanan lainnya. Walaupun dapat membantu pencernaan, tapi air liur juga bisa merusak kulit ujung jari jika secara terus-menerus berada di mulut.

Menjilati bibir dapat menyebabkannya menjadi pecah-pecah. Oleh karena itu, Friedman menyebutkan bahwa air liur sebenarnya penyumbang kerusakan kulit.

4. Masalah Gigi

Lubang yang menahan akar gigi dapat rusak atau dihancurkan hanya dengan cara menggigit kuku. Sehingga hal ini menyebabkan gigi menjadi bengkok. Menurut studi yang dilakukan oleh American Journal Of Orthodontics anda Dentofacial Orthopedics (AJODO), menggigit kuku juga dapat menyebabkan patah gigi dan memicu penyakit gusi gingsivitis.

5. Kuku tak Tumbuh

Kuku mengandung lapisan generatif yang disebut matriks. Menurut Friedman, ini semacam tempat tidur dari semua sel kuku berkembang. Infeksi yang berhubungan dengan gigitan dapat merusak matriks itu. Sehingga hal itu dapat menyebabkan kelainan bentuk kuku hingga tidak tumbuh sama sekali.

[NN]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,167,Berita,908,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,12,Kesehatan,8,Mahasiswa,74,Muharram,1,Oase,191,Opini,148,opini mahasiswa,2,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,78,Resensi,11,Resensi Buku,14,Resensi Film,22,Riset,4,Sastra,41,Surat Pembaca,7,Suro,2,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,121,Wisuda,5,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Bahaya Suka Menggigit Kuku
Bahaya Suka Menggigit Kuku
Dilansir dari Prevention dan Men's Health, ada beberapa masalah kesehatan, seperti yang dijelaskan oleh Friedman tentang mengigit kuku.
https://4.bp.blogspot.com/-0pYnC6NZFq4/XTF6gdBzibI/AAAAAAAAIRM/Jw4eXJTCeaQWlCUr8BSAXW7KQLIIya5OwCK4BGAYYCw/s1600/Bahaya-Suka-Menggigit-Kuku.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-0pYnC6NZFq4/XTF6gdBzibI/AAAAAAAAIRM/Jw4eXJTCeaQWlCUr8BSAXW7KQLIIya5OwCK4BGAYYCw/s72-c/Bahaya-Suka-Menggigit-Kuku.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/07/bahaya-suka-menggigit-kuku.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/07/bahaya-suka-menggigit-kuku.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin