Mengenal Romza, Wisudawan Terbaik FST yang Suka Fisika Sejak MA

Romzatul Haniah, Wisudawan Terbaik FST UIN Walisongo 

Semarang, IDEAPERS.COM - Siti Romzatul Haniah, mahasiswi jurusan Fisika Murni meraih predikat sebagai wisudawan terbaik Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dalam wisuda UIN Walisongo. Prosesi wisuda akan digelar di Auditorium Kampus III, Rabu (29/01/20).

Romza, sapaan akrabnya, berhasil mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di FST, yakni 3,89. Ia mengaku menyukai pelajaran fisika sejak duduk di bangku MA. Kemudian semakin termotivasi dari dosennya saat masuk jurusan Fisika Murni UIN Walisongo.

"Dari dulu (MA) suka sama fisika. SMP sukanya emang hitung-hitungan. Saya juga semakin termotivasi dari dosen sini , kayak bisa jelasin detail gitu," katanya.

Baca Juga: Berikut Deretan 16 Wisudawan Terbaik UIN Walisongo Periode Januari 2020

Ia berperan mendirikan organisasi Ikatan Mahasiswa Fisika (IMF). Organisasi yang didirikan para mahasiswa jurusan Fisika Murni angkatan 2015 itu bertujuan untuk mendalami materi yang dipelajari di jurusan Fisika Murni.

"Organisasi independen, tujuannya untuk mempersatukan anak-anak fisika dan membuat kelompok studi masing-masing peminatan," ujar Romza.

Baca Juga: Wisuda 773 Mahasiswa, Rektor UIN Walisongo Tegaskan Pentingnya Peran Orang Tua

Selanjutnya, alumni MA Khozinatul Ulum Blora ini mengatakan bahwa dengan fisika, kita bisa mempelajari gejala alam di sekitar dan dapat menemukan hal baru. Ia mempraktikkan fisika di kehidupan nyata melalui gaya gesekan jika kita berjalan di tempat licin dan kasar.

"Dalam ilmu fisika dipelajari bahwa jalan yang licin itu gaya geseknya lebih kecil dibandingkan dengan jalan yang kasar, sehingga gaya penahan kaki kita lebih kecil, makanya kita sering terpeleset jika jalan di tempat yang licin," jelasnya.

Ia juga menceritakan pengalamannya ketika mendaftar di UIN Walisongo. Ia awalnya ingin masuk jurusan pendidikan. Namun ia didaftarkan temannya di jurusan Fisika Murni.

"Dulu pengen jadi guru ya di pendidikan. Dulu itu didafatarin temen, ternyata di Fisika Murni, ya sudah jalanin saja," katanya kepada kru IDEAPERS.COM, Senin (28/01/20).

Baca Juga:  Alumni MA TBS Kudus Jadi Wisudawan Terbaik FUHum

Perempuan penerima beasiswa prestasi FST ini bertekad untuk terus memperdalam ilmunya. Ia berencana melanjutkan jenjang pendidikan S2 di luar UIN Walisongo.

"Mau cari beasiswa di luar, kalau fisika murni memang harus S2, kalau ambil yang teori. Kalau tidak S2 eman-eman, S1 hanya pengantar saja," kata Romzah. [Rep. Fine/ Red. Mahfud] 

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,251,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,34,Keagamaan,30,Kesehatan,16,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,210,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,6,Oase,257,Opini,184,opini mahasiswa,6,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,96,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,64,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,264,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Mengenal Romza, Wisudawan Terbaik FST yang Suka Fisika Sejak MA
Mengenal Romza, Wisudawan Terbaik FST yang Suka Fisika Sejak MA
Romza, sapaan akrabnya, berhasil mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di FST, yakni 3,89. Ia mengaku menyukai pelajaran fisika sejak duduk di bangku MA. Kemudian semakin termotivasi dari dosennya saat masuk jurusan Fisika Murni UIN Walisongo.
https://2.bp.blogspot.com/-Uye2J1LOqME/XjABWLDfD-I/AAAAAAAAJys/6o7jGp9jZ7QgdhhGjVdx2oBVuyh9MXMnACK4BGAYYCw/s1600/romza.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Uye2J1LOqME/XjABWLDfD-I/AAAAAAAAJys/6o7jGp9jZ7QgdhhGjVdx2oBVuyh9MXMnACK4BGAYYCw/s72-c/romza.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/01/mengenal-romza-wisudawan-terbaik-fst-yang-suka-fisika-sejak-ma.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/01/mengenal-romza-wisudawan-terbaik-fst-yang-suka-fisika-sejak-ma.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin