Syarat Menjadi Mahasiswa Jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir

gambar: islami.co
Mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT) dianggap calon menantu idaman para ibuk-ibuk yang mempunyai anak gadis. Begitulah bunyi meme yang tersebar di grup kelas dua bulan lalu. Pasalnya, Mahasiswa IAT punya kelebihan tersendiri daripada mahasiswa jurusan lain. Ia didaulat sebagai calon suami idaman yang mampu membimbing calon istri bahagia di dunia dan akhirat.

Pun demikian dengan mahasiswinya. Ia juga dianggap calon istri idaman bagi laki-laki. Selain mengetahui ilmu-lmu Al-Qur'an, mahasiswa IAT mampu memahami kitab-kitab "gundul" dengan baik.

Ya, maklum Mahasiswa IAT adalah calon mufassir di masa depan. Namun, untuk dapat menjadi seorang mufassir, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut syarat-syaratnya :

1. Bisa Bahasa Arab

Kemampuan berbahasa Arab menjadi salah satu syarat bagi Mahasiswa IAT. Sebab, Mahasiswa IAT akan sering bergelut dengan referensi berbahasa Arab: kitab-kitab. Jadi, mau nggak mau kita harus menguasai Bahasa Arab.  Mahasiswa IAT biasanya dari alumni pondok pesantren atau madrasah yang sudah terbiasa mempelajari kitab-kitab berbahasa Arab.

2. Hafal Nama Mufassir, Tahun, dan Kitab-kitabnya

Selain mampu berbahasa Arab, Mahasiswa IAT juga harus mengenal nama-nama serta riwayat hidup mufassir, mulai dari klasik sampai kontemporer. Di semester 3, mereka akan menjumpai banyak mata kuliah yang mempelajari tentang tafsir, mufassirnya, tahun-tahunnya dan kitab-kitabnya. Maka, Mahasiswa IAT dituntut menghafal dan memahami pula karakteristik kitab-kitab tafsir.

3. Bisa Menjaga Akhlak

Citra mahasiswa yang berakhlak baik sangat erat dan melekat dengan Mahasiswa IAT. Hal inilah yang menjadi daya tarik ibu-ibu yang mempunyai anak gadis. Di Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir mata kuliahnya banyak yang diambil dari Al-Qur'an dan Hadist. Akhlak yang baik bisa tercipta dari seringnya kita mempelajari Al-Qur'an, karena isi dari Al-Qur'an sendiri kebanyakan mengenai akhlak yang baik. Sikap, sopan santun juga bisa terbentuk karena kita mempelajari hadist yang isinya tentang bagaimana akhlak Rasulullah.

4. Objektif

Mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir diharuskan mempunyai sifat objektif. Karena di jurusan ini mempelajari banyak mufassir dan dengan pemikirannya yang berbeda-beda, dari yang lembut sampai radikal. jika mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir cenderung berpihak di salah satu pemikiran mufassir, maka yang terjadi adalah terciptanya kebencian dengan mufassir yang menurutnya tidak sama dengan apa yang dia pahami. seharusnya mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir bisa memasukkan pemikiran mufassir di zaman sekarang, dengan dilihat bagaimana karakter orang-orangnya.

Mungkin ada banyak syarat lain yang belum tertulis, yang jelas, menjadi mahasiswa juran IAT adalah mahasiswa yang memiliki banyak hal yang tidak dipunyai mahasiswa lain. Al-Qur'an adalah panduan hidup umat Islam, tentu mahasiswa jurusan ini akan memiliki tanggungjawab memandu umat. Jika pemandunya saja salah jalan, otomatis yang dipandu juga akan mengikutinya. [Jannati]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,126,Berita,777,cerpen,19,Dosen,3,EkspreShe,22,Essay,70,Generasi Milenial,16,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,17,Keagamaan,4,Kesehatan,4,Mahasiswa,8,Oase,147,Opini,132,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,63,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,25,Surat Pembaca,7,Teknologi,6,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,17,Zodiak,1,
ltr
item
IDEApers: Syarat Menjadi Mahasiswa Jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
Syarat Menjadi Mahasiswa Jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
Mahasiswa ilmu alquran dan tafsir didaulat sebagai calon suami idaman. Ada beberapa syarat untuk menjadi mahasiswa ilmu alquran dan tafsir yang baik.
https://1.bp.blogspot.com/-7UKO76hl1gU/XF-9wws8mWI/AAAAAAAAGyI/JFh1ewrlvXcPZP3cu4ARt9PCDAisiuVWACK4BGAYYCw/s1600/Syarat%2BMenjadi%2BMahasiswa%2BJurusan%2BIlmu%2Bal-Qur%2527an%2Bdan%2BTafsir.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7UKO76hl1gU/XF-9wws8mWI/AAAAAAAAGyI/JFh1ewrlvXcPZP3cu4ARt9PCDAisiuVWACK4BGAYYCw/s72-c/Syarat%2BMenjadi%2BMahasiswa%2BJurusan%2BIlmu%2Bal-Qur%2527an%2Bdan%2BTafsir.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/03/syarat-menjadi-mahasiswa-jurusan-ilmu-alquran-dan-tafsir.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/03/syarat-menjadi-mahasiswa-jurusan-ilmu-alquran-dan-tafsir.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin