Misteri di Balik Keindahan Arsitektur Lawang Sewu Semarang

Gambar: Indonesiakaya.com
Lawang sewu, gedung peninggalan Belanda pasti tidak asing lagi di telinga warga Semarang. Bukan hanya karena sudah menjadi tempat wisata, tapi juga karena kisah-kisah seram yang menghantui gedung bergaya arsitektur khas kolonial ini.

Seiring waktu berlalu, Lawang Sewu sekarang sudah berubah menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi. Lawang Sewu yang dalam bahasa Jawa berarti 'Seribu Pintu' ini ternyata mempunyai nama asli, yaitu Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij.

Bukan karena namanya 'Lawang Sewu', lalu pintu di gedung ini ada seribu. Namun faktanya hanya terdapat 429 pintu saja. Sama seperti gedung Belanda biasanya, bangunan ini juga memiliki banyak jendela. Itu alasannya orang-orang menyebut gedung ini dengan seribu pintu.

Baca Juga: 4 Wisata Hits di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Pekan

Berbeda dengan sekarang, Lawang Sewu dulunya merupakan kantor administrasi Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) yaitu sebuah perusahaan kereta api swasta asal Netherland. Pembangunan kantor tersebut dimulai pada tahun 1904 dan selesai tahun 1907. Pembangunan dimulai dengan penggalian tanah sedalam 4 meter, kemudian diganti dengan bahan vulkanik. Hal itu yang membuat bangunan tersebut menjadi anti gempa.

'Lawang Sewu' selain menjadi kantor administrasi, juga berfungsi sebagai penjara. Selain hanya satu dan dua lantai, 'Lawang Sewu' juga mempunyai ruang di bawah tanah. Ruangan tersebut yang digunakan sebagai penjara bagi para tahanan di masa penjajahan.



Baca Juga: Kini Kamu Bisa Keliling Kota Lama Semarang Gratis dengan Mobil Golf

Bukan hanya pada masa penjajahan saja, pada awal kemerdekaan Indonesia pun tidak lantas membuat 'Lawang Sewu ini berpindah tangan ke masyarakat Indonesia. Tetapi justru mengubahnya menjadi medan pertempuran antara pemuda Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) dengan tentara Kempetai dan Kidobutai dalam peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Karena deretan sejarah dari masa penjajahan sampai pasca merdeka, pemerintah Kota Semarang menetapkan 'Lawang Sewu' sebagai gedung warisan sejarah yang wajib dilindungi. Dan karena cerita seramnya, Gedung Belanda ini pernah dinobatkan sebagai salah satu tempat paling angker di Asia.

Tapi sekarang 'Lawang Sewu' sudah berubah jadi tempat wisata yang sering dikunjungi saat kita berada di Kota Semarang. Bahkan 'Lawang Sewu' menjadi ikon kebanggan Kota Semarang.

Baca Juga: Sketsa Wisata Semarang dalam MetamorfosArt ISAI

Kini, cerita seram yang sangat melekat di gedung ini, berubah menjadi bangunan indah dan bagus menjadi spot foto yang instagramable. Semua itu mulai sejak selesainya renovasi pada tahun 2011.

Kamu yang masih penasaran dengan tempat yang penuh dengan sejarah dan kisah seram ini, bisa berkunjung dan melihat kemegahannya dengan datang dari pukul 07.00 WIB pagi sampai pukul 21.00 WIB malam. Untuk tiket masuk masih murah untuk apa yang kita akan dapatkan setelah mengunjungi gedung bergaya Belanda ini. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5000 untuk anak-anak. Untuk bisa menjelajahi ruang bawah tanah, kamu harus menyewa tour guide dengan membayar biaya tambahan sebesar 30.000.

Nah, itu deretan sejarah dan kisah seram yang sangat melekat di Lawang Sewu yang mungkin belum diketahui. Jadi, mau berkunjung ke Lawang Sewu hari ini? [Fine]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,244,Beasiswa,1,Berita,1081,buku,1,cerpen,22,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,85,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,33,Keagamaan,28,Kesehatan,14,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,190,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,3,Oase,247,Opini,181,opini mahasiswa,3,PBAK,10,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,91,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,58,Semarang,35,Surat Pembaca,7,Teknologi,22,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,243,UKM,3,ukt,10,Wisuda,28,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Misteri di Balik Keindahan Arsitektur Lawang Sewu Semarang
Misteri di Balik Keindahan Arsitektur Lawang Sewu Semarang
Lawang sewu, gedung peninggalan Belanda pasti tidak asing lagi di telinga penduduk kota Semarang. Bukan hanya karena sudah menjadi tempat wisata, tapi juga karena kisah-kisah seram yang menghantui gedung bergaya arsitektur khas kolonial ini.
https://4.bp.blogspot.com/-BFiSljeKqts/XhQch5pmuAI/AAAAAAAAJm0/MabuGt1SsLgXqWypDGGB04FuakXqcO6AACK4BGAYYCw/s1600/bangunan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-BFiSljeKqts/XhQch5pmuAI/AAAAAAAAJm0/MabuGt1SsLgXqWypDGGB04FuakXqcO6AACK4BGAYYCw/s72-c/bangunan.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/01/misteri-di-balik-keindahan-arsitektur-lawang-sewu-semarang.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/01/misteri-di-balik-keindahan-arsitektur-lawang-sewu-semarang.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin