Kalimantan Tengah Sudah Siapkan Tiga Lahan Calon Ibu Kota RI




Semarang, IDEAPERS.COM - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sudah menyiapkan tiga lokasi yang bakal menjadi calon Ibu Kota baru Republik Indonesia. Tiga lahan baru tersebut diantaranya, Kota Palangkaraya, Kabupaten Gunung Mas, dan Kabupaten Katingan.

Tim khusus pemerintah Kalimantan Tengah bahkan sudah menentukan dan menetapkan lokasinya. Hal itu didasari karena dianggap strategis serta cocok dijadikan kota pemerintahan Ibu Kota negara, menggantikan Jakarta.

Tim yang bekerja pada 2018 itu meliputi Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah X Palangkaraya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah, Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah, dan lain-lain.

Berdasarkan data yang didapat dari BPHP Wilayah X Palangkaraya, lokasi calon ibu kota di Palangkaraya seluas 119.736 hektare, di Kabupaten Gunung Mas seluas 98.956 hektare, dan di Kabupaten Katingan 81.308 hektare.

Menurut Seinly, pejabat Pengendali Ekosistem Hutan Madya pada BPHP Palangkaraya yang terlibat dalam tim pemetaan, ketiga lahan calon ibu kota itu pada dasarnya terkategori HPK (Hutan Produksi Konversi) alias lahan kosong dan belum dipakai untuk apa pun. Sekarang ketiga lahan itu berupa semak belukar dan memang tak difungsikan untuk apa pun, termasuk tidak untuk perkebunan atau pertanian.

Lahan-lahan itu dipilih berdasarkan dua kriteria utama, yakni datar atau tidak berbukit-bukit dan mudah dijangkau atau aksesibilitasnya baik.

"Jadi, istilahnya (lokasinya) datar, dari segi aksesbilitasnya bagus; terjangkau dengan mudah. Belum difungsikan apa pun, masih kosong," katanya yang dilansir dari VIVA.co.id pada Selasa (30/04/2019).

Ia juga mengatakan bahwa letak Palangkaraya terletak di bagian timur kota itu, dan lebih dekat ke arah Sampit, ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur. Lokasi di Kabupaten Gunung Mas berada di selatan daerah itu. Sementara lahan di Katingan terletak di bagian barat.

Ia menambahkan, semua hasil pemetaan bersama sejumlah instansi itu sudah dilaporkan kepada Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. Lalu Gubernur meneruskannya kepada pemerintah pusat, yakni Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Saya tidak tahu lagi kelanjutan (hasil pemetaan) itu. Itu bukan ranah saya, itu Gubernur yang menyampaikan (kepada Bappenas)," katanya. (*)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,96,Berita,774,cerpen,19,Dosen,3,EkspreShe,21,Essay,66,Generasi Milenial,4,Hari Buruh Internasional,3,Ilmu Pengetahuan,4,Kesehatan,3,Mahasiswa,3,Oase,130,Opini,119,Puasa Ramadan,14,Puisi,62,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,24,Surat Pembaca,7,Teknologi,3,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,15,Zodiak,1,
ltr
item
IDEApers: Kalimantan Tengah Sudah Siapkan Tiga Lahan Calon Ibu Kota RI
Kalimantan Tengah Sudah Siapkan Tiga Lahan Calon Ibu Kota RI
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sudah menyiapkan tiga lokasi yang bakal menjadi calon Ibu Kota baru Republik Indonesia. Tiga lahan baru tersebut diantaranya, Kota Palangkaraya, Kabupaten Gunung Mas, dan Kabupaten Katingan.
https://4.bp.blogspot.com/-IErIHiHP9v4/XMm4UkNiKQI/AAAAAAAAHuk/oxdQQvF8TM4s1wxqo5K_qwQ6G46J-2iIACK4BGAYYCw/s1600/Kalimantan-Tengah-Sudah-Siapkan-Tiga-Lahan-Calon-Ibu-Kota-RI.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-IErIHiHP9v4/XMm4UkNiKQI/AAAAAAAAHuk/oxdQQvF8TM4s1wxqo5K_qwQ6G46J-2iIACK4BGAYYCw/s72-c/Kalimantan-Tengah-Sudah-Siapkan-Tiga-Lahan-Calon-Ibu-Kota-RI.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/05/kalimantan-tengah-sudah-siapkan-tiga-lahan-calon-ibu-kota-ri.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/05/kalimantan-tengah-sudah-siapkan-tiga-lahan-calon-ibu-kota-ri.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin