Kebiasaan Rasulullah SAW Setiap Hari Jumat yang Bisa Kamu Amalkan

Hari Jumat disebut hari paling mulia dan penuh keberkahan dibanding hari lainnya. Banyak amalan sunnah yang dianjurkan setiap hari jumat maupun malam jumat. Salah satunya, kaum laki-laki diwajibkan shalat jumat secara berjemaah. Sebagaimana Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah sebuah hadits yang artinya.

Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fithri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali shilaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat”.

Karena itu, Rasulullah SAW banyak melakukan kebiasaan selain beribadah sunnah seperti berdzikir dan berdo'a. Misalnya, memperbanyak amal ibadah yang bersifat sosial kemasyarakatan. Kebiasaan-kebiasaan tersebut telah dituturkan oleh al-Suyuthi dalam ‘Amal Yaum wa Lailah dalam kisahnya.

Nabi SAW membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan al-Nas selepas shalat jumat sebanyak tujuh kali dan beliau juga memperbanyak salawat di hari jumat dan malamnya. Setelah shalat Jumat beliau biasa mengerjakan shalat sunnah di rumah, tidak di masjid. Setelah itu, beliau mengunjungi sanak-saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri penyelenggaraan jenazah, dan menghadiri akad nikah”.

Rasulullah banyak mamanfaatkan hari Jumat untuk memperbanyak sillaturahim dengan kerabat sesama muslim lainnya. Seperti, mengunjungi orang-orang yang sedang sakit ataupun ditimpa musibah, membantu proses penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah.

Keutamaan sillaturahmi juga terdapat dalam hadist yang diceritkan oleh Abu Aiyub Al- Ansari. "Beribadahlah pada Allah SWT dengan sempurna jangan syirik, dirikanlah sholat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orangtua dan saudara" (HR. Bukhari).

Menyayangi dan mengasihi dapat menjuhkan diri dari sifat-sifat iri hati, dengki, berburuk sangka, berpikir negatif, sikap permusuhan dan sifat-sifat buruk yang lainnya. Menjalin sillaturahmi dapat menciptakan hubungan yang harmonis di antara sesama.

Sebagai umat Islam, selain mengamalkan beberapa kebiasaan Rasulullah SAW pada hari Jumat, tentu masih ada hal yang bisa diteladani. Menjadikan hari Jumat sebagai ajang memperbanyak ibadah kepada Allah SWT atau ajang sillaturahmi antar umat Islam, bisa diamalkan bahkan menjadi kebiasaan baru.

[Gita]

KOMENTAR

Name

2021,4,22 Mei 2019,1,Advertorial,2,Al-Qur'an,1,Albert Camus,1,Albert Estein,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Artikel,329,Beasiswa,2,Begadang,1,berdoa,1,Berita,1135,buku,1,Carl jung,1,cerpen,23,Corona virus,59,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,101,Filsafat,5,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Jumat,1,Hari Raya,9,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,53,Imam Nawawi,1,Kahlil Gibran,1,Keagamaan,38,Kebahagiaan,1,Kesehatan,22,Kitab Allah,1,KKN,5,Komunikasi,3,Kuliah,1,Kuliah luar negeri,1,Kuliah Online,16,Literasi,1,Machiavelli,1,Mahasiswa,246,makna hidup,1,Maksiat hati,1,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,Menulis,1,Muhammad,5,Muhammad Iqbal,1,Nabi Muhammad,1,New Normal,16,Oase,290,Opini,198,opini mahasiswa,10,PBAK,17,Pendidikan,2,Perempuan,2,Pertemanan,1,politik,3,Pramoedya Ananta Toer,1,Psikologi,4,Puasa Ramadan,27,Puisi,104,Quotes,1,Rasulullah,1,Resensi,19,Resensi Buku,17,Resensi Film,26,Riset,4,Sahabat,2,Sastra,76,Semarang,38,Shalawat,1,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,2,Taubat,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,Toxic,1,Tutur kata baik,1,UIN Walisongo,297,UKM,6,ukt,11,Wisuda,44,Writer's block,1,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Kebiasaan Rasulullah SAW Setiap Hari Jumat yang Bisa Kamu Amalkan
Kebiasaan Rasulullah SAW Setiap Hari Jumat yang Bisa Kamu Amalkan
Hari Jumat disebut hari paling mulia dan penuh keberkahan dibanding hari lainnya. Banyak amalan sunnah yang dianjurkan setiap hari jumat maupun malam
https://1.bp.blogspot.com/-jSIQaTUBNpU/YBWP52E48HI/AAAAAAAALXI/_D-CDcLb7ZEUPhVcvJQUSovsiWgdSy0TACLcBGAsYHQ/s16000/4.png
https://1.bp.blogspot.com/-jSIQaTUBNpU/YBWP52E48HI/AAAAAAAALXI/_D-CDcLb7ZEUPhVcvJQUSovsiWgdSy0TACLcBGAsYHQ/s72-c/4.png
IDEApers
https://www.ideapers.com/2021/02/kebiasaan-rasulullah-saw-setiap-hari-jumat-yang-bisa-kamu-amalkan.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2021/02/kebiasaan-rasulullah-saw-setiap-hari-jumat-yang-bisa-kamu-amalkan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin