6 Ekspektasi Camaba Tentang Perkuliahan yang Hanya Khayalan



Bagi anak-anak sekolah, terlebih Calon Mahasiswa baru (Camaba), duduk di bangku perkuliahan tentu menjadi dambaan. Bayangan tentang kehidupan mahasiswa yang menyenangkan, santai dan terlihat keren mendorong mereka berbondong untuk bisa masuk Universitas. Tentu di samping alasan-alasan lainnya, seperti memang ingin belajar.

Terlebih efek tayangan film atau sinetron di televisi yang menampilkan kehidupan mahasiswa sempurna. Padahal, yang kamu saksikan di layar televisi tidak sepenuhnya benar. Bahkan ketika sudah benar-benar duduk di bangku perkuliahan, banyak mahasiswa yang merasa ingin  kembali ke zaman sekolah.

Berikut lima hal ekspektasi perkuliahan yang hanya menjadi khayalan.

1. Menyenangkan Karena Tidak Perlu Pakai Seragam

Mungkin dulu kamu berpikir bahwa lepas dari seragam sekolah adalah hal yang menyenangkan. Padahal, kamu bakal lebih pusing lagi. Harus memikirkan pakai baju apa hari ini, besok, lusa dan seterusnya. Apalagi buat kamu yang perempuan, pasti bakal gak enak kalau pakai baju yang sama dua hari berturut-turut.



2. Bertemu dan Menjalin Pertemanan dengan Banyak Orang Baru

Nyatanya gak sepenuhnya benar. Kamu bakal kaget karena bertemu dengan banyak orang yang individualis. Lebih mementingkan urusan diri sendiri. Pada dasarnya, kamu harus belajar berdiri di atas kakimu sendiri. Tetapi tetap, kamu harus menjalin pertemanan dengan orang lain.



3. Bebas Masuk ke Jurusan yang Diinginkan

Ini nih yang sering bikin calon mahasiswa gantung diri. Jauh-jauh hari menyiapkan diri untuk bisa masuk ke jurusan dambaan, tapi nyatanya persaingan jauh lebih keras. Jika kamu punya hoki bagus, kamu gak perlu mandi keringat untuk mendapatkan bangku jurusan yang kamu inginkan. Tapi kalau kebetulan bernasib sial, mau sekeras apa pun kamu berjuang, jurusan impian hanya ada di pelupuk mata.



4. Mendapatkan Nilai Bagus dengan Mudah

Mendapat nilai bagus dengan mudah, menjadi mitos yang menyesakkan. Meski kamu masuk kelas setiap hari, sudah belajar mati-matian, mengerjakan tugas tepat waktu, tapi ingatlah bahwa nilai berada di tangan dosen. Tentunya dosen tidak sama dengan guru yang bisa mendongkrak nilai siswanya. Selain urusan teknis perkuliahan, attitude juga punya peran besar untuk mendapatkan nilai bagus.



5. Punya Banyak Waktu Luang untuk Jalan-jalan

Ketika akan masuk bangku perkuliahan, yang ada di benak kalian pasti bisa main sebebas-bebasnya. Beruntunglah kamu kalau menjadi mahasiswa seperti ini. Karena ketika kamu sudah masuk kuliah, kamu bakal disibukkan dengan setumpuk tugas dari dosen. Tentu tugasnya tidak seperti di bangku sekolah yang bisa dikebut selama satu malam. Kamu bakal sering jadi manusia nocturnal demi menuntaskan tugas yang menggunung.



6. Dapat Gebetan Cantik/Keren

Kalau referensi dunia perkuliahanmu cuma dari sinetron, siap-siaplah gigit jari. Khayalanmu untuk mendapatkan gebetan di kampus seperti dalam sinetron yang penuh orang-orang cakep, baik hati, dan pinter bakal sirna. Ingatlah, bahwa dunia kampus juga masih dunia nyata. Keanekaragaman manusia masih akan kamu temukan di dalam kampus. Terlebih ketika kamu sudah menjadi mahasiswa, kamu bakal sering disibukkan dengan urusan kuliah dibandingkan urusan hati.



Terlepas dari semua itu, dunia perkuliahan memang memiliki kesannya sendiri. Pengalaman setiap mahasiswa akan berbeda dengan mahasiswa lainnya. Kamu bakal tahu dan merasakannya sendiri. Tidak melulu tentang kekangan, menjadi mahasiswa juga memiliki keseruannya sendiri. [Ainun]

Artikel Lain:

9 Kelakuan Mahasiswa Ketika di Dalam Kelas

5 Tipe Mahasiswa yang Ada di UIN Walisongo

Hal-hal Menarik di Dunia Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Mahasiswa Terkini, Seperti Apa Sih?

Kamu Generasi Milenial? Waspada dengan 7 Musuh Besar Dalam Hidupmu Ini

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,133,Berita,794,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,22,Essay,71,Generasi Milenial,18,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,18,Keagamaan,5,Kesehatan,4,Mahasiswa,18,Oase,156,Opini,135,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,65,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,28,Surat Pembaca,7,Teknologi,7,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,27,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: 6 Ekspektasi Camaba Tentang Perkuliahan yang Hanya Khayalan
6 Ekspektasi Camaba Tentang Perkuliahan yang Hanya Khayalan
Ekspektasi calon mahasiswa baru UIN Walisongo. Ekspektasi tak sesuai dengan realita.
https://2.bp.blogspot.com/-UQXvxCliEXw/XNO27ieWvLI/AAAAAAAAH1U/PKLYBCgXqHI-5qxIfWvlzJ2IfFhfxFLAgCK4BGAYYCw/s1600/6-Ekspektasi-Camaba-Tentang-Perkuliahan-yang-Hanya-Khayalan.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-UQXvxCliEXw/XNO27ieWvLI/AAAAAAAAH1U/PKLYBCgXqHI-5qxIfWvlzJ2IfFhfxFLAgCK4BGAYYCw/s72-c/6-Ekspektasi-Camaba-Tentang-Perkuliahan-yang-Hanya-Khayalan.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/05/6-ekspektasi-camaba-tentang-perkuliahan-yang-hanya-khayalan.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/05/6-ekspektasi-camaba-tentang-perkuliahan-yang-hanya-khayalan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin