Presiden Jokowi Putuskan Ibu Kota Indonesia Dipindah ke Luar jawa



Semarang, IDEAPERS.COM -  Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota keluar jawa, Senin (29/04/2019).

Putusan ini berdasarkan hasil rapat terbatas terkait pemindahan ibu kota di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa awalnya dalam rapat tersebut ada tiga alternatif yang ditawarkan oleh Jokowi.

Pertama, Ibu Kota masih di Jakarta, tetapi daerah seputaran Istana dan Monas dibuat khusus untuk kantor-kantor pemerintahan, kementerian, dan lembaga. Sehingga seluruh kawasan pemerintahan berada di satu tempat dan itu menciptakan efisiensi di dalam tugas koordinasi pemerintah.

Kedua, memindahkan Ibu Kota ke luar pulau jawa. Khususnya mengarah kepada kawasan timur Indonesia. Tapi alternatif terakhir lah yang menjadi pilihan Jokowi.

"Dalam rapat tadi diputuskan, Presiden memilih alternatif ketiga, yaitu memindahkan Ibu Kota ke luar Jawa. Ini barangkali salah satu putusan penting yang dilahirkan hari ini," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa keputusan Jokowi itu diambil dengan mempertimbangkan agar Indonesia tidak lagi Jawa sentris yang nantinya diharapkan pertumbuhan ekonomibisa merata di setiap wilayah Indonesia.

Tetapi di sini terdapat kendala yakni pemerintah belum memutuskan daerah mana yang akan dipilih menjadi Ibu Kota pengganti Jakarta. Ia juga menambahkan, untuk memutuskan lokasi Ibu Kota baru masih perlu pembahasan yang panjang.

"Dan tentunya akan dilanjutkan melalui rapat berikutnya yang akan membicarakan perihal yanh lebih teknis, bicara design, dan bicara mengenai masterplan dari kota itu sendiri," jelasnya. (*)

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,135,Berita,795,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,22,Essay,71,Generasi Milenial,20,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,19,Keagamaan,5,Kesehatan,5,Mahasiswa,19,Oase,157,Opini,135,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,65,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,28,Surat Pembaca,7,Teknologi,8,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,28,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Presiden Jokowi Putuskan Ibu Kota Indonesia Dipindah ke Luar jawa
Presiden Jokowi Putuskan Ibu Kota Indonesia Dipindah ke Luar jawa
Putusan ini berdasarkan hasil rapat terbatas terkait pemindahan ibu kota di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa awalnya dalam rapat tersebut ada tiga alternatif yang ditawarkan oleh Jokowi.
https://2.bp.blogspot.com/-hqCJkmJFFAY/XMmowkuApzI/AAAAAAAAHto/N2vIIraPpCgSYI_1DQQms6YiC6fbFD70wCK4BGAYYCw/s1600/Presiden-Jokowi-Putuskan-Ibu-Kota-Indonesia-Dipindah-ke-Luar-Jawa.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-hqCJkmJFFAY/XMmowkuApzI/AAAAAAAAHto/N2vIIraPpCgSYI_1DQQms6YiC6fbFD70wCK4BGAYYCw/s72-c/Presiden-Jokowi-Putuskan-Ibu-Kota-Indonesia-Dipindah-ke-Luar-Jawa.jpeg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/05/presiden-jokowi-putuskan-ibu-kota-indonesia-dipindah-ke-luar-jawa_1.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/05/presiden-jokowi-putuskan-ibu-kota-indonesia-dipindah-ke-luar-jawa_1.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin