5 Hal yang Ternyata Membuatmu Jadi Sosok Egois

Tribunnews.com
Egois berarti melakukan sesuatu tanpa mempedulikan dampaknya. Baik itu terhadap orang lain maupun diri sendiri. Setiap orang pasti memiliki kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan setiap hari. Kebiasaan ini sering disepelekan, dirasa tidak merugikan orang lain. Padahal itu belum tentu, lho.

Tanpa disadari,kebiasaan merugikan itu bukan karena kita terkena imbasnya. Sembari belajar menjadi manusia yang lebih baik, mari kita renungkan kebiasaan-kebiasaan yang terlihat sepele.

1. Merokok di Tempat Umum

Merokok di tempat umum sebenarnya sah-sah saja, apalagi kalau dilakukan di smoking room atau memang tidak ada tanda “Dilarang Merokok”. Kebiasaan ini terlihat egois ketika kamu merokok di tempat umum, yang mana tidak semua orang nyaman menghirup asap rokok. Semua orang belum tentu berani mengungkapkan ketidaksukaannya.

Di tempat umum itu bisa saja ada anak-anak, ibu hamil, ataupun yang memiliki masalah dengan paru-paru. Jadi, please berhenti merokok di tempat umum dan manfaatkan tempat-tempat yang disediakan.

2. Lupa Bilang “Terima Kasih”

Pada dasarnya, ucapan “terima kasih” itu diberikan kepada orang yang telah memberikan kemudahan dan kebaikan buat dirimu. Oleh karena itu, yuk, mulai dibiasakan mengucapkan “terima kasih” kepada orang lain ynag telah membntumu melakukan sesuatu. Simpel kan?

3. Buang Sampah Sembarangan

Kebiasaan membuang sampah sembarangan ini benar-benar egois loh, guys! Pertama, membuang sampah itu merusak lingkungan, apalagi sampah plastik yang susah terurai secara alami. Lingkungan menjadi kotor dan bau karena sampah tersebut.

Kedua, karena lingkungan menjadi kotor dan bau, tentu saja orang lain menjadi tidak nyaman. Nah, membuang sampah sembarangan ternyata bisa membawa dampak negatif ke orang lain.

Ketiga, membuang sampah sembarang membuat petugas kebersihan menjadi kerepotan. No! Jangan pernah pakai alasan “Lah itu kan memang sudah tugasnya?!” untuk membuang sampah sembarangan! Karena masalah menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga alam sekitar itu bukan tugasnya petugas kebersihan, melainkan tugas kita semua.

4. Bikin Janji Selalu Diingkari

Wah, ini sih kebiasaan kita yang terkadang dilakukan di luar kesadaran. Seringkali kita mengalami yang namanya berjanji dengan teman jam sekian, tapi ternyata baru benar-benar kumpul semua satu atau dua jam kemudian. Walaupun kelihatannya ini sudah menjadi hal yang lumrah terjadi, tetapi ngaret tetap menjadi kebiasaan yang sebenarnya egois.

Hal yang paling egois dari kebiasaan ngaret adalah kamu nggak menghargai usaha temanmu yang berusaha tepat waktu. Padahal mereka sudah meluangkan waktunya yang berharga buat datang menepati janji. Bisa saja, dia punya urusan penting yang ditunda demi menemuimu hari ini. Duh, yuk mulai hargai orang lain.

5. Menunda Membalas Pesan Orang Tua

Untuk kalian yang saat ini sedang merantau. Coba diingat-ingat lagi, seberapa sering kalian mengabaikan SMS, chat, atau telepon orang tua? Emang sih anak kuliah seringkali punya kegiatan segunung yang bikin susah banget buat membalas pesan dari orang tua. Apalagi kalau cuma sekedar menanyakan kabar.

Lalu, setelah waktumu cukup luang pun, kamu memilih untuk membalas chat dari teman-teman atau pacar terlebih dahulu daripada membalas chat dari orangtua. Padahal orangtuamu benar-benar menunggu kabar sekecil apa pun dari anaknya yang sedang jauh di sana.

Gimana, guys? Ada berapa kebiasaanmu yang masuk list di atas? Jangan ngaku tidak egois dulu ya kalau hal-hal di atas masih kamu lakukan. [Firda]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,166,Berita,904,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,11,Kesehatan,8,Mahasiswa,70,Muharram,1,Oase,191,Opini,147,opini mahasiswa,2,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,78,Resensi,11,Resensi Buku,14,Resensi Film,22,Riset,4,Sastra,41,Surat Pembaca,7,Suro,2,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,117,Wisuda,5,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: 5 Hal yang Ternyata Membuatmu Jadi Sosok Egois
5 Hal yang Ternyata Membuatmu Jadi Sosok Egois
Tanpa disadari,kebiasaan merugikan itu bukan karena kita terkena imbasnya. Sembari belajar menjadi manusia yang lebih baik, mari kita renungkan kebiasaan-kebiasaan yang terlihat sepele.
https://3.bp.blogspot.com/-exLlkquTo-0/XX-vyBPhp9I/AAAAAAAAI2c/BkPPUaVldaUG87FF-2X-eKJ6R5swjDHlQCK4BGAYYCw/s640/egoi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-exLlkquTo-0/XX-vyBPhp9I/AAAAAAAAI2c/BkPPUaVldaUG87FF-2X-eKJ6R5swjDHlQCK4BGAYYCw/s72-c/egoi.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/09/5-hal-yang-ternyata-membuatmu-jadi-sosok-egois.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/09/5-hal-yang-ternyata-membuatmu-jadi-sosok-egois.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin