Belum Qadha Puasa Tapi Udah Ramadan Lagi? Ini Denda Yang Harus Dibayar



Puasa ramadan menjadi hal yang wajib dijalankan setiap orang Islam. Namun terlepas dari syarat dan rukun puasa, ada beberapa hal yang membuat orang boleh tidak mengerjakan hukum wajib puasa ini. Kewajiban puasa tidak berlaku bagi mereka yang sakit, haid dan nifas bagi perempuan atau hal darurat lainnya.

Meski begitu, tetap ada konsekuensi mengganti (mengqadha) puasa di hari atau bulan lain, dengan ketentuan tidak sampai melewati ramadan berikutnya. Kebiasaan menunda membayar hutang puasa ini terkadang membuat kita lalai dan tidak terasa sudah masuk pada ramadan selajutnya. Tetapi ada juga yang memang terpaksa tidak bisa menggantinya tepat waktu, misalnya sakit, lupa, atau orang yang tidak tahu keharaman penundaan qadha puasa. Tentu saja dua kondisi ini memiliki akibat hukum yang berbeda.

Jika alasan menundanya karena kondisi darurat, maka hanya wajib mengganti dengan puasa. Tetapi jika sengaja lalai, selain qadha juga bisa terkena denda. Wah, denda apa ya? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Mahasiswa UIN Walisongo Saat Ramadhan

Seperti keterangan yang disampaikan Syekh Nawawi Al-Bantani dalam kitabnya "Kasyifatus Saja ala Safinatin Naja", denda ini dibayarkan berupa makanan pokok seperti beras dan gandum sebanyak satu mud. Konversinya setara dengan 543 gram menurut Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hanabilah. Sedangkan menurut Hanafiyah sebanyak 815,39 gram.

Denda ini dibayarkan untuk satu hari puasa yang ditinggalkan. Kalau ada 10 hari qadha maka tinggal dikalikan saja dengan 543 gram atau 815,39 gram. Denda ini dibayarkan pada orang yang dianggap kurang mampu, terutama yang berada di sekitar.

Sebelum membayar hutangnya, tentu harus diawali dengan niat terlebih dahulu. Untuk mengganti dengan berpuasa, kamu bisa membaca niat ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانَ ِللهِ تَعَالَى

(Nawaitu Shouma Ghodin 'an qadaa'in fardho ramadhoona lillahi ta'alaa)

Nah, meskipun dendanya ringan bukan berarti kita boleh menunda-nunda qadha puasa. Jika kita sudah diberi kemudahan dalam menjalankan ibadah ketika menemui kendala, sudah sepantasnya kita juga menjalankan konsekuensinya. Malu kan kalau punya hutang sama Allah tetapi telat membayar?

[Adha]

Artike Terkait:

33 Aktivitas yang Dilakukan Orang di Bulan Puasa

Lupakan Rasa Laparmu di Empat Spot Ngabuburit di UIN Walisongo


KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,160,Berita,878,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,9,Kesehatan,8,Mahasiswa,48,Muharram,1,Oase,186,Opini,145,opini mahasiswa,2,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,75,Resensi,10,Resensi Buku,14,Resensi Film,21,Riset,4,Sastra,38,Surat Pembaca,7,Suro,2,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,95,Wisuda,5,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Belum Qadha Puasa Tapi Udah Ramadan Lagi? Ini Denda Yang Harus Dibayar
Belum Qadha Puasa Tapi Udah Ramadan Lagi? Ini Denda Yang Harus Dibayar
Punya hutang puasa tapi belum dibayar? Apa konsekuensinya?
https://2.bp.blogspot.com/-iDbJsKlbw64/XMlb8RqdO9I/AAAAAAAAHr8/IwLbiygw7gk0a9PUp6jOub57zaE708SMwCK4BGAYYCw/s1600/Belum-Qadha-Puasa-Tapi-Udah-Ramadan-Lagi-Ini-Denda-Yang-Harus-Dibayar.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-iDbJsKlbw64/XMlb8RqdO9I/AAAAAAAAHr8/IwLbiygw7gk0a9PUp6jOub57zaE708SMwCK4BGAYYCw/s72-c/Belum-Qadha-Puasa-Tapi-Udah-Ramadan-Lagi-Ini-Denda-Yang-Harus-Dibayar.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/05/belum-qadha-puasa-tapi-udah-ramadan-lagi-ini-denda-yang-harus-dibayar.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/05/belum-qadha-puasa-tapi-udah-ramadan-lagi-ini-denda-yang-harus-dibayar.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin