Cara Sederhana Melatih Fokus


Kemampuan fokus kita kadang terganggu oleh berbagai hal mulai dari notifikasi handphone, suara bising, atau stres akibat banyaknya pekerjaan. Profesor Psikologi University of Miami dan Direktur Ilmu Saraf Kontemplatif, Amishi Jha membagikan bagaimana cara agar seseorang bisa tetap fokus terhadap hal yang penting atau menjadi prioritas.

Jha mengibaratkan kemampuan fokus seseorang seperti sebuah senter yang bisa diarahkan ke mana saja. Hal tersebut juga disebutkan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan 50 persen pikiran manusia mengembara layaknya senter yang berkedip-kedip dihitung dari seseorang bangun tidur. Artinya, seseorang dapat memikirkan berbagai hal dalam satu waktu dan hal ini mengindikasi adanya ketidakfokusan.

Saat hal itu terjadi, yang menjadi pertanyaan bagaimana seseorang dapat mengendalikan senter yang berkedip-kedip atau mencapai kefokusan untuk hal yang diprioritaskan? Amishi Jha menawarkan konsep mindfulness sebagai jawabannya. Salah satu jenis meditasi yang dapat melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan serta menerimanya secara terbuka.

Meditasi mindfulness tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental seperti mengurangi kecemasan, mengurangi tingkat depresi dan meningkatkan memori kerja. Di dalamnya terdapat latihan yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Latihan Olah Pernafasan

Untuk latihan olah pernafasan dengan penuh kefokusan, duduk senyaman mungkin dengan posisi tegak dan pusatkan perhatian kamu pada sensasi pernapasan. Misalnya rasakan kesejukan udara yang masuk melalui hidung dan keluar dari mulut. Perhatikan arah perut yang bergerak maju dan mundur.

Jika saat latihan olah pernafasan, ada berbagai pikiran yang melintas di benakmu, cobalah kontrol itu agar tidak tenggelam ke dalamnya. Jangan kaget jika kamu akan menarik puluhan bahkan ratusan pikiran yang terlintas di benakmu selama sesi 15 menit latihan pernapasan ini.

2. Jalan Kaki dengan Fokus

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melatih fokus yakni dengan berjalan kaki. Saat berjalan kaki, kamu bisa mencoba merasakan sensasinya. Bagaimana rasanya saat kaki menyentuh tanah atau angin yang menyentuh kulitmu.

Kamu bisa melakukan ini di dalam rumah maupun di luar ruangan. Berjalan kaki ini dapat membantu melatih kefokusan dengan merasakan apa yang kamu rasakan pada kaki saat berjalan. Dan cara ini lebih mudah dari latihan olah pernafasan yang pertama.

3. Rasakan Apa yang Terjadi pada Tubuh

Mengingat bahwasanya fokus seseorang itu ibarat senter. Layaknya kamu mengambil senter lalu menggerakkannya secara sistematis ke seluruh tubuh. Hal ini seperti seseorang dapat memilih bagian tubuh untuk merasakan apa yang terjadi pada tubuhnya.

Kamu bisa mulai memperhatikan apa yang yang terjadi pada tanganmu. rasakan sensasi apa pun yang kamu rasakan apakah terasa dingin, keram ataupun hangat. Setelah itu kamu bisa merasakan sensasi di bagian tubuh yang lain seperti tumit, perut dan dada.

Merasakan apa yang terjadi pada tubuh, bisa kamu lakukan untuk melatih kefokusanmu terhadap bagian yang kamu perhatikan dengan jangka waktu tertentu.

4. Rasakan Apa yang Terjadi pada Sekitarmu

Latihan ini bukan tentang fokus terhadap objek-objek tertentu. Tetapi, mencoba terbuka pada pengalaman baik secara internal maupun eksternal yang dirasakan. Dalam proses latihan tahap ini, bukan memproses atau memikirkan sensasi itu, melainkan memperhatikan kemunculan sensasi yang dirasakan seperti panas, gatal, atau gejolak dari dalam seperti cemas, sedih, takut dan lain sebagainya. Setelah itu, coba biarkan sensasi itu hilang tanpa kamu menahannya.

Umumnya, orang-orang akan merasakan manfaatnya ketika berlatih selama 15 menit sehari, lima hari dalam satu minggu, dan sekitar empat minggu. Namun jika selama proses latihan merasa tenggelam dalam pikiran, yang akhirnya membuat kamu tidak bisa melakukan latihan hingga terakhir, kamu bisa melakukan kembali dari awal untuk menenangkan diri. [Wahhab]

KOMENTAR

Name

2021,4,22 Mei 2019,1,Abu Nawas,1,Advertorial,4,al-ikhlas,1,Al-Qur'an,3,Albert Camus,2,Albert Estein,2,Anak,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,Artikel,423,Beasiswa,4,Begadang,1,belajar,3,berdoa,2,Berita,1224,buku,2,Bulan Ramadan,3,Carl jung,2,cerpen,24,Corona virus,63,Daun kelor,1,Demokrasi,1,EkspreShe,31,Essay,116,Filsafat,23,FUHUM,3,Generasi Milenial,27,George Orwell,1,globalisasi,1,Guru,1,hak cipta buku,1,Harapan,2,Hari Buku Internasional,1,Hari Buruh,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Jumat,1,Hari Kartini,1,hari kemerdekaan,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,11,Hari Santri,5,idul adha,3,Ilmu Pengetahuan,68,Imam Nawawi,1,Iwan Fals,1,Kahlil Gibran,2,Kapitalis,1,Keagamaan,59,Kebahagiaan,3,kecerdasan,1,kemerdekaan,1,kesadaran,2,Kesehatan,26,KI Hajar Dewantara,1,Kitab Allah,1,KKN,8,Komunikasi,3,kopi,1,Korean Wave,1,Kuliah,3,Kuliah luar negeri,1,Kuliah Online,21,Kuliah tatap muka,1,Literasi,1,Machiavelli,1,Mahasiswa,329,makna hidup,1,Maksiat hati,1,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,mental,1,Menulis,1,modernitas,1,motivasi,1,Muhammad,5,Muhammad Iqbal,1,Musik,1,Nabi Muhammad,2,New Normal,18,Ngaliyan,1,Oase,325,Olahraga,1,Opini,230,opini mahasiswa,17,orsenik,19,pancasila,2,Pandemi,4,PBAK,24,Pendidikan,5,Penyair,1,Perempuan,5,Pertemanan,1,politik,3,Post-truth,1,Potret Berita,4,Pramoedya Ananta Toer,1,Psikologi,16,Puasa,8,Puasa Ramadan,40,Puisi,122,Quotes,1,Rasulullah,1,Resensi,20,Resensi Buku,19,Resensi Film,26,revolusi industri,1,Riset,4,Sahabat,2,Sastra,96,Second Sex,1,Semarang,41,Shalawat,1,Skripsi,3,stoic,1,sufisme,1,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,tafsir,2,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,2,tasawuf,1,Taubat,1,Teknologi,31,tips,3,Toefl-Imka,15,Toxic,1,UIN Walisongo,392,UKM,6,ukt,22,Wisuda,57,Writer's block,1,Zodiak,3,zoom meeting,1,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Cara Sederhana Melatih Fokus
Cara Sederhana Melatih Fokus
Meditasi mindfulness tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental seperti mengurangi kecemasan.
https://1.bp.blogspot.com/-dJd0vS_rixc/YYjcmcSEWhI/AAAAAAAAMZ4/st5fIBlzHakJUMdMsRlprKUA2Mp5p_fcwCLcBGAsYHQ/s320/s-migaj-Yui5vfKHuzs-unsplash.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dJd0vS_rixc/YYjcmcSEWhI/AAAAAAAAMZ4/st5fIBlzHakJUMdMsRlprKUA2Mp5p_fcwCLcBGAsYHQ/s72-c/s-migaj-Yui5vfKHuzs-unsplash.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2021/11/cara-sederhana-melatih-fokus.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2021/11/cara-sederhana-melatih-fokus.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin