4 Buku yang Dapat Tingkatkan Pengetahuan Keagamaan



Bulan Ramadan, tidak hanya menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas diri secara spiritualitas, kamu juga bisa meningkatkan pengetahuan keagamaan. Selain mendengarkan ceramah atau ngaji kitab, kamu bisa melakukannya dengan membaca buku tentang keagamaan. 

Memperdalam pengetahuan agama dengan membaca buku di bulan Ramadan menjadi hal yang mengasyikkan. Kamu bisa melakukannya sembari menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) . Atau meluangkan waktu khusus setiap hari sebagai rutinitas baru. Hal ini dapat menyeimbangkan antara kulitas ibadah dan kulitas pengetahuan untuk meningkatkan keimanan. Berikut rekomendasi buku bacaan selama Ramadan yang dapat meningkatkan nilai pengetahuan keagamaan: 

1. Sirah Nabawiyah

Sirah Nabawiyah mengulas tuntas tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW. Mulai dari keadan Jazirah Arab sebelum Rasulullah lahir. Kemudian masa kelahiran dan anak anak Nabi Muhammad. Hingga kehidupan pernikahan nabi Muhammad dengan istrinya. Selain itu, Sirah Nabawiyah juga menceritakan peristiwa diangkatnya Muhammad sebagai Nabi dan Rasul di umur 40 tahun. Serta kisah dakwah Nabi di Mekah dan Madinah yang diceritakan secara mendetail. 

Untuk kamu yang ingin memahami dan belajar tentang kehidupan Rasulullah, ini beberapa buku Sirah Nabawiyah yang bisa kamu jadikan sebagai bacaan.  Diantaranya buku Sirah Nabawiyah karangan dari, Syaikh Shafiyurrahman El Mubarakfury, Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthy, maupun Prof. Dr. Muh. Rawwas Qol'ahji. 

2. Fihi Ma Fihi - Jalaludin Rumi


Buku Fihi Ma Fihi karangan Rumi ini, mengajak kamu untuk berpikir secara mendalam terhadap segala sesuatu yang terjadi di dunia. Bagaimana belajar berfikir secara komprehensif, diawali dengan memberikan perspektif terhadap penyebab segala sesuatu yang terjadi. Buka dari akibat yang muncul setelah sebab itu terjadi. Sederhananya, Rumi mengajarkan kamu untuk menerima semua kehendak Tuhan dengan sudut pandang yang luas. 

Buku dengan ketebalan mencapai 529 lembar dapat mengantarkan kamu untuk memahami dan menyikapi segala kehendak Tuhan. Buku yang setiap bab ditulis dengan tema yang berbeda, dapat dibaca secara acak tanpa mengurangi esensinya. Hal ini dapat memudahkan kamu dalam memahami dan menafsirkan buku ini. 

3. Islamku, Islam Anda, Islam Kita - Gus Dur

Melalui buku ini Gus Dur menuliskan perihal Islam dan lembaga negara seperti kondisi sosial, politik, budaya dan lain sebagainya. Bagaimana Ia melihat problem soal pluralisme agama yang terjadi saat itu. Gejolak dari berbagai kalangan yang merasa ideologinya paling benar hingga tak jarang menimbulkan berbagai polemik. Esai-esai bertemakan keberagaman ini menuliskan perihal bagaimana membenahi pribadi sebagai umat muslim menjadi lebih baik bukan terkait sistemnya. Berbicara tentang menjadi manusia beragama yang mengedepankan humanisme, toleransi dan anti kekerasan.   

4. Islam yang Saya Anut  - Quraish Shihab


Buku berjumlah 338 halaman milik Quraish Shihab, membahas mengenai prinsip dan dasar ajaran Islam secara mendetail yang terdiri dari akidah (rukun iman), ibadah (rukun islam), dan akhlak. ketiga aspek tersebut mengikuti Imam Syafi’i dalam aspek ibadahnya (M. Qurasih Shihab membahasakan sisi fikihnya), mengikuti Imam Abu Hasan Al-Asy’ari dalam aspek akidah, mengikuti Imam Al-Ghazali dalam aspek ahlak.

Pembahasan dalam buku ini cukup komprehensif dan mendalam, namun dikemas dalam bahasa yang mudah dipahami. Tidak lupa dalam buku ini juga menyuguhkan berbagai pendapat dari ulama yang tidak diragukan lagi kualitas keilmuannya. Buku ini sangat direkomendasikan untuk siapa saja yang ingin mengetahui dasar ajaran Islam. Buku ini pun cocok untuk mengingatkan kembali serta memperdalam mengenai dasar-dasar keislaman.

Itulah 4 buku yang dapat kamu jadikan referensi untuk menambah pengetahuan agama di bulan Ramadan. Semoga puasamu menyenangkan.   

[Mita]

KOMENTAR

Name

2021,4,22 Mei 2019,1,Advertorial,2,Al-Qur'an,2,Albert Camus,2,Albert Estein,1,Anak,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,Artikel,358,Beasiswa,4,Begadang,1,berdoa,2,Berita,1149,buku,2,Bulan Ramadan,3,Carl jung,1,cerpen,23,Corona virus,60,Daun kelor,1,EkspreShe,31,Essay,112,Filsafat,8,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,George Orwell,1,Guru,1,hak cipta buku,1,Harapan,2,Hari Buku Internasional,1,Hari Buruh,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Jumat,1,Hari Kartini,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,9,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,57,Imam Nawawi,1,Kahlil Gibran,1,Kapitalis,1,Keagamaan,47,Kebahagiaan,2,Kesehatan,22,Kitab Allah,1,KKN,5,Komunikasi,3,Kuliah,1,Kuliah luar negeri,1,Kuliah Online,18,Literasi,1,Machiavelli,1,Mahasiswa,260,makna hidup,1,Maksiat hati,1,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,Menulis,1,Muhammad,5,Muhammad Iqbal,1,Nabi Muhammad,2,New Normal,18,Oase,302,Opini,201,opini mahasiswa,10,Pandemi,2,PBAK,17,Pendidikan,2,Perempuan,4,Pertemanan,1,politik,3,Post-truth,1,Potret Berita,1,Pramoedya Ananta Toer,1,Psikologi,5,Puasa,7,Puasa Ramadan,40,Puisi,108,Quotes,1,Rasulullah,1,Resensi,19,Resensi Buku,19,Resensi Film,26,Riset,4,Sahabat,2,Sastra,80,Second Sex,1,Semarang,39,Shalawat,1,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,2,Taubat,1,Teknologi,24,tips,1,Toefl-Imka,15,Toxic,1,Tutur kata baik,1,UIN Walisongo,310,UKM,6,ukt,11,Wisuda,44,Writer's block,1,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: 4 Buku yang Dapat Tingkatkan Pengetahuan Keagamaan
4 Buku yang Dapat Tingkatkan Pengetahuan Keagamaan
Bulan Ramadan, tidak hanya menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas diri secara spiritualitas,kamu juga bisa meningkatkan pengetahuan keagamaan.
https://4.bp.blogspot.com/-A8hq0cmbjyo/YIMALTdwcMI/AAAAAAAALiU/RBE9gCct7x4g5IbA3vYlX24huNVHfhq-gCLcBGAsYHQ/s16000/Perempuan-membaca-e1554728889890.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-A8hq0cmbjyo/YIMALTdwcMI/AAAAAAAALiU/RBE9gCct7x4g5IbA3vYlX24huNVHfhq-gCLcBGAsYHQ/s72-c/Perempuan-membaca-e1554728889890.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2021/04/4-buku-yang-dapat-tingkatkan-pengetahuan-keagamaan.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2021/04/4-buku-yang-dapat-tingkatkan-pengetahuan-keagamaan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin