7 Sikap Cerdas yang Harus Dimiliki Mahasiswa Baru


Menjalani kebiasaan baru tidak mudah dilakukan semua orang. Meski pada awalnya antusias dan semangat, namun tak jarang juga ada yang merasa khawatir dan cemas.

Seperti halnya mahasiswa baru yang akan menjalani dunia baru di kampus. Kamu akan menjalani kehidupan baru. Kamu harus sadar bahwa kuliah bukan seperti saat masih SMA. Kamu harus memiliki beberapa sikap yang mencerminkan karakter mahasiswa. 

Berikut 7 sikap cerdas yang harus dimiliki mahasiswa baru.

Mandiri 

Mandiri menjadi sikap penting bagi mahasiswa agar tidak selalu bergantung kepada orang lain, termasuk orang tua. Dengan sikap mandiri seseorang akan mampu menyelesaikan masalah sendiri, merasa percaya diri, dan lebih insiatif. Demikian seseorang akan lebih yakin dalam menjalani hidup yang telah dipilihnya. Sejatinya kita tidak akan mampu bertahan jika masih mengandalkan orang lain atau bahkan orang tua.

Aktif dan terbuka

Mahasiswa baru harus mampu bergerak mencari berbagai informasi penting yang ia butuhkan. Di sisi lain juga  menerima segala sesuatu diluar dirinya, seperti pendapat orang lain. Meskipun pendapat itu berbeda, namun akan membuat kita terbiasa dengan kritik dan sebagai bentuk menghargai orang lain. Dengan kedua hal ini seseorang akan terbentuk menjadi pribadi yang kritis terhadap sesuatu.

Kepribadian yang matang 

Kepribadian dapat dikatakan sebagai sikap hakiki yang mencerminkan karakter seseorang.  Abraham Maslow, seorang psikolog menyebutkan bahwa beberapa tanda kematangan pribadi. Antara lain aktualisasi diri, mampu menerima orang lain, tidak egois, mandiri, dan memiliki kesegaran apresiasi. Selain itu juga harus memiliki cakrawala hidup yang luas, rasa sosial yang selektif, demokratis, memiliki kepastian etis, memiliki pemikiran filosofis yang hangat, dan kreatif.

Asertifitas

Sikap ini menunjukkan seseorang bertindak tegas dalam mengekspresikan perasaan, keinginan ataupun pikiran. Namun tetap dengan batasan mengetahui hak-hak orang lain dengan mampu mengontrol tindakan. Jika seseorang melakukan hal tersebut dan malah menerima respon yang tidak baik dari orang lain, ia belum dapat dikatakan asertifitas. Tentu saja dengan sikap seperti ini akan membuat seseorang berani menolak suatu permintaan atau keadaan yang tidak beralasan atau berkepentingan untuk dirinya.

Sikap ilmiah

Sikap ilmiah sangat dibutuhkan seorang mahasiswa. Karena perguruan tinggi dikenal dengan menjunjung tinggi kebenaran, objektifitas, dan keterbukaan. Ada 7 sikap ideal yang harus dimiliki. Di antaranya rasa ingin tahu, kritis, objektif, sikap ingin menemukan, dapat menghargai orang lain, tekun, dan terbuka.

Mengatur waktu belajar

Banyak dari kita belum dapat mengenali kapan waktu terbaik untuk belajar. Dalam hal belajar kenyamanan pun menjadi prioritas, setelah itu proses belajar akan berjalan dengan baik. Setidaknya, dalam sehari kita konsisten dalam 60 menit waktu tertentu yang diluangkan hanya untuk fokus belajar, seperti mengerjakan tugas atapun menuliskan program rencana belajar selanjutnya. Waktu belajar mandiri terbaik ialah pada selang waktu pukul 6-8 malam.

Strategi belajar cerdas

Belajar cerdas akan membantu kita memahami materi dengan baik. Agar mampu belajar cerdas, kita harus memiliki strategi.  Setidaknya ada beberapa hal yang mesti kita ketahui agar berhasil dalam belajar. Di antaranya mencatat hal-hal penting setiap materi, membuat catatan pertanyaan, mempelajari lebih materi yang belum dimengerti, pahami ulang materi, memilih waktu yang tepat. Selain itu good mood juga menjadi pertimbangan. Sementara system kebut semalam sangat tidak dianjurkan.

Dengan 7 sikap cerdas tersebut, kamu akan lebih siap bersaing dengan orang lain.  Dan juga bisa menjadi bekal yang bagus ketika akan terjun di dunia kerja.
[Dian Ananda]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,249,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,34,Keagamaan,29,Kesehatan,15,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,208,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,5,Oase,253,Opini,183,opini mahasiswa,5,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,95,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,63,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,263,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: 7 Sikap Cerdas yang Harus Dimiliki Mahasiswa Baru
7 Sikap Cerdas yang Harus Dimiliki Mahasiswa Baru
Kamu harus sadar bahwa kuliah bukan seperti saat masih SMA. Kamu harus memiliki beberapa sikap yang mencerminkan karakter mahasiswa.
https://1.bp.blogspot.com/-feRkroS02zk/X1kj5sQFczI/AAAAAAAAK50/KorVR2Fjg5gWYExkIZFraewr52Y1J5IlACLcBGAsYHQ/s640/16.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-feRkroS02zk/X1kj5sQFczI/AAAAAAAAK50/KorVR2Fjg5gWYExkIZFraewr52Y1J5IlACLcBGAsYHQ/s72-c/16.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/09/7-sikap-cerdas-yang-harus-dimiliki-mahasiswa-baru.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/09/7-sikap-cerdas-yang-harus-dimiliki-mahasiswa-baru.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin