Al-Qur'an Sebagai Respon Tradisi Buruk Masyarakat Arab Jahiliyah


Kondisi masyarakat Arab Pra-Islam, yang dirundung ketidaktahuan disebut masyarakat jahiliyah. Ketidaktahuan masyarakat jahiliyah bukan dipahami sebagai kebodohan intelektual, melainkan pengkaburan dari petunjuk Tuhan dalam tuntunan hidup. 

Bobroknya moralitas yang seringkali tidak sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan menjadi tolak ukur kebodohan sendiri di mana masyarakat jahiliyah tidak menggunakan akalnya, sehingga melakukan tindakan yang tidak mencerminkan moral manusia. Seperti perang dan balas dendam, berjudi, minum-minuman keras, dan pelacuran menjadi tradisi buruk masyarakat Arab jahiliyah.

Selain itu, mereka juga mengingkari keesaan Allah perihal ketuhanan. Kemusyrikan, kekafiran, dan fanatisme kesukuan menjadi karakteristik masyarakat jahiliyah yang tidak sesuai dengan ajaran Al-Quran. 

Di tengah kondisi sosio-kultur masyarakat seperti inilah Allah menurunkan Al-Quran melalui Nabi Muhammad sebagai pengemban risalah. Al-Quran diturunkan pada masyarakat Arab saat itu, untuk memperbaiki penyakit sosial dan sebagai kitab petunjuk seluruh umat. 

Awalnya, Nabi Muhammad yang mendakwahkan Al-Quran dianggap sebagai kata-kata yang umum diucapkan oleh para pendeta sehingga tidak berefek pada kepercayaan mereka. Lambat laun, dakwah yang disampaikan Rasulullah selama 23 tahun mampu membuat Islam menjadi agama yang dianut oleh masyarakat Arab kala itu. 

Salah satu yang menjadi alasan Islam diterima oleh masyarakat Arab jahiliyah, sebab memuliakan mereka yang memeluknya. Islam dinilai sebagai agama yang lemah lembut dalam penyampaian dakwahnya. Tidak berhenti di situ, Islam memiliki cara yang baik dalam mengatasi kebiasaan buruk masyarakat Arab kala itu. 

Hal ini menjadi beberapa poin penting yang dapat menunjang masuknya Islam dalam kehidupan masyarakat Arab. Perihal bagaimana Islam menghilangkan kebiasaan buruk masyarakat Arab jahiliyah dicontohkan salah satunya dalam larangan khamr. Sebagaimana Allah dalam Al-Quran tidak secara langsung melarang dengan tegas khamr, akan tetapi berangsur-angsur dimulai dari penjelasan pembuatan khamr, pemberian isyarat khamr tidak baik bila dikonsumsi, dan larangan minum khamr mendekati waktu salat (Q. S. An-Nisa: 43). Terakhir, perintah mutlak dari Allah terkait larangan minum khamr karena termasuk perbuatan syaitan yang tidak mendatangkan keberuntungan pada peminumnya (Q.S. Al-Maidah: 90). 

Tantangan dan penyakit yang muncul di masyarakat akan selalu ada dalam perjalanan hidup manusia. Sebab itu, manusia memerlukan bimbingan dan petunjuk. Al-Quran memiliki banyak cara untuk mengubah keburukan suatu kaum, di mana setiap perubahan yang diajarkan merupakan cara terbaik dan dapat diterima oleh orang-orang berakal. Namun, bagi mereka yang belum tersadarkan dan memilh tidak mengambil pelajaran dari Al-Quran artinya membiarkan dirinya hanyut dalam kesesatan. 

Al-Quran merupakan respon dan petunjuk bagi masyarakat yang dapat mengubah kebiasaan buruk, menciptakan moral yang benar yang sejalan dengan kehidupan sosial. Kandungan dan pesan-pesan di dalam Al-Quran mengajarkan tentang kebaikan moral dan nilai-nilai kemanusiaan yang akan selalu relevan di manapun dan kapanpun. Demikian pula, Al-Quran telah membuktikan perannya dengan mengubah tradisi buruk kaum jahiliyah dengan sangat baik tanpa paksaan. [Devia]

KOMENTAR

Name

2021,4,22 Mei 2019,1,Advertorial,2,al-ikhlas,1,Al-Qur'an,3,Albert Camus,2,Albert Estein,2,Anak,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,Artikel,385,Beasiswa,4,Begadang,1,belajar,1,berdoa,2,Berita,1189,buku,2,Bulan Ramadan,3,Carl jung,1,cerpen,24,Corona virus,62,Daun kelor,1,Demokrasi,1,EkspreShe,31,Essay,115,Filsafat,16,FUHUM,3,Generasi Milenial,26,George Orwell,1,Guru,1,hak cipta buku,1,Harapan,2,Hari Buku Internasional,1,Hari Buruh,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Jumat,1,Hari Kartini,1,hari kemerdekaan,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,11,Hari Santri,4,idul adha,3,Ilmu Pengetahuan,60,Imam Nawawi,1,Iwan Fals,1,Kahlil Gibran,2,Kapitalis,1,Keagamaan,53,Kebahagiaan,2,kecerdasan,1,kemerdekaan,1,Kesehatan,25,KI Hajar Dewantara,1,Kitab Allah,1,KKN,5,Komunikasi,3,kopi,1,Korean Wave,1,Kuliah,2,Kuliah luar negeri,1,Kuliah Online,21,Literasi,1,Machiavelli,1,Mahasiswa,302,makna hidup,1,Maksiat hati,1,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,mental,1,Menulis,1,modernitas,1,Muhammad,5,Muhammad Iqbal,1,Musik,1,Nabi Muhammad,2,New Normal,18,Ngaliyan,1,Oase,314,Olahraga,1,Opini,216,opini mahasiswa,13,Pandemi,4,PBAK,24,Pendidikan,3,Penyair,1,Perempuan,5,Pertemanan,1,politik,3,Post-truth,1,Potret Berita,4,Pramoedya Ananta Toer,1,Psikologi,12,Puasa,8,Puasa Ramadan,40,Puisi,119,Quotes,1,Rasulullah,1,Resensi,20,Resensi Buku,19,Resensi Film,26,Riset,4,Sahabat,2,Sastra,94,Second Sex,1,Semarang,41,Shalawat,1,Skripsi,3,stoic,1,sufisme,1,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,tafsir,1,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,2,tasawuf,1,Taubat,1,Teknologi,25,tips,1,Toefl-Imka,15,Toxic,1,UIN Walisongo,358,UKM,6,ukt,21,Wisuda,52,Writer's block,1,Zodiak,3,zoom meeting,1,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Al-Qur'an Sebagai Respon Tradisi Buruk Masyarakat Arab Jahiliyah
Al-Qur'an Sebagai Respon Tradisi Buruk Masyarakat Arab Jahiliyah
Al-Quran telah membuktikan perannya dengan mengubah tradisi buruk kaum jahiliyah dengan sangat baik tanpa paksaan.
https://1.bp.blogspot.com/-Io68QxZ2ChY/YNg158ejHUI/AAAAAAAALyo/5478p6c2YXQxhb8m9SAf-zuhfVYxkc1oQCLcBGAsYHQ/s16000/meneladani-kesabaran-abu-qilabah-sahabat-nabi-terakhir-yang-wafat-di-padang-tandus-SpUpkCG8wD.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-Io68QxZ2ChY/YNg158ejHUI/AAAAAAAALyo/5478p6c2YXQxhb8m9SAf-zuhfVYxkc1oQCLcBGAsYHQ/s72-c/meneladani-kesabaran-abu-qilabah-sahabat-nabi-terakhir-yang-wafat-di-padang-tandus-SpUpkCG8wD.jpeg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2021/07/alquran-sebagi-respon-tradisi-buruk-masyarakat-arab-jahiliyah.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2021/07/alquran-sebagi-respon-tradisi-buruk-masyarakat-arab-jahiliyah.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin