Tentang Kita, Kelor, dan Korona

DAUN dari pohon Kelor namanya. Pohon kelor ini adalah tanaman yang tak asing aslinya karena sifatnya tropis sentris, tentu Indonesia masuk jadi bagiannya. Nah karena secara historiografisnya sudah kalah pamor, yaitu masyarakat yang mengenal serta akrab dengan daun dari pohon kelor sebagai tanaman penangkal dari gangguan mistis alias hantu. Jadi manfaat praktisnya belum banyak diketahui.

Di sini, sejak wabah Covid-19 menyerang Indonesia sejak Maret, masyarakat kita kemudian terus mencari terobosan-terobosan dalam membantu menangkal penyebaran wabah ini semakin menyebar. Salah satunya adalah dengan usaha memanfaatkan tanaman tradisional yang memiliki kandungan atau khasiat dalam meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh sehingga kita menjadi sulit ter-suspect

Daun Kelor, daun yang lekat dengan mistisnya, kini punya panggung, sebagai salah satu solusi alternatif resisten pada berbagai jenis virus seperti Covid-19 yang menyerang pernafasan, yang awalnya pada mereka yang sedang memiliki metabolisme tubuh yang lemah. 

Selain sebagai pembangkit imunitas, Daun Kelor juga diyakini mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, B1, B2, B6, vitamin C, protein, magnesium, kalium, kalsium, besi, fosfor dan lain lain. Waw banyak yah..

Menurut laporan Alodokter, Daun Kelor memiliki beragam manfaat yang dapat kita peroleh, seperti:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

2. Mengatasi Peradangan

3. Mengontrol Tekanan Darah

4. Memelihara Kesehatan dan Fungsi Otak

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan penelitian di salah satu laboratorium, ekstrak Daun Kelor diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman, seperti Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit. Daun kelor juga diketahui dapat melawan virus, terutama jenis virus herpes simplex (HSV).

Selain berbagai manfaat di atas, daun kelor juga dipercaya baik untuk mengurangi kolesterol, mengatasi disfungsi ereksi, dan mencegah kambuhnya gejala asma. Dari berbagai manfaat tersebut, daun kelor sangat dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi daun kelor disaat pandemi seperti ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan. Dengan imunitas yang kuat, maka kita dapat tercegah dari berbagai virus termasuk covid-19.

Akan tetapi ada hal yang perlu diingat, sebelum mengkonsumsi olahan Daun kelor dalam bentuk suplemen, sebaiknya konsultasikan dulu dengan pihak terkait seperti dokter atau ahli gizi.

Kreativitas

Banyak sekali kreativitas baik makanan maupu minuman yang dapat diambil dari olahan daun Kelor ini. Dari beragam olahan Daun Kelor, kita bisa mengolahnya dengan memasak, membuat ekstrak, atau mengkonsumsinya secara langsung. Misalnya dengan membuatnya menjadi sayur bening, Thai Tea kelor, Nugget Kelor, Teh kelor, Eskrim Kelor, Lalapan Kelor, serta olahan lainnya tergantung kreativitasnya.

Terdapat berbagai variasi olahan makanan dengan bahan baku daun kelor yang dapat digunakan untuk kesehatan. Khasiat dari Daun Kelor ini dapat dirasakan dari mereka, terutama yang masih bayi hingga kakek nenek. Selain berjuta manfaat yang didapat, beberapa olahan Kelor tersebut bisa dijadikan peluang usaha bagi yang ingin menjalankan bisnis.

Yuk, mulai hidup sehat dari hari ini!

[Nurul Hasanah, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,284,Beasiswa,2,Berita,1118,buku,1,cerpen,23,Corona virus,54,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,90,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,46,Keagamaan,34,Kesehatan,20,Komunikasi,3,Kuliah Online,14,Mahasiswa,234,Mendikbud,1,Muhammad,5,New Normal,15,Oase,276,Opini,187,opini mahasiswa,7,PBAK,17,Pendidikan,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,97,Resensi,17,Resensi Buku,17,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,65,Semarang,38,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,UIN Walisongo,282,UKM,5,ukt,10,Wisuda,39,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Tentang Kita, Kelor, dan Korona
Tentang Kita, Kelor, dan Korona
Pohon kelor ini adalah tanaman yang tak asing aslinya karena sifatnya tropis sentris, tentu Indonesia masuk jadi bagiannya
https://1.bp.blogspot.com/-5HycoXDUu3M/X7LCq5F0czI/AAAAAAAALKA/JmOXSOtjpPwrcURcXucFLMOgvlYI0vnwQCLcBGAsYHQ/s0/15.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5HycoXDUu3M/X7LCq5F0czI/AAAAAAAALKA/JmOXSOtjpPwrcURcXucFLMOgvlYI0vnwQCLcBGAsYHQ/s72-c/15.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/11/tentang-kita-kelor-dan-korona_9.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/11/tentang-kita-kelor-dan-korona_9.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin