5 Derita Mahasiswa Semester Akhir

 

Perjalanan mahasiswa di perkuliahan memang penuh cerita. Diawali dengan rasa bahagia hingga berujung derita.

Sebagai mahasiswa baru, perjalanan kuliah begitu menarik dan menyenangkan. Ketika memasuki semester tengah, disibukkan dengan beragam kegiatan organisasi kampus atau menjalani berbagai penelitian.

Sampai tiba di akhir semester, tersadar bahwa perjalanan hidup sebagai mahasiswa tidak sebahagia itu. Banyak tuntutan yang ingin dikejar dan banyak target masa depan yang ingin dicapai. Kadang hal tersebut menjadi derita tersendiri bagi mahasiswa.

Sebenarnya, seperti apa sih derita yang dialami mahasiswa semester akhir?

1. Sendirian dan Kehilangan Teman

Di awal perkuliahan kita masih disibukkan dengan perkenalan dengan teman-teman baru. Hingga sampai pada mata kuliah yang semakin sedikit diambil dan berfokus pada penelitian dan tugas akhir.

Di masa inilah mahasiswa hanya fokus pada dirinya masing-masing dan mengurangi interaksi dengan teman lainnya. Akibatnya, banyak yang merasa sendirian. Satu-persatu mahasiswa menyibukkan diri dan memiliki kehidupan baru.

2. Menjadi Asing di Kampus 

Berbeda dengan mahasiswa baru yang masih aktif kegiatan di kelas dan berbagai kegiatan bersama di kampus. Bertambahnya semester, otomatis mengurangi jumlah aktivitas di kelas. Akhirnya, mahasiswa akhir menjadi asing di kampusnya sendiri.

Tidak jarang mereka juga dihantui dengan pertanyaan, "Loh masih ikut kelas? kirain udah wisuda." Pertanyaan itu begitu menusuk hati.

3. Ditakuti Perpanjangan Semester

Uang kuliah menjadi ha wajib yang harus di bayar oleh mahasiswa. Namun, berbeda cerita ketika sudah menginjak semester akhir. Kuliah hanya perkara menyusun skripsi, tapi tetap harus membayar UKT jika belum segera lulus.

4. Sulitnya Menyusun Skripsi

Banyak mahasiswa yang mengesampingkan perkara menyusun skripsi. Namun sebenarnya, menyusun skripsi sangatkah menantang, belum lagi berhadapkan dengan dosen pembimbing.

Banyak dosen baik hati yang mensupport penuh mahasiswanya. Ada pula yang suka mengajak senam jantung dengan komentar serta perbuatannya. Jadi kumpulkan kekuatan mental untuk menghadapinya.

5. Merasa Tertekan

Bukan hanya tekanan untuk segera lulus dan wisuda, namun tekanan yang dihadapi seakan tidak ada akhirnya. Ketika di rumah, keluarga dan beberapa saudara sering menanyakan soal pasangan, menikah yang sebelumnya belum terbesit karena stres menghadapi skripsi.

Ditambah dengan pertanyan, "setelah ini mau kerja dimana?" Pertanyaan semacam ini membuat mahasiswa tertekan dengan status mahasiswa akhir yang sudah masa depan sudah di depan mata.

Bagi mahasiswa yang masih nyante-nyante di semester awal, persiapkanlah dirimu dengan baik. Dan bagi kamu mahasiswa tingkat akhir, tetap semangat dan segera selesaikan tanggung jawab di kampus.
[Firda]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,261,Beasiswa,1,Berita,1103,buku,2,cerpen,23,Corona virus,51,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,25,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,36,Keagamaan,32,Kesehatan,17,Komunikasi,3,Kuliah Online,7,Mahasiswa,219,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,8,Oase,266,Opini,185,opini mahasiswa,7,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,96,Resensi,16,Resensi Buku,16,Resensi Film,25,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,64,Semarang,36,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,267,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: 5 Derita Mahasiswa Semester Akhir
5 Derita Mahasiswa Semester Akhir
Sampai tiba di akhir semester, tersadar bahwa perjalanan hidup sebagai mahasiswa tidak sebahagia itu. Banyak tuntutan yang ingin dikejar.
https://1.bp.blogspot.com/-_ipp2zc6gz4/X1kjhFIbCRI/AAAAAAAAK5s/sb-2vaf-4BI4YYKgTbEIfgbTW-Ug6EUCACLcBGAsYHQ/s1600/15.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_ipp2zc6gz4/X1kjhFIbCRI/AAAAAAAAK5s/sb-2vaf-4BI4YYKgTbEIfgbTW-Ug6EUCACLcBGAsYHQ/s72-c/15.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/09/derita-mahasiswa-semester-akhir.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/09/derita-mahasiswa-semester-akhir.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin