Agar Terkesan Intelektual, 6 Cara Berkomunikasi ini Wajib Kalian Lakukan

Sumber:Istimewa

Ketika bicara dengan seseorang, secara tidak langsung kita dapat menilai status sosialnya. Selain itu, berbicara juga membuat kita bisa menilai intelektual mereka. Hal ini bisa dilihat dari ekspresi ketika bicara dan tekanan intonasi suara seseorang ketika bicara.

Penjelasan diatas, tidak sedikit membuat seseorang kesulitan saat berbicara di depan banyak orang. Bukan hanya karena malu, namun rasa takut ketika dianggap bodoh oleh lawan bicara. Ketika sudah merasa takut, akhirnya tujuan dan aspirasi tidak bisa tersampaikan. Kamu bisa melakukan beberapa hal yang bisa meningkatkan rasa percaya diri untuk berbicara baik.

Berikut hal yang bisa mengubah cara bicaramu supaya terkesan intelektual di depan lawan bicaramu.

1. Perhatikan Bahasa Tubuh

Bagi kamu yang ingin lebih berkarisma ketika bicara, poin pertama ini mungkin bisa dicoba. Berbicara dengan seseorang bukan hanya dilihat dari pilihan kata, namun juga gestur tubuh yang meyakinkan. Posisi tubuh tegak dan rileks bisa memancarkan aura percaya diri dan kenyamanan saat berbicara.

Selain itu, usahakan untuk menatap mata lawan bicaramu. Itu menandakan jika kamu fokus dengan apa yang sedang kalian bicarakan bersama.

2. Pilih kata yang masuk akal

Ketika sudah berada di posisi tubuh yang tegak dan percaya diri. Selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih kata yang pas dan masuk akal. Pembicaraan yang terlalu bertele-tele tidak membuatmu terlihat pintar karena biasanya memiliki makna yang ambigu. Pilihan kata yang tegas dan masuk akal membuat pendengar menjadi mudah dipahami.

3. Bicara dengan keras

Bicara dengan keras, dalam hal ini bukan berarti kamu harus teriak dan terkesan marah-marah. Namun, berbicaralah dengan suara yang lantang sehingga bisa didengar dengan baik oleh lawan bicara kita. Berbicara dengan tegas dan penuh percaya diri akan membuat lawan bicaramu tertarik untuk fokus dengan isi pembahasanmu. Begitupun sebaliknya.

4. Perhatikan intonasi saat bicara

Intonasi suara saat bicara juga mempengaruhi ketertarikan lawan bicaramu. Untuk memulai belajar dan menilai intonasimu, bisa dengan mendengarkan suaramu sendiri sampai menjadi lebih baik. Bukan hanya mendengarkan, namun bisa juga membuat lawan bicaramu mempunyai keinginan untuk berbicara denganmu. Jika lebih ingin sempurna lagi, kamu bisa menambahkan ekspresi yang meyakinkan para pendengar.

5. Jangan takut jika tidak di dengar

Ketika seseoarang tidak merespon pembicaraanmu, seringkali membuatmu malu dan tidak percaya diri. Apabila penonton terlihat tidak tertarik mendengarkan materi yang kamu sampaikan. Bisa saja kamu menjadi takut dan tidak percaya diri berbicara di depan orang lain lagi.

Nah, untuk mengatasi hal itu bisa dengan menarik nafas dan buang perasaan itu. Positif Thinking saja, mungkin mereka ternyata belum bisa menangkap maksud pembahasan yang kamu sampaikan. Tetapalh percaya diri dan teruslah mencoba.

6. Bahas topik yang kamu pahami

Langkah keenam ini, jika kamu salah melakukannya, bisa menjadi boomerang sendiri untuk dirimu. Saat memulai pembicaraan, seharusnya kamu sudah menyiapkan banyak pembahasan supaya pembicaraan terus mengalir. Jika kamu sendiri belum mengetahui banyak hal, dan belum mempelajarinya, jangan sampai memulai pembicaraan dengan pembahasan yang terlalu dalam.

Saat kamu dengan tidak sengaja memancing pembicaraan dengan topik yang sedikit sulit, dan tidak bisa melanjutkannya. Bukannya terlihat pintar, namun kamu semakin aneh apabila salah sambung. Untuk menghindari hal itu terjadi pada dirimu, kamu hanya cukup mendengarkannya. Karena bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu. [Devia]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,284,Beasiswa,2,Berita,1118,buku,1,cerpen,23,Corona virus,54,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,90,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,46,Keagamaan,34,Kesehatan,20,Komunikasi,3,Kuliah Online,14,Mahasiswa,234,Mendikbud,1,Muhammad,5,New Normal,15,Oase,276,Opini,187,opini mahasiswa,7,PBAK,17,Pendidikan,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,97,Resensi,17,Resensi Buku,17,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,65,Semarang,38,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,UIN Walisongo,282,UKM,5,ukt,10,Wisuda,39,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Agar Terkesan Intelektual, 6 Cara Berkomunikasi ini Wajib Kalian Lakukan
Agar Terkesan Intelektual, 6 Cara Berkomunikasi ini Wajib Kalian Lakukan
Ketika bicara dengan seseorang, secara tidak langsung kita dapat menilai status sosialnya. Selain itu, berbicara juga membuat kita bisa menilai intele
https://1.bp.blogspot.com/-CriUqFX4H-Q/X5RP2pI7CZI/AAAAAAAALE0/Qm6KIaLJXW87z591K9POxmwZNjGnCaBXQCLcBGAsYHQ/w640-h360/8.png
https://1.bp.blogspot.com/-CriUqFX4H-Q/X5RP2pI7CZI/AAAAAAAALE0/Qm6KIaLJXW87z591K9POxmwZNjGnCaBXQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/8.png
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/11/agar-terkesan-intelektual-6-cara.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/11/agar-terkesan-intelektual-6-cara.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin