4 Langkah Mengasah Skill Analitis di Era New Normal

Sumber:Istimewa


Sekarang ini, dunia seakan menjadi arena kompetisi yang kejam. Siapa yang lemah, dialah yang kalah. Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor kompetisi di semua bidang, seperti pekerjaan. Seseorang yang tidak mau mengupgrade skill dan ketrampilannya, dianggap kuno.

Salah satu skill dan ketrampilan yang mungkin sangat bermanfaat di era sekarang ini adalah analitis. Dengan skill ini, kamu mampu mengevaluasi, meninjau data, kemudian memverifikasi dan menemukan kebenaran. Kamu yang mempunyai kemampuan seperti ini akan bisa membantu dalam pengambilan keputusan dan menyelesaikan masalah.

Selain itu, saat ada kesempatan atau peluang kamu bisa memanfaatkan skill untuk mencari pekerjaan yang diinginkan. Walaupun kemampuan ini tidak diajarkan secara langsung di bangku sekolah, namun kamu bisa mempelajarinya dengan melihat konten-konten positif untuk mengembangkan potensimu mempunyai skill analitis.

Berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk menanamkan skill analitis

1. Latihan membentuk dan mengembangkan sebuah ide 

Di point pertama ini, untuk mengembangkan skill analitismu bisa dimulai dengan latihan membentuk ide dan mengembangkannya. Ide ini bisa mencangkup banyak aspek. Misalnya di lingkungan bisnis, kamu bisa mencoba menyusun konsep supaya bisnis akan terus berjalan walaupun di kondisi sekarang ini.

Sebelum kamu membentuk dan mengembangkannya, hal yang harus dilakukan yaitu riset, perhitungan, dan penyelesaian masalah. Ketiga langkah ini bisa mematangkan idemu dan selanjutnya bisa digunakan untuk kemajuan bisnismu.

2. Gunakan alat bantu untuk memudahkan dalam bekerja. 

Selain bekerja akurat dan analitis, dalam hal ini kamu juga dituntut untuk menyelesaikan setiap langkahnya dengan cepat. Seperti di poin pertama tadi, untuk bisa membentuk ide dan mengembangkannya saja, kamu butuh meriset terlebih dahulu. Dalam hal ini, untuk memudahkan di setiap pekerjaanmu, bisa menggunakan alat teknologimu.

Misalnya, pekerjaan anda di sebuah perusahaan bisnis makanan. Nah, untuk menganalisis masalah yang sedang terjadi, kamu bisa mencari tahu melalui perhitungan keuangan bisnismu. Untuk memudahkan pekerjaanmu dalam hal ini, bisa menggunakan aplikasi perhitungan terkait.

3. Akif dan berpartisipasi dalam komunitas

Sering berkomunikasi dengan banyak orang bisa menambah wawasan dan pengalaman yang baru untukmu. Point ketiga ini bisa dicoba ketika kamu sedang membutuhkan ide baru untuk berjalannya bisnismu. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti dan ikut berpartisipasi dalam sebuah komunitas atau sekedar grup diskusi kecil.

Selain bisa menambah skill public speakingmu, sering bertukar gagasan dalam bidang apapun juga berpengaruh terhadap kemajuan skill analitismu. Misalnya, kamu mengikuti komunitas sebuah bisnis, dan orang-orang di komunitas tersebut saling bertukar pengalaman bisnis mereka. Hal ini bisa menjadi acuanmu untuk memajukan bisnismu.

4. Slimulasi mental dan nalar

Di point terakhir ini, mungkin menjadi hal yang tidak terlalu penting untuk mengasah skill analitismu. Tapi dengan mencoba menjaga ketajaman otak perlu dilakukan supaya kamu selalu memikirakan ide yang baru. Hal ini bisa dimulai dengan membiasakan diri untuk melakukan kegiatan yang bisa merangsang mental. Misalnya bermain catur, mengisi teka-teki, atau menggunakan aplikasi pelatihan otak.

Penajamkan otak juga bisa melalui meditasi dan yoga. Dengan melakukan yoga, menjadikan jiwa dalam keadaan tenang dan akhirnya berpengaruh juga terhadap kesehatan mental. Efeknya bisa dilihat ketika mendapatkan kegagalan, kamu tidak mudah down.[Faisal]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,284,Beasiswa,2,Berita,1118,buku,1,cerpen,23,Corona virus,54,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,90,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,46,Keagamaan,34,Kesehatan,20,Komunikasi,3,Kuliah Online,14,Mahasiswa,234,Mendikbud,1,Muhammad,5,New Normal,15,Oase,276,Opini,187,opini mahasiswa,7,PBAK,17,Pendidikan,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,97,Resensi,17,Resensi Buku,17,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,65,Semarang,38,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,UIN Walisongo,282,UKM,5,ukt,10,Wisuda,39,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: 4 Langkah Mengasah Skill Analitis di Era New Normal
4 Langkah Mengasah Skill Analitis di Era New Normal
Sekarang ini, dunia seakan menjadi arena kompetisi yang kejam. Siapa yang lemah, dialah yang kalah. Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor k
https://1.bp.blogspot.com/-FqNbbK183l0/X5RQLkH6-JI/AAAAAAAALE8/c9gcMvgh-kEObC-yziLXCHIn53YW5oQBQCLcBGAsYHQ/w640-h360/9.png
https://1.bp.blogspot.com/-FqNbbK183l0/X5RQLkH6-JI/AAAAAAAALE8/c9gcMvgh-kEObC-yziLXCHIn53YW5oQBQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/9.png
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/11/4-langkah-mengasah-skill-analitis-di.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/11/4-langkah-mengasah-skill-analitis-di.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin