Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Gambar: Istimewa
Bagi sebagian orang, memainkan ponsel sebelum tidur dipercaya mampu untuk memberikan rasa kantuk. Sehingga, rutinitas ini dijadikan pengganti lagu nina bobo. Benarkah demikian?

Menurut situs resmi National Sleep Foundation, bermain ponsel sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Kamu mungkin tidak menyadari hal tersebut. Tetapi, bermain ponsel sebelum tidur mampu melepas hormon melatonin yang memiliki fungsi untuk merangsang kantuk. Sehingga, kamu akan merasa kesulitan untuk tidur.

Baca Juga: Ponsel Temanmu Hilang? Begini Cara Melacaknya!

Selain itu, terdapat beberapa risiko lainnya saat kamu bermain ponsel sebelum tidur. Berikut uraian lengkapnya.

1. Tidur Lebih Lama

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel maupun perangkat elektronik lainnya mampu menekan hormon melatonin yang menyebabkan kamu sulit tertidur. Semakin banyak perangkat elektronik yang kamu gunakan, semakin susah pula kamu untuk tidur.

2. Mengurangi Tidur REM 

Menurut Psychology Today, tidur Rapid Eye Movement (REM) yang kurang dapat menimbulkan rasa pusing dan kurang konsentrasi pada keesokan harinya. Hal ini terjadi karena tubuh kehilangan tahap tidur yang sangat penting untuk pemulihan pikiran dan tubuh.   

3. Lelah Saat Terbangun

Menurut penelitian di Harvard University, paparan cahaya ponsel di malam hari akan menyebabkan kamu kesusahan untuk tidur. Bahkan, paparan cahaya tersebut mampu membuat kamu merasa lelah dan pusing saat bangun di pagi hari. Sehingga, kamu membutuhkan waktu beberapa jam untuk menormalkan kondisi tubuh.

4. Depresi 

Menurut peneliti Lynette Vernon dari Murdoch University, mengatakan bahwa remaja memerlukan jam malam untuk bermain ponsel.

Baca Juga: Bahaya Mengisi Baterai Ponsel hingga 100 Persen

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1.101 remaja dengan rentang usia 13-16 tahun, menemukan fakta bahwa bermain ponsel sebelum tidur malam mampu menyebabkan penurunan  kesehatan mental, seperti suasana hati yang tertekan. Hal seperti ini bisa saja diakibatkan oleh penurunan kualitas tidur yang terjadi karena bermain ponsel sebelum tidur.

Demikian beberapa bahaya bermain ponsel sebelum tidur yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahui risiko tersebut, ada baiknya untuk kamu membatasi kegiatan bermain ponsel sebelum tidur. [Mita]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,235,Beasiswa,1,Berita,1079,buku,1,cerpen,22,Corona virus,48,download,1,EkspreShe,29,Essay,83,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,31,Keagamaan,27,Kesehatan,13,Komunikasi,1,Kuliah Online,6,Mahasiswa,189,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,2,Oase,242,Opini,178,opini mahasiswa,3,PBAK,10,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,90,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,57,Semarang,35,Surat Pembaca,7,Teknologi,22,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,241,UKM,3,ukt,10,Wisuda,27,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur
Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur
Bagi sebagian orang, memainkan ponsel sebelum tidur dipercaya mampu untuk memberikan rasa kantuk. Sehingga, rutinitas ini dijadikan pengganti lagu nina bobo. Benarkah demikian?
https://3.bp.blogspot.com/-OJriKHi5Mvw/Xp8uFoxzmQI/AAAAAAAAKXg/yEOeDctILBwqQvlrYUflXh5U9EeF4y9oQCK4BGAYYCw/s1600/main%2Bhap%2Btidur.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-OJriKHi5Mvw/Xp8uFoxzmQI/AAAAAAAAKXg/yEOeDctILBwqQvlrYUflXh5U9EeF4y9oQCK4BGAYYCw/s72-c/main%2Bhap%2Btidur.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/04/bahaya-bermain-ponsel-sebelum-tidur.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/04/bahaya-bermain-ponsel-sebelum-tidur.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin