6 Kunci Membuat Hubungan Pertemanan Lebih Erat


Konflik dalam hubungan pertemanan memang menjadi hal wajar. Faktor munculnya konflik kebanyakan disebabkan perbedaan karakter dari masing-masing individu. Apalagi jika satu sama lain tidak saling memahami. 

Butuh proses dan penyesuaian dalam menumbuhkan ikatan. Jika memiliki kenalan baru, kita terkadang tidak langsung akrab. Kita cenderung lebih memilih teman yang bisa menyenangkan dan menghindari teman yang membosankan. 

Padahal semua orang bisa menjadi teman yang cocok dan menyenangkan. Hal yang perlu kamu lakukan yaitu bagaimana cara merawat pertemanan tersebut. Memahami karakter satu sama lain menjadi hal penting.  Jangan sampai kamu kehilangan teman karena ulah sendiri. 

Nah, berikut kunci membuat hubungan pertemanan lebih erat. 

1. Saling Terbuka

Kunci dari pertemanan adalah sikap keterbukaan. Kamu bisa berbagi cerita apa saja dengan mereka. Tidak melulu cerita bahagia, namun juga ketika ada masalah. Yakinlah, temanmu pasti akan mendengarkannya. Justru dengan berbagi, kamu akan mendapatkan solusi dari masalah yang sedang dihadapi.

Setiap kita pasti memiliki privasi masing-masing. Namun sebisa mungkin jangan menutup-nutupi informasi dari teman kita. Pilihlah mana yang sekiranya privasi dan mana yang bisa kamu beri tahu. Jika terus tertutup, temanmu akan merasa menjadi orang asing dan bisa jadi nanti dia akan menjauh.  

2. Cari Kesamaan

Tidak bisa dipungkuri, pertemanan terjalin karena ada kesamaan yang mengikat. Entah itu hobi, profesi, selera, atau pun hal lainnya. 

Hal tersebut menjadi nilai plus dalam hubungan pertemanan. Misalnya sama-sama suka traveling. Kalian dapat merencanakan liburan ke suatu tempat bersama. Pasti akan terasa sangat menyenangkan.  

3. Jadi Pendengar yang Baik 

Ketika berkumpul bersama, terkadang kamu disibukkan dengan Smartphone sendiri. Tanpa disadari, kamu melewatkan begitu saja ucapan dan cerita temanmu. Padahal dia berada di sampingmu dan berharap kamu mendengarkan ceritanya. 

Temanmu dapat tersinggung dan merasa tidak diperhatikan. Berawal dari hal itu hubunganmu bisa merenggang. Maka usahakan untuk tidak sibuk dengan Smartphone saat bersama teman. Hargailah dia dengan menjadi pendengar yang baik.  

4. Jadi Apa Adanya 

Ketika memiliki teman dengan kecenderungan yang berbeda, kita mungkin terobsesi untuk menjadi seperti apa yang ia inginkan. Kita terus dibayang-bayangi dengan perasaan sungkan. Hingga harus memaksakan diri dan pada akhirnya dapat membuatmu sengsara. Misalnya ketika teman mengajakmu pergi jalan-jalan, padahal gaya hidup dan uang yang kamu miliki berbeda jauh dengannya. Namun karena sungkan kamu tetap menerima ajakan tersebut. 

Kamu tidak perlu menyengsarakan diri dengan menjadi orang lain. Jadilah apa adanya dan bicara sejujurnya. Teman yang baik pasti akan memahami bagaimana keadaanmu. 

5. Jangan Bandingkan Teman

Kamu pasti memiliki banyak teman dengan masing-masing karakter yang dimilikinya. Tentunya ada yang kamu suka dan merasa cocok dengannya. Namun ada juga yang tidak kamu suka darinya. 

Meski memiliki perbedaan, janganlah membandingkan satu sama lain. Jangan ceritakan hal negatif dari temanmu kepada teman lainnya. Apalagi jika membicarakannya di hadapan orang banyak. Bisa-bisa temanmu akan tersinggung dan persahabatan kalian akan retak.   

6. Jangan Lupakan Teman Lama 

Pada saatnya nanti, kamu akan terpisahkan jarak dengan temanmu. Misalnya saat berpindah tempat sekolah, atau karena faktor lain. Lingkungan baru menambah terman baru juga. Bahkan teman baru yang lebih asyik bisa membuatmu memilih melupakan teman lama, terlebih lagi jika sudah jarang bertemu. 

Namun bagaimana pun, teman lama tetaplah teman. Tidak ada yang namanya mantan teman. Meskipun sudah jarang bertemu, setidaknya kamu bisa tetap menjalin persahabatan dengan saling berkomunikasi di media sosial. Jangan lupakan teman lama. Kalau ada kesempatan, kamu malah bisa mengajak teman lama berkumpul dengan teman baru. Tentu akan terasa lebih seru jika semakin ramai. 

Teman adalah sosok yang penting dalam hidup kita. Hal ini juga mengindikasikan bahwa manusia merupakan mahluk sosial. Kita pasti selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Maka perbanyaklah teman dan jagalah pertemanan tersebut. 

Pepatah populer mengatakan, "Satu musuh terlalu banyak dan satu teman terlalu sedikit". Lalu, dengan berapa orang kamu sudah menjalin pertemanan?  

[Mahfud]

KOMENTAR

Name

2021,4,22 Mei 2019,1,Abu Nawas,1,Advertorial,3,al-ikhlas,1,Al-Qur'an,3,Albert Camus,2,Albert Estein,2,Anak,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,Artikel,402,Beasiswa,4,Begadang,1,belajar,1,berdoa,2,Berita,1195,buku,2,Bulan Ramadan,3,Carl jung,1,cerpen,24,Corona virus,63,Daun kelor,1,Demokrasi,1,EkspreShe,31,Essay,116,Filsafat,20,FUHUM,3,Generasi Milenial,27,George Orwell,1,globalisasi,1,Guru,1,hak cipta buku,1,Harapan,2,Hari Buku Internasional,1,Hari Buruh,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Jumat,1,Hari Kartini,1,hari kemerdekaan,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,11,Hari Santri,4,idul adha,3,Ilmu Pengetahuan,63,Imam Nawawi,1,Iwan Fals,1,Kahlil Gibran,2,Kapitalis,1,Keagamaan,57,Kebahagiaan,2,kecerdasan,1,kemerdekaan,1,kesadaran,1,Kesehatan,26,KI Hajar Dewantara,1,Kitab Allah,1,KKN,6,Komunikasi,3,kopi,1,Korean Wave,1,Kuliah,3,Kuliah luar negeri,1,Kuliah Online,21,Kuliah tatap muka,1,Literasi,1,Machiavelli,1,Mahasiswa,308,makna hidup,1,Maksiat hati,1,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,mental,1,Menulis,1,modernitas,1,Muhammad,5,Muhammad Iqbal,1,Musik,1,Nabi Muhammad,2,New Normal,18,Ngaliyan,1,Oase,317,Olahraga,1,Opini,226,opini mahasiswa,17,pancasila,1,Pandemi,4,PBAK,24,Pendidikan,4,Penyair,1,Perempuan,5,Pertemanan,1,politik,3,Post-truth,1,Potret Berita,4,Pramoedya Ananta Toer,1,Psikologi,14,Puasa,8,Puasa Ramadan,40,Puisi,119,Quotes,1,Rasulullah,1,Resensi,20,Resensi Buku,19,Resensi Film,26,revolusi industri,1,Riset,4,Sahabat,2,Sastra,94,Second Sex,1,Semarang,41,Shalawat,1,Skripsi,3,stoic,1,sufisme,1,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,tafsir,2,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,2,tasawuf,1,Taubat,1,Teknologi,28,tips,1,Toefl-Imka,15,Toxic,1,UIN Walisongo,363,UKM,6,ukt,21,Wisuda,52,Writer's block,1,Zodiak,3,zoom meeting,1,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: 6 Kunci Membuat Hubungan Pertemanan Lebih Erat
6 Kunci Membuat Hubungan Pertemanan Lebih Erat
faktor munculnya konflik kebanyakan disebabkan adanya perbedaan karakter dari masing-masing individu dalam pertemanan. apalagi tidak saling memahami.
https://lh3.googleusercontent.com/-piM7eeo0-Fc/X7xo3roS35I/AAAAAAAALLM/6UKDd9lxgX0z1hKUob1b-MspYhcSIIgnACLcBGAsYHQ/20.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-piM7eeo0-Fc/X7xo3roS35I/AAAAAAAALLM/6UKDd9lxgX0z1hKUob1b-MspYhcSIIgnACLcBGAsYHQ/s72-c/20.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/11/6-kunci-membuat-hubungan-pertemanan-lebih-erat.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/11/6-kunci-membuat-hubungan-pertemanan-lebih-erat.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin