Program Kampus hingga Akademik UIN Walisongo yang Jarang Diketahui Mahasiswa

(Sumber: viva.co.id)
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menerapkan sejumlah program yang ditujukan sebagai penunjang kegiatan akademik. Namun beberapa program yang terselenggara jarang diketahui mahasiswa terutama mahasiswa baru (maba). 

Dari program-program tersebut, IDEAPERS.COM merangkum beberapa program terselenggara di UIN Walisongo yang jarang diketahui mahasiswa.

1. Green Campus

Walisongo Green Campus merupakan program yang berkomitmen dalam membudidayakan peningkatan efisiensi hingga konservasi energi sumber daya dan kualitas lingkungan. Green campus ini juga menjadi bagian dari strategi implementasi Unity of Sciences (UoS) sebagai upaya optimalisasi pelayanan tridharma perguruan tinggi.

Sejak tahun 2021 hingga saat ini, delapan fakultas sudah ikut serta dalam mendukung dan mengimplementasikan adanya program green campus dengan inovasi yang beragam. Kemudian berdirinya prodi Teknik Lingkungan di tahun 2022, sebagai bentuk perwujudan keseriusan UIN Walisongo dalam menanggapi isu lingkungan. 

Berbagai inovasi dilakukan untuk menunjang program green campus. Beberapa di antaranya, pengalihan fungsi lahan yang tidak berfungsi menjadi taman hingga perbaikan serta peningkatan fasilitas dan alat hemat energi.

Istilah green campus sebenarnya bukan hal asing bagi mahasiswa maupun civitas akademi UIN Walisongo. Selain sering digaungkan dalam beberapa acara kampus, kampanye green campus dengan media promosi seperti banner juga terpasang di setiap sudut kampus. Namun tidak semuanya memahami program maupun implementasi dari green campus di UIN Walisongo.

2. Unity of Sciences 

Transformasi dari Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo menjadi UIN Walisongo menjadi salah satu faktor yang mempelopori adanya program Unity of Sciences. Selain itu, dalam visi UIN Waliosngo sendiri juga membawa tujuan dari Unity of Sciences. 

Unity of Sciences merupakan program penyelarasan antara ilmu agama dan umum. Pemisahan ilmu agama dan ilmu modern yang masih terpelihara sampai sekarang, mencetusan sebuah nalar keilmuan yang dikenal Unity of Scinces. Paradigma dari Unity of Sciences mengandung lima prinsip, yakni integrasi, kolaborasi, dialektika, prospektif dan pluralistik. 

Dalam praktiknya, UIN Walisongo memajukan humanisasi ilmu-ilmu keislaman dan spiritualisasi saintek. Selain itu, UIN Walisongo juga menambahkan revitalisasi local wisdom yang merupakan ciri khas Islam Nusantara sebagimana Walisongo berdakwah.

Meskipun Unity of Sciences tercantum dalam visi misi UIN Walisongo tidak semua mahasiswa benar-benar memahami apa arti dari Unity of Sciences. 

3. Apresiasi Mahasiswa Berprestasi

UIN Walisongo memiliki program pemberian apresiasi kepada mahasiswa berprestasi sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Rektor No. 837 tahun 2022.

Apresiasi diberikan kepada mahasiswa yang sukses meraih prestasi, di bidang akademik maupun non akademik. Penghargaan diberikan bagi mereka yang berhasil meraih kejuaraan perlombaan, dari tingkat regional hingga internasional baik perorangan ataupun beregu. 

Bagi mahasiswa yang berhasil menerbitkan buku, artikel di media cetak maupun online baik skala lokal hingga internasional, kemudian artikel jurnal ilmiah dari belum tersinta, Sinta 1 hingga Sinta 5 juga bisa mendapat penghargaan.

Penghargaan yang diberikan berupa uang di mana besaran disesuaikan dengan kategori prestasi mahasiswa tersebut. 

4. Jam Malam Kampus 

Semenjak masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Rektor UIN Walisongo bersama jajaran pimpinannya mengeluarkan peraturan baru berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor UIN Walisongo Nomor 108 Tahun 2016 terkait batasan waktu kegiatan kemahasiswaan. 

Sejak saat itu, kegiatan kemahasiswaan yang meliputi DEMA, SEMA, UKM DAN UKK diberlakukan jam operasional. Mahasiswa dapat beraktivitas setiap hari kerja (Senin-Jumat) dengan batasan waktu mulai pukul 07.00-21.00 WIB. 

Kegiatan yang dilaksanakan di luar hari dan jam yang telah ditentukan itu, aktivis kemahasiswaan harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Wakil Rektor bidang kemahasiswaan.

Terlihat semenjak pandemi covid-19 tahun 2021 yang mulai membaik, banyak mahasiswa melakukan negoisasi untuk meminta kelonggaran waktu jam malam kampus yang sering dikeluhkan oleh banyak mahasiswa. 

Pasalnya saat itu, mahasiswa hanya diberi waktu dalam memanfaatkan fasilitas kampus sampai pukul 18.00 WIB. Bahkan, menjelang pukul 18.00 satpam sudah bergegas berkeliling untuk melakukan pengecekan ruang kelas hingga gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM). 

5. KKN Internasional

Sejak tahun 2022 UIN Walisongo melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional yang dilaksanakan di luar negeri. Pemetaan lokasi KKN Internasional dilaksanakan masih dalam wilayah Asia Tenggara seperti Thailand, Singapura dan Vietnam. 

Mahasiswa yang mengikuti KKN Internasional merupakan duta-duta Walisongo yang kerap menebar perdamaian dan moderasi beragama. 

Terkait kriteria spesifik untuk mengikuti KKN Internasional sebelumnya tidak ada, mahasiswa hanya perlu mendaftarkan diri di laman yang telah disediakan oleh LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) UIN Walisongo dan mengikuti segala persyaratan yang telah disediakan. 

6. Lulus Non Skripsi

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor No. 524 tahun 2021 tentang pemenuhan Tugas Akhir, UIN Walisongo memberikan alternatif tugas akhir selain skripsi sebagai syarat kelulusan mahasiswa. Kebijakan ini berlaku sejak tahun 2021, tepatnya bagi mahasiswa angkatan 2020.

Terdapat lima pilhan Tugas Akhir sebagai pengganti skripsi. Pertama, karya desain teknologi. Mahasiswa dapat menciptakan prototype, menghasilkan produk atau sejenisnya dengan ketentuan yang ada. 

Kedua, karya tulis ilmiah. Adapun karya ilmiah yang dijadikan sebagai pengganti skripsi memiliki kriteria yang harus dipenuhi. Karya ilmiah dapat berupa jurnal yang mengkaji permasalahan masyarakat, produk, teknologi atau karya seni yang dipublikasikan secara online pada jurnal ilmiah nasional dengan syarat minimal Sinta 3 atau bahkan jurnal internasional.

Ketiga, karya seni/arsitektur yang merupakan hasil perancangan desain seni arsitektur mahasiswa dengan ketentuan, sesuai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). 

Keempat, pengerjaan TA non skirpsi berupa buku ber-ISBN (International Standart Book Number) dengan kriteria yang harus terpenuhi, yakni minimal 60 halaman. 

Kelima, mahasiswa berprestasi yang mengikuti kejuaraan tingkat nasional maupun internasional. Prestasi mahasiswa dapat diajukan sebagai tugas akhir pengganti skirpsi dengan ketentuan yakni, karya berlaku maksimal 1 tahun dibuktikan dengan adanya sertifikat penghargaan. 

Namun kebijakan tersebut tidak secara komperhensi terlaksana dengan baik di setiap fakultas maupun jursan di UIN Walisongo. 

Itulah beberapa program kampus hingga akademik UIN Walisongo yang jarang diketahui mahasiswa. [Robiatus Salmah]

KOMENTAR

Name

17 agustus,1,2021,4,2023,1,2024,2,22 Mei 2019,1,ab,1,Abu Nawas,2,academy,1,Advertorial,4,AFI,3,ai,5,Akreditasi,1,al-ghazali,1,al-ikhlas,1,Al-Qur'an,4,Albert Camus,3,Albert Estein,2,Anak,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,aqidah dan filsafat islam,3,Artificial Intellgence,3,Artikel,541,Artikel sastra,3,asian value,1,atribut,1,audiensi,6,bahasa,1,bahasa ibu,1,bali,3,Banding UKT 2023,2,banjir,2,bantuan ukt,2,Beasiswa,17,Begadang,1,belajar,5,berdoa,2,Berita,1603,berita potret,2,biografi,1,bonus demografi,1,buku,6,bulan muharram,2,Bulan Ramadan,10,calon wisudawan,1,camaba,10,camaba 2022,2,camaba 2023,1,Carl jung,2,ceremony,1,cerpen,31,copy writing,1,Corona virus,65,critical thingking,1,cumlaude,2,cybersecurity. internet,1,darurat pernikahan dini,1,Daun kelor,1,dekan fuhum,1,dema,13,Demokrasi,1,demonstrasi,1,digital,2,diklatpimnas,1,diskon,1,Dokumen,1,dosen,2,dsign,1,Edukasi Seksual,1,ekologi,1,ekosistem,1,EkspreShe,35,era digital,1,Essay,121,fakultas kedokteran,5,Fasilitas,2,Fasilitas PKM,2,fdk,1,feature,2,film,5,Filsafat,38,FITK,1,fresh graduate,3,FUHUM,53,FUHum fest,2,FUPK,7,Gadis Kretek,1,Gagal Wisuda,3,gaya hidup,3,Gen Z,2,gender,2,General Library,2,Generasi Milenial,31,George Orwell,1,globalisasi,1,graduation cap,1,greencampus,1,Guru,3,hak cipta buku,1,Harapan,2,Hari Buku Internasional,1,Hari Buruh,2,Hari Buruh Internasional,4,hari guru,1,hari ibu,1,Hari Jumat,1,Hari Kartini,3,hari kemerdekaan,2,hari pahlawan,4,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,12,Hari Santri,6,Hari Santri Nasional 2022,6,Hari Sumpah Pemua 2022,2,heroisme,1,Hukum,1,Ibnu Sina,1,ide bisnis,1,identitas,1,idul adha,11,Ilmu Falak,1,Ilmu Pengetahuan,90,Imam Nawawi,1,Imlek,2,indonesa emas,1,indonesia,4,info beasiswa,3,info kos ngaliyan,1,inspiratif,1,internasional,6,islam,2,isra' mi'raj,2,Iwan Fals,1,jawa timur,1,Jerat Hukuman,1,judul skripsi terbaik,6,Jurang Asmara,2,Kahlil Gibran,2,Kapitalis,1,Kasus Birokrasi,1,Keagamaan,74,Kebahagiaan,3,kebaya,2,kebudayaan,7,kecantikan,1,kecerdasan,2,Kedokteran,1,kekerasan seksual,2,kekerasan seksual anak,1,kemanusiaan,2,kemerdekaan,2,kerja,1,kesadaran,8,Kesehatan,28,KI Hajar Dewantara,1,KIP-K,6,Kitab Allah,1,kkl,12,KKN,22,KKN Internasional,1,KKN Nusantara,1,Klarifikasi,2,Komunikasi,3,konten vidio,1,kopi,1,Korean Wave,1,korelasi,1,Korelasi 2023,3,Korupsi dosen,1,kos,1,ksr,1,KTT G20,3,KUHP,1,Kuliah,12,Kuliah luar negeri,4,Kuliah Online,21,Kuliah tatap muka,2,kuliner,1,kupi,1,kurban,3,Lahan Parkir,3,leaders declaration,1,liburan,2,lifestyle,1,Literasi,3,Logo HSN 2022,1,lukisan,1,Lulus Cepat,12,ma'had,9,maba 2023,6,maba2022,3,Machiavelli,1,Mahasiswa,649,mahasiswa baru,14,Mahasiswa Meninggal,1,makna hidup,1,makna kembang api,1,Maksiat hati,1,Malaysia,1,Masa Jabatan,1,Masjid Kapal,1,media sosial,2,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,mengingat,1,mental,2,Menulis,1,menwa,1,metaverse,1,modernitas,1,motivasi,8,Muhammad,6,Muhammad Iqbal,1,Munaqosah,2,Musik,1,Nabi Muhammad,2,nasional,25,natal,1,New Normal,18,Ngaliyan,5,Oase,400,Olahraga,2,omnibus law,1,Opini,254,opini mahasiswa,22,ORKM,2,ormawa,2,orsenik,24,outfit,1,pameran isai,1,pancasila,2,Pandemi,5,PBAK,29,PBAK 2022,5,pbak 2023,14,Pedagogi,1,pelecehan seksual,1,peluang,1,Pemalsuan,5,Pembayaran UKT,2,Pemilu 2024,3,pemuda,2,Pendidikan,16,penemuan ular,1,pengembangan diri,7,Penjara,1,Penyair,1,Penyesuaian UKT 2022,3,perang ukraina,1,Perempuan,7,peringatan harlah NU,1,pernikahan dini,1,perpustakaan,1,Pertemanan,1,Pidana,1,Plagiasi Rektor,1,Planetarium UIN Walisongo,1,PMB,10,politik,5,pondok pesantren,4,pormawa,1,Post-truth,1,Potret Berita,11,potret wisuda,5,ppb,7,praktikum,1,Pramoedya Ananta Toer,1,presidensi,1,profesi,2,Program Mahasiswa Internasional,2,Psikologi,36,Puasa,9,Puasa Ramadan,45,Puisi,156,Quotes,1,qurban,1,ramadhan 2023,9,Ramadhan 2024,1,Rasulullah,1,recriutment,2,recruitment,4,refrensi,1,regulasi,1,rektor,7,Resensi,22,Resensi Buku,21,Resensi Film,30,revolusi industri,1,Riset,5,SAA,1,Sahabat,2,Sampah Juras,2,santri Ma'had,4,Sastra,122,Second Sex,1,sedekah,1,sejarah,1,sema,4,Semarang,179,Shalawat,1,Sidang,2,Sistem akademik,1,SK Jabatan 6 Bulan,1,SK Wajib Mahad,11,skill,1,Skripsi,18,sky,1,socrates,2,sosial,2,Sosok,2,stoic,1,Student Mobility,1,sufisme,2,sukses,3,sumpah pemuda,2,Surat Pembaca,9,tafsir,6,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,3,Taman Entrepreneur FEBI,1,TandaTangan,4,tasawuf,2,Taubat,1,teater,8,Teknologi,43,teladan,1,Thailand,1,tips,4,Toefl-Imka,22,tokoh,1,Toxic,1,TP,1,tranformasi energi,1,Tugas Akhir,16,UHN,2,UIN Walisongo,766,UIN Walisongo Semarang,28,ujm,2,UKM,11,ukt,35,UKT 2024,5,UKT tinggi,2,ular piton,1,upz,1,video,2,Wajib mahad,4,wali camaba,2,wali wisuda,5,Walisongo Center,2,wanita,1,William Shakespeare,1,Wisuda,110,wisuda 2022,15,wisuda 2023,6,wisuda 2024,14,wisuda offline,5,wisudawan terbaik,30,Writer's block,1,Zodiak,3,zoom meeting,1,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Program Kampus hingga Akademik UIN Walisongo yang Jarang Diketahui Mahasiswa
Program Kampus hingga Akademik UIN Walisongo yang Jarang Diketahui Mahasiswa
Apa saja program UIN Walisongo yang jarang diketahui mahasiswa? Seperti green campus, TA non skripsi, Prestasi mahasiswa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3fGsM-gTNtPxQquxqc2n0-gQ6CvJHI9wbx4Kch5gnAgP1aifDhCnYpVauniKwz2hzaZ7HIneTaX1FrXniXnOfHAa2icsm7S8H_V9qE5KaHxmQs95EECztJZirlXm50iAA3bDtrw1J33VpZKcUIxgGLFDeCnMT73Zk28aj9ysET_6jHxDuPc5JH_ZMhEp9/w640-h360/images%20(1)%20(11).jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3fGsM-gTNtPxQquxqc2n0-gQ6CvJHI9wbx4Kch5gnAgP1aifDhCnYpVauniKwz2hzaZ7HIneTaX1FrXniXnOfHAa2icsm7S8H_V9qE5KaHxmQs95EECztJZirlXm50iAA3bDtrw1J33VpZKcUIxgGLFDeCnMT73Zk28aj9ysET_6jHxDuPc5JH_ZMhEp9/s72-w640-c-h360/images%20(1)%20(11).jpeg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2024/02/program-kampus-hingga-akademik-uin-walisongo-yang-jarang-diketahui-mahasiswa.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2024/02/program-kampus-hingga-akademik-uin-walisongo-yang-jarang-diketahui-mahasiswa.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin