Ulama Ayat Qauliyah dan Kauniyah


Istilah ulama berasal dari bahasa Arab,  yang disematkan pada orang yang menguasai tidak cuma satu bidang keilmuan. Namun, sekarang ini tidak tahu mengapa, arti ulama sendiri mengalami penyempitan makna.

Ulama diartikan hanya tertuju pada para ustaz yang memahami ayat-ayat teks. Ini bedanya dengan ulama dahulu.

Ulama Islam terutama, dahulu menguasai keilmuan yang lebih luas. Cara pandang ulama terhadap realita kehidupan bukan saja berhenti pada kajian teks semata. Ulama mendalami keilmuan dibarengi dengan kontekstualisasi peristiwa yang dialami. Untuk memecahkan persoalan kehidupan, maka menggunakan juga nalar akal untuk ijtihad. Seperti yang dipelopori oleh salahsatu ulama besar muslim, Hanafi.

Imam Hanafi termasuk ulama masyhur Islam. Dalam karya-karyanya yang pemikirannya banyak dijadikan rujukan hukum Islam. Model pemikiran yang moderat ini diteruskan oleh muridnya, yaitu Imam Syafi'i. Di Imam Syafi'ilah perkembangan metodologi ijtihad semakin banyak dijadikan salahsatu pedoman untuk memecahkan masalah di zaman selanjutnya.

Metodologi Ijtihad ini tidak bisa hanya berpedoman teks. Namun keduanya, yakni; ayat-ayat qauliyah dan kauniyah. Artinya, ulama dalam Islam itu bukan hanya ustaz yang cuma bisa ngomong di medsos, ceramah, da sejenisnya. Tapi benar-benar dilakukan dan memprioritaskan keilmuannya untuk kebutuhan pribadinya.

Sangat miris dengan fenomena ustaz yang terjadi sekarang. Pemimpin umat itu, banyak yang mengusai agama, keilmuannya hanya sebatas tekstual. Kalau istilah zaman dahulu, disebut kaum paripatik. Karena ulama yang cuma tekstual ini mengklaim dirinya yang paling benar, dan menutup diri dengan hanya berpedoman pada teks arab saja. Dalil dari ayat kauniyahnya tidak juga diikutsertakan dalam ilmu memahami realita kehidupan beragama. Bisa disebut, tekstur keilmuannya kaku. Ini yang menunjukkan keterbelakangan keilmuan jika dibandingkan ilmuwan muslim dahulu.

Kemampuan para ulama atau ilmuwan Islam pada zaman abad pertengahan, mempunyai daya intelektual yang tinggi. Keseimbangan dalam memahami ayat-ayat qauliyah dan kauniyah benar-benar diterapkan dalam kehidupannya. Bukan hanya secara teoritis, tapi juga diterapkan juga dalam praktik kehidupan bersosial di masyarakat.

Cara mengidentifikasi bagaimana ulama Islam abad pertengahan memiliki kedekatan dengan masyarakat yang kuat. Mereka berbaur dengan masyarakat dari lapisan masyarakat bawah hingga pemimpinnya sekaligus. Di Indonesia, seperti yang dilakukan oleh para walisongo.

Kata Gus Mus, perilaku yang ditampakkan oleh para ustaz atau ulama itu mengayomi masyarakat. Senyumnya menenangkan hati. Setiap perkataan yang diucapkan menyejukkan.

Keberhasilan Islam hingga abad pertengahan, tidak bisa lepas dari kiprah para ulamanya. Bagaimana dengan Ulama sekarang? [Sae]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,152,Berita,835,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,9,Kesehatan,8,Mahasiswa,36,Oase,174,Opini,142,opini mahasiswa,1,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,68,Resensi,10,Resensi Buku,14,Resensi Film,21,Riset,4,Sastra,31,Surat Pembaca,7,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,58,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Ulama Ayat Qauliyah dan Kauniyah
Ulama Ayat Qauliyah dan Kauniyah
Kata Gus Mus, perilaku yang ditampakkan oleh para ustaz atau ulama itu mengayomi masyarakat. Senyumnya menenangkan hati. Setiap perkataan yang diucapkan menyejukkan.Keberhasilan Islam hingga abad pertengahan, tidak bisa lepas dari kiprah para ulamanya. Bagaimana dengan Ulama sekarang?
https://3.bp.blogspot.com/-3pJIQKYcvqY/XUbvPbTp4eI/AAAAAAAAIX4/50n-iLP3N-0bkEh3IUNGg_QyBcyfIZXxgCK4BGAYYCw/s640/ulama%2Bayat%2Bkauniyah%2Bqauliyah.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-3pJIQKYcvqY/XUbvPbTp4eI/AAAAAAAAIX4/50n-iLP3N-0bkEh3IUNGg_QyBcyfIZXxgCK4BGAYYCw/s72-c/ulama%2Bayat%2Bkauniyah%2Bqauliyah.jpeg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/08/ulama-ayat-qauliyah-dan-kauniyah.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/08/ulama-ayat-qauliyah-dan-kauniyah.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin